fbpx
Skip to content
Home » Blog » Bagian Bagian Daging Sapi Wagyu untuk Steak

Bagian Bagian Daging Sapi Wagyu untuk Steak

bagian daging sapi wagyu

Bagian daging sapi wagyu termasuk salah satu bahan dalam penyajian makanan yang mewah. Umumnya, menu dengan bahan daging wagyu banyak dijumpai di restoran-restoran kelas atas karena harganya terbilang tinggi.

Wagyu sendiri adalah jenis daging sapi yang populer di kalangan meat lovers karena kelezatannya. Meskipun harganya cukup mahal, namun kualitas yang tidak terbantah membuat daging ini selalu diminati.

Jadi, sebelum Sahabat Sehat mencicipi bagaimana kemewahan wagyu, tidak ada salahnya mengenal daging sapi asal Jepang tersebut. Berikut adalah sejumlah informasi yang kami rangkum terkait daging sapi wagyu.

DAPATKAN AUSTRALIA WAGYU GRASS FED DI SESA.ID

Mengenal Bagian Daging Sapi Wagyu yang Mahal

Dalam bahasa Jepang, wagyu berarti ‘daging sapi Jepang’. Meski demikian, tidak semua daging sapi yang berasal dari Jepang termasuk wagyu. Ini adalah daging sapi berkualitas tinggi yang diproduksi oleh para peternak Negeri Sakura.

Jenis sapi Jepang yang termasuk wagyu antara lain Japanese Black, Japanese Polled, Japanese Shorthorn, dan Japanese Brown atau campuran dari keempat jenis tersebut. Bagian daging sapi wagyu kerap diolah menjadi steak premium di restoran berbintang.

Ciri khas bahan mewah ini adalah marbling atau guratan lemak yang baik serta bertekstur lembut. Kualitas ini diperoleh dengan perlakuan khusus sehingga menjadikannya bahan premium di dunia kuliner.

  1. Grade Daging Sapi Wagyu

Daging premium ini terbagi menjadi beberapa grade atau kelas yang dinilai oleh lembaga di Jepang bernama Japanese Meat Grading Association. Penilain tersebut menggunakan dua simbol yakni huruf (A,B,C) dan angka (1-5).

Simbol huruf menunjukkan penilaian kadar sedikit banyaknya bagian daging sapi wagyu berkualitas dalam satu potongan. Makna simbol huruf tersebut yaitu:

  • A: grade terbaik, yaitu sapi keturunan murni wagyu
  • B: grade menengah, biasanya keturunan hasil campuran
  • C: grade terendah, berasal dari daging sapi whole stain atau angus

Sedangkan simbol angka mengacu pada penilaian tampilannya yang mencakup warna daging, warna lemak, marbling, kehalusan tekstur, serta level ketegasan. Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi pula kualitasnya.

Australia Wagyu Shabu Shabu

Australia Wagyu Shabu Shabu Beku

  1. Alasan Mengapa Daging Wagyu Mahal

Harga bagian daging sapi wagyu bisa mencapai jutaan rupiah per kilogramnya. Harga mahal bahan premium ini bukan tanpa alasan. Ini karena perlakuan yang diberikan juga berbeda dari sapi pada umumnya.

Sapi penghasil wagyu dirawat khusus dengan berbagai perlakuan istimewa. Mulai dari kualitas nutrisi pakan, menyisir bulu, memberi pijatan, menghindarkan dari stres, menjaga mood sapi tetap bahagia, hingga memperdengarkan musik tertentu.

BACA JUGA: 

  1. Karakteristik Daging Sapi Wagyu

Karakteristik khas wagyu adalah memiliki marbling yang sangat baik, yaitu lapisan lemak berwarna putih seperti guratan-guratan pada daging. Selain itu, teksturnya juga sangat lembut sehingga baik untuk bahan steak.

Menurut Chef Chanda Yudasswara, bagian daging sapi wagyu berkualitas tinggi terlihat dari banyaknya marbling. Idealnya, komposisi antara marbling dan daging merahnya adalah 60% banding 40%.

Menurutnya komposisi tersebut bagus. Ketika disantap, tekstur lembut daging akan membuatnya terasa meleleh di mulut. Efek ini terjadi karena titik lelehnya lebih rendah.

Sahabat Sehat, bahan premium ini diketahui mengandung lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan tersebut bisa memperbaiki metabolisme lemak di dalam tubuh Sahabat Sehat.

Australia Wagyu Teriyaki Beku

Australia Wagyu Teriyaki Beku

  1. Potongan Bagian Daging Sapi Wagyu

Daging sapi dipotong menurut bagian-bagiannya yang kemudian dapat dimasak sesuai karakteristik masing-masing. Sehingga mendapatkan sajian menu terlezat. Adapun bagian-bagian tersebut antara lain:

  • Sirloin : diambil dari bagian pinggul sapi (has luar).
  • Tenderloin : bagiannya dari pinggang yang pendek atau belakang punggung (has dalam).
  • Chunk : dari area leher hingga bahu.
  • Rib : bagian iga.
  • Round : bagian paha belakang kaki.
  • Flank : bagian otot perut sapi.
  • Brisket : bagian bawah dada sekitar ketiak.
  • Shank : bagian betis.

Bagian Daging Sapi Wagyu Terbaik untuk Steak

Bahan premium satu ini kerap disajikan dalam bentuk menu steak mewah sebagai sajian pada acara-acara formal seperti fine dining, gala dinner, atau lainnya.

Ini adalah pilihan tepat saat Sahabat Sehat makan malam romantis bersama pasangan. Ada beberapa potongan bagian yang populer untuk penyajian steak, antara lain:

  1. Tenderloin

Tenderloin merupakan bagian has dalam. Potongan ini diambil dari bagian tengah sapi wagyu. Tenderloin memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut. Kandungan lemak di bagian ini juga sangat bagus untuk steak karena menghasilkan rasa nikmat.

  1. Sirloin

Sirloin adalah bagian daging sapi wagyu yang berasal dari punggung. Potongan has luar ini adalah daging berotot dengan serat kasar sehingga teksturnya yang lebih alot dibanding tenderloin.

Meski begitu, sirloin tidak kalah nikmat untuk dimasak steak. Potongan sirloin juga banyak difavoritkan dan termasuk potongan steak unggulan yang lezat.

  1. Rib Eye

Potongan steak lain yang juga populer adalah rib eye. Rib eye adalah bagian yang diambil dari sekitar tulang rusuk dan area punggung atau juga dikenal dengan iga. Bagian ini memiliki rasa gurih yang memanjakan lidah.

Daging premium ini menghasilkan hidangan dengan cita rasa mewah serta berkelas. Jadi, Sahabat Sehat bisa mencoba menikmati steak yang menggunakan bagian daging sapi wagyu tenderloin, sirloin, atau rib eye untuk cita rasa maksimal.

  • https://travel.kompas.com/read/2020/04/16/153247627/apa-itu-wagyu-sejarah-daging-mahal-khas-jepang-dan-bagaimana-sapi-dipelihara?page=all
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3078912/inilah-fakta-fakta-menarik-daging-wagyu
  • https://www.medcom.id/rona/wisata-kuliner/dN6OrWrb-ciri-daging-wagyu-berkualitas
  • https://bobo.grid.id/read/083367350/9-jenis-potongan-daging-yang-biasanya-digunakan-dalam-pengolahan?page=all
  • https://www.holycowsteak.com/blogs/story/jenis-daging-wagyu