fbpx
Skip to content
Home » Blog » Dapatkan Kulit Sehat Berseri Dengan 7 Langkah Mudah dan Ampuh!

Dapatkan Kulit Sehat Berseri Dengan 7 Langkah Mudah dan Ampuh!

kulit sehat

Kulit bersih dan berseri merupakan kondisi kesehatan yang harus diperhatian, dengan kulit sehat maka resiko beberapa penyakit kulit dapat dihindari. Konsistensi dan ketelatenan dalam merawat tubuh haruslah selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kulit menjadi bagian tubuh terbesar kedua karena fungsinya melindungi organ dalam, sebab itu penting selalu menjaga kebersihannya. Paparan polusi, debu dan kotoran selama beraktivitas mudah menempel pada kulit, pelajari cara mudah merawat kulit agar semakin berseri.

Rajin Membersihkan Diri

Membersihkan diri seperti mandi, keramas dan mencuci muka merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat. Membersihkan tubuh sangat berguna untuk menghilangkan minyak, keringat dan kotoran yang menempel pada kulit.

Membersihkan permukaan tubuh seperti mandi harus dilakukan sehari dua kali, sedangkan keramas idealnya dilakukan dua hari sekali, namun kondisi tersebut bisa disesuaikan dengan aktivitas masing-masing.

Jika bisa gunakan produk ramah lingkungan saat proses membersihkan diri, agar tidak hanya tubuh kita sehat tapi juga lingkungan hidup kita.

Lindungi Terpapar Sinar Matahari Lama

Sinar matahari pada dasarnya sangat baik untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang diperlukan tubuh untuk regenerasi. Tetapi, lapisan ozon bumi yang semakin menipis menyebabkan sengatan sinar matahari terlalu lama meningkatkan resiko kanker kulit akibat sinar UV.

Bila ingin berjemur, alangkah baiknya dilakukan tidak lebih dari 45 menit dan cari waktu terbaik sinar matahari yakni pukul 7 hingga 10 pagi. Demi mendapatkan manfaat maksimal, tonton tips lengkap tentang berjemur di bawah ini.

Gunakan Lotion

Sinar UV berlebihan rupanya mempunyai resiko masalah kesehatan kulit, jika Sahabat sehat diharuskan melakukan segudang aktivitas di luar ruangan dan sering terpapar teriknya sinar matahari, langkah pencegahan bisa dilakukan dengan menggunakan lotion atau sunblock dengan khasiat perlindungan sinar UV SPF.

Pola Makan

Tidak dapat dipungkiri bila asupan makan menjadi penentu kesehatan seseorang, nutrisi yang cukup dari makanan utuh akan meningkatkan metabolisme. Sehingga proses regenerasi sel semakin baik, efeknya kulit ikut ternutrisi dengan baik. Nutrisi bisa didapatkan dari buah, sayur, daging, kacang, biji-bijian dan karbohidrat kompleks.

Hindari makanan siap saji atau telah melewati banyak proses pemasakan, sebab nutrisi yang terkandung bisa saja hilang. Bukan tidak mungkin Anda hanya memakan ampas yang dibalut kenikmatan penyedap.

Pola Hidup

Selain pola makan sehat, tentunya harus diimbangi dengan pola hidup yang baik, seperti rutin berolahraga. Walaupun sibuk, siapkan waktu setidaknya 15 hingga 30 menit untuk sekedar workout, jogging, berenang atau olahraga lain yang Anda gemari.

Telah banyak peneliti mengamini jika olahraga sangat berdampak bagi kesehatan tubuh, tidak hanya organ dalam, melainkan kesehatan kulit karena tubuh saling berkesinambungan.

Tidur Cukup

Pola istirahat atau tidur memberikan efek besar terhadap kesehatan kulit. Tanpa mengulas penelitian pun, efeknya pasti dirasakan bila Anda begadang, kantung mata tampak menghitam, kulit kusam dan muncul tanda penuaan. Bahkan dalam jangka panjang akan menyebabkan masalah kesehatan serius seperti gangguan ginjal.

Terapkan pola tidur yang benar, seperti memperhatikan kualitas tidur deep sleep minimal 7-9 jam, tidur tenang tanpa gangguan suara dan cahaya lampu. Jika sulit tidur, pakailah dehumidifier dengan beberapa aroma yang merelaksasi otot sehingga lebih mudah tertidur.

Perawatan Kulit Sehat Yang Tepat

Last but not least, selain memperhatikan faktor dari dalam, faktor luar seperti penggunaan produk perawatan kulit sangat disarankan untuk menunjang kesehatan kulit. Mengapa? sebab polusi semakin meningkat dan menyebabkan kulit lebih mudah kotor dan kusam.

Anda bisa pilih produk perawatan berbahan alami dan organik yang cocok untuk semua jenis kulit, pastikan tanpa mengandung bahan kimia berbahaya yang berdampak pada lingkungan. Jaga kulit sehat kamu, jaga bumi kita! Awali dengan produk Dr. Bronner’s 

Belanja produk perawatan tubuh yang sehat alami di SESA. Kami mengkurasi brand-brand lokal dan luar negeri yang mendukung konsep clean beauty. Cek promo bulan ini dan kunjungi website SESA.ID

 

Referensi: Sehatq

Gambar dari: DrBronner.id