Home » Blog » 7 Ciri-Ciri Madu Hutan yang Harus Anda Ketahui, Jangan Sampai Ketipu!

7 Ciri-Ciri Madu Hutan yang Harus Anda Ketahui, Jangan Sampai Ketipu!

ciri ciri madu hutan

Banyaknya madu palsu atau oplosan di pasaran membuat Sahabat Sehat harus waspada. Oleh karena itu, mengenali ciri-ciri madu hutan adalah jalan yang bisa Sahabat Sehat pilih. Pastikan Sahabat Sehat menyimak penjelasan berikut sampai selesai.

Manfaat madu hutan yang semakin terkenal menyebabkan banyak oknum membuat madu palsu atau madu oplosan. Biasanya oknum tersebut membuat madu oplosan dengan mencampurnya bersama air. 

Bahkan, ada juga oknum yang menambahkan gula ke dalam madu oplosannya untuk membuatnya lebih manis. Tambahan air dan gula ini tentunya akan mengurangi khasiat dari madu hutan tersebut. Oleh karena itu, lebih baik Sahabat Sehat mengetahui ciri-ciri madu asli dari hutan di bawah ini:

Tidak akan Membeku di Lemari Es

Biasanya madu yang palsu atau oplosan akan membeku jika disimpan dalam lemari es selama satu hari. Selain membeku, madu oplosan juga akan terlihat sekat yang memisahkan madu dan airnya. Tentunya, hal ini tidak akan terjadi pada madu hutan yang asli.

Madu hutan tidak akan menampilkan sekat pemisah antara air dan madunya. Karena madu hutan yang asli tidak menggunakan campuran apapun, terutama air. 

Warna Bening dan Cerah

Madu hutan yang asli memiliki warna yang bening, cenderung cerah serta tidak keruh. Warnanya yang indah ini akan membuat orang tertarik untuk mengkonsumsinya.

Tidak Meresap di Kertas

Madu oplosan yang terbuat dari campuran madu dan air akan meresap pada koran atau kertas lain saat dituang. Kenapa? Karena madu oplosan memiliki kandungan air yang akan meresap ke koran.

Sedangkan, madu hutan asli yang tidak tercampur dengan air tidak akan meresap ke koran saat dituang. Karena, madu hutan memiliki konsistensi berbeda dengan air. Sehingga, madu hutan tidak akan mudah meresap pada koran saat dituang.

Saat Dibakar di Atas Sendok Akan Mendidih

Ciri-ciri madu hutan lainnya adalah mendidih hingga hampir tumpah saat dibakar di atas sendok. Berbeda dengan madu oplosan yang akan mendidih dan menguapkan kandungan air di dalamnya.

Saat Dituang dalam Air, Langsung Jatuh ke Bawah

Madu hutan memiliki konsistensi yang berbeda dengan air. Bisa dibilang madu hutan mirip dengan minyak. Jadi, saat madu hutan dituangkan ke dalam wadah berisi air, madu akan langsung jatuh ke bawah.

Hal tersebut dapat terjadi karena konsistensi madu lebih berat daripada air. Oleh karena itu, madu hutan asli akan berada di bagian bawah wadah saat dicampurkan. 

Madu Hutan Memiliki Bentuk Diagonal

Karakteristik madu hutan yang satu ini cukup unik. Jika Sahabat Sehat melihat madu hutan dengan saksama, maka akan tampak seperti bentuk diagonal. Bentuk diagonal yang terlihat dari madu hutan ini cukup unik bukan?

Dikerubuti Semut

Pernyataan yang menyatakan bahwa madu hutan asli tidak akan dikelilingi semut adalah mitos. Hal tersebut tidak dapat menjadi tolak ukur keaslian dari madu. Karena, adanya semut menandakan bahwa makanan tersebut manis. Walaupun, madu tidak akan dikerubuti semut sebanyak air gula pada umumnya.

 

Setelah mengetahui ciri-ciri madu hutan yang asli, Sahabat Sehat dapat lebih berhati-hati dan bijak dalam membeli madu di Pasaran. Salah satu tempat aman dan dijamin keaslian madu hutannya adalah di sesa.id. Madu dari sesa.id tidak hanya berkualitas dengan kandungan gizi yang lengkap, tapi juga dijamin asli tanpa bahan campuran lainnya.

 

Referensi: Kontan

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *