Home » Blog » Stres Covid, Rambut Rontok, 5 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Stres Covid, Rambut Rontok, 5 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

cara merawat rambut

cara merawat rambut – Pentingnya kebersihan tidak terlepas dari mencuci tangan saja, namun di masa pandemi seperti ini sahabat sehat juga harus terbiasa dengan tetap merawat rambut agar tetap sehat.

 Berikut ini adalah 5 cara merawat rambut agar tidak rontok teus menerus.

Cara Merawat Rambut di Masa Pandemi 

Keramas Sewajarnya

Sahabat sehat pasti terkadang merasakan gatal-gatal di kepala. Melakukan keramas secara teratur alias tidak berlebihan sangat membantu mengurangi rambut rontok. Penggunaan shampo terlalu sering dapat mengakibatkan rambut cepat rusak dan lama kelamaan terlihat tipis karena rontok.

Ketika mencuci rambut setidaknya biarkan selama kurang lebih 20 detik hingga berbusa. Gunakan kondisioner yang dapat memperkuat akar rambut. 

Tata rambut lebih lembut

Menata rambut harus dengan hati-hati termasuk pada saat hendak menyisirnya. Sahabat sehat, menata rambut tanpa jeda seperti mewarnai, kembali mencatoknya, dan mengeritingnya dapat menyebabkan rambut mudah rusak. Kerusakan akar rambut yang fatal akibat hair dryer yang terlalu panas juga tidak bagus untuk kesehatan rambut. Rambut yang lebih sering di tata seperti itu, akan menimbulkan resiko rambut rontok lebih banyak.

Berpola hidup sehat

Salah satu cara merawat rambut yang paling sering diabaikan yaitu tidak menjaga pola hidup sehat. Padahal pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, meditasi, dan tidur yang cukup dapat mengurangi rambut rontok karena stress. Tidak hanya dengan berpola hidup sehat saja, sahabat sehat bisa melakukan treatment spesialis rambut sehat yang menjual beragam macam produk shampo aromatica ini bisa menjadi solusi perawatan rambut sehat. 

Menggunakan bahan-bahan alami

Sahabat sehat yang sedang mencari tahu bagaimana cara merawat rambut rontok, bisa dengan bahan-bahan alami. Cara ini sangat mudah ditempuh karena semua bahan alami tersebut ada di sekeliling sahabat sehat.

Ada banyak khasiat yang dapat dirasakan setelah menggunakan bahan alami seperti lidah buaya dan minyak kelapa untuk menyehatkan rambut. Lidah buaya sudah dipercaya banyak ahli spesialis rambut untuk merawat rambut yang rontok. 

Minyak kelapa yang mengandung asam lemak nya berfungsi memberikan protein untuk rambut. Selain itu lidah buaya dan minyak kelapa, Anda juga bisa memanfaatkan sumber Vitamin C dari Lemon untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Setelah kerontokan yang cukup parah, maka Anda membutuhkan perawatan rambut pasca kerontokan. Gunakan minyak lemon atau minyak geranium untuk merangsang pertumbuhan kulit. 

Cukupi Asupan Nutrisi

Sahabat sehat, selain cara merawat rambut dari dalam, coba perbaiki juga asupan nutrisi tubuh. Nutrisi ini bisa mengatasi permasalahan rambut dari dalam. Adapun nutrisi penting untuk rambut yaitu, protein dan omega 3.

Makan yang mengandung zat protein dan omega-3 ada pada telur dan ikan. Selain itu, sahabat sehat juga bisa mengonsumsi vitamin yang dapat memperkuat akar rambut dari dalam seperti rutin mengkonsumsi vitamin A, B, C , E dan D. Ada banyak sekali produk trusted dan halal khusus untuk rambut rontok. 

Itulah dia cara merawat rambut rontok yang bisa dicoba di rumah. Mengurangi stres karena rambutnya sudah rontok, bisa diatasi juga dengan berolahraga dan menggunakan produk shampoo yang sudah teruji khasiatnya. Jangan lupa untuk menutupi rambut Anda ketika sedang berada dibawah terik sinar matahari, Semoga rambut Anda tidak kering dan kusam. 

Referensi : NCBI

Credit gambar: Aromatica