Home » Blog » 4 Resep Jus Bayam untuk Diet Sehat yang Enak

4 Resep Jus Bayam untuk Diet Sehat yang Enak

jus bayam untuk diet

Mengapa bayam seringkali jadi pilihan untuk diet? Bayam kaya akan vitamin, zat besi, kalsium dan antioksidan. Mengonsumsi bayam membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan zat besi yang biasanya ada pada daging dan susu.  Zat besi dan kalsium juga diperlukan dalam proses pembentukan energi tanpa menimbun lemak dan kolesterol.

Bayam juga kaya kandungan serat dan karbohidrat. Serat pada bayam ikut membantu melancarkan proses metabolisme dan menyehatkan pencernaan. Proses metabolisme yang baik akan membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi dan pembakaran lemak lebih optimal.

Banyak cara mengonsumsi bayam, salah satunya dengan membuat jus bayam untuk diet. Sahabat sehat, mari mencoba 5 resep jus bayam untuk diet berikut ini!

Resep Jus Bayam Nanas Mentimun

Resep jus bayam untuk diet yang pertama adalah menambahkan nanas dan mentimun. Nanas  mengandung enzim untuk membantu proses peleburan lemak. Timun berperan dalam menjaga asupan kalori dalam tubuh. 

Cara membuat resep jus bayam nanas mentimun: 

  • Siapkan bahannya: ¼ buah nanas madu, ½ buat timun, 4 lembar daun bayam, ½ buah apel untuk memberi rasa manis. 
  • Campurkan semua bahan dalam blender tambahkan setengah gelas air matang, kemudian haluskan. Saring sebelum dikonsumsi.

Resep Jus Bayam Jeruk

Segelas jus bayam jeruk yang segar bisa membantu Sahabat sehat mengontrol berat badan. Jus ini diolah dengan campuran bayam, plum, jeruk mandarin, lemon dan apel. Semua buah pilihan yang kaya nutrisi untuk pendamping diet sehat.  

Cara membuat resep jus bayam jeruk: 

  • Siapkan bahannya : 2 buah plum, segenggam bayam, 2 buah jeruk mandarin, 1 sendok makan air perasan lemon, 1 buah apel malang.
  • Masukkan semua bahan dalam blender, tambahkan segelas air matang, kemudian haluskan. Saring jus sebelum dikonsumsi.

Jus Bayam Semangka Pepaya

Jika Sahabat sehat menyukai jus dengan rasa manis dan segar, bisa mencoba Jus diet bayam semangka pepaya. Semangka dan pepaya adalah jenis buah yang kaya air dan vitamin. Jus ini sudah manis dan segar tanpa tambahan gula.

Cara membuat resep jus bayam semangka pepaya:

  • Siapkan bahannya: segenggam bayam, 100 gram semangka potong, 100 gram pepaya potong. 
  • Masukkan semua bahan dalam blender, tambahkan 250 ml air matang, kemudian blender sampai halus. Saring jus sebelum dikonsumsi.

Jus Bayam Nanas Tomat

Bayam, tomat dan nanas, sama-sama kaya akan antioksidan, vitamin dan serat. Jus bayam tomat tidak hanya cocok untuk diet, tapi juga baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Jus bayam nanas tomat menghasilkan warna jus yang cerah sehingga menggugah selera.

Cara membuat resep jus bayam nanas tomat: 

  • Siapkan bahannya : 50 gram nanas, 1 buah tomat merah segar, 7 lembar daun bayam hijau segar, 100 gram pepaya untuk memberikan rasa manis. 
  • Masukkan semua bahan dalam blander, tambahkan 100 ml air matang, kemudian haluskan. Saring jus sebelum dikonsumsi. 

 

Segelas jus bayam untuk diet baiknya dikonsumsi sekitar 30 menit sebelum makan. Kandungan serat dan nutrisi yang tinggi akan membantu Sahabat sehat lebih mudah kenyang. Rutin konsumsi jus sayur dan buah bisa membantu menggurangi porsi makan agar tidak berlebihan. Mengonsumsi jus bayam untuk diet bisa dilakukan 2-3 kali seminggu. 

Sahabat sehat, memilih bayam hijau untuk jus haruslah yang segar. Lebih baik lagi jika Sahabat sehat menggunakan bayam hijau organik. Sayuran yang ditanam secara organik lebih aman dari zat kimia berbahaya. Sahabat sehat bisa mendapatkan bayam hijau organik segar di sini

 

Referensi: Klikdokter

Gambar oleh dmarr515 dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *