Home » Blog » Mengenal 6 Manfaat Sayur Kale, Si Ratu Sayur Banyak Bisanya!

Mengenal 6 Manfaat Sayur Kale, Si Ratu Sayur Banyak Bisanya!

manfaat sayur kale

Belakangan ini santer terdengar manfaat sayur kale sebagai sayuran super sehat yang mampu menunjang kesehatan organ tubuh. Mungkin beberapa dari Sahabat sehat merasa asing dengan sayur satu ini, padahal kale mengandung berbagai vitamin dan mineral tinggi, loh.  Agar tak ketinggalan segudang khasiat sayur kale, yuk! mengenal lebih dekat Si Ratu Sayur yang banyak bisanya ini!

Mengenal Tanaman Kale

Tanaman kale umumnya dianggap tanaman cuaca dingin karena mampu tumbuh pada suhu mencapai minus tujuh derajat celcius. Bernama latin Brassica oleracea Var. Acephala, tanaman kale identik dengan daun warna hijau, berbentuk roset yang artinya tersusun spiral atau melingkar masuk ke arah pucuk cabang. Permukaan daun kale cukup besar untuk tanaman jenis serupa.

Nutrisi Dalam Sayur Kale

Selain morfologi daun yang mudah dikenali, nutrisi dalam sayur kale pun beragam, bahkan hampir lengkap, seperti vitamin A, B1, B2, B3 B6, C, K dan mineral Mangan, Kalsium, Tembaga, Kalium, Magnesium, Besi, Fosfor, terdapat pula nutrisi lain seperti karbohidrat, serat dan protein. Tanaman kale hanya mengandung kadar lemak baik berupa omega 3.

Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan

Berdasarkan sederet nutrisi lengkap yang terkandung, tentu membuat tanaman atau sayur kale memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Simak 7 manfaat terbesar sayur kale, berikut ini:

1. Kesehatan Saluran Pencernaan

Kesehatan saluran cerna haruslah diperhatikan sedimikian rupa, mengapa? sebab, tubuh tidak akan mampu melakukan regenerasi sel dan metabolisme fungsi organ tanpa nutrisi.

Sahabat sehat dapat memanfaatkan sayur kale yang kaya serat, vitamin dan mineral untuk membantu perbaikan peristaltik usus, sehingga mikroflora usus pun terjaga dan kian sehat.

2. Sehatkan Jantung

Sayur kale telah terbukti mampu meningkatkan kadar koleterol baik dalam tubuh (HDL) sebesar 25-30%, sedangkan kolesterol jahat akan mengalami penurunan sebanyak 10% selama pengonsumsian intens. Lebih mengejutkan lagi, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sayur kale yang dikukus berpotensi sama seperti obat penurun kolesterol yakni kolestiramin.

3. Jaga Kesehatan Mata

Gangguan kesehatan mata tak luput oleh siapapun, dewasa hingga anak-anak punya potensi sama bila tidak dijaga dengan benar. Mengonsumsi vitamin A terbukti perkecil resiko gangguan mata. Seperti manfaat sayur kale, lewat kandungan vitamin A sebesar 206% dari kebutuhan harian, dapat melindungi retina mata dari berbagai ancaman penyakit mata.

4. Dukung Kerja Sistem Pembekuan Darah

Vitamin K dalam sayuran kale punya peran bagi proses pembekuan darah, bila faktor pembekuan darah dalam tubuh tidak maksimal akan sebabkan perdarahan berlangsung lama dan umumnya parah. Tentu hal tersebut sangat berbahaya jika dibiarkan.

5. Cegah Diabetes

Kurangi resistensi insulin, sayuran kale dapat mengontrol gula darah stabil, sehingga dapat turunkan resiko penyakit diabetes melitus tipe 2. Bagi pasien dengan riwayat diabetes tidak perlu khawatir akan lonjakan gula darah setelah makan atau postprandinal saat konsumsi sayur kale.

6. Turunkan Berat Badan

Manfaat sayur kale satu ini tentu jadi incaran program diet atau pola hidup sehat, pasalnya kale memiliki jumlah kalori tergolong sedikit, namun tetap dengan kandungan nutrisi cukup bagi kebutuhan harian.

Kini, Sahabat sehat telah paham besar manfaat sayur kale demi menunjang kesehatan tubuh dari dalam. Mulai sekarang, tidak ada kata menunda untuk tubuh yang sehat, investasikan kesehatan dengan memilih sayuran organik dengan kualitas dan kebersihan terjaga di SESA aja!

 

Photo by Eva Elijas from Pexels

Referensi: Dosen Pertanian