fbpx
Skip to content
Home » Blog » Ini 5 Alasan Mengapa Hidup Sehat Organik Penting!

Ini 5 Alasan Mengapa Hidup Sehat Organik Penting!

hidup sehat organik

Hidup sehat organik erat kaitannya dengan gaya hidup sehat yang sedang tren di kalangan masyarakat saat ini. Namun, terkadang di era modern ini, kehidupan berjalan serba cepat dan praktis, sehingga jarang Sahabat Sehat memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut.

Asal terlihat bersih dan memiliki rasa yang cocok di lidah pasti tanpa pikir panjang akan langsung di konsumsi.

Manusia paling banyak terpapar zat berbahaya terutama dari makanan yang dikonsumsi. Terutama pestisida yang merupakan racun, tidak hanya bagi tumbuhan melainkan juga bagi manusia. Pestisida masuk ke dalam tubuh manusia dengan berbagai cara, termasuk lewat udara yang kita hirup.

Namun, bagi kita yang tidak berada di garis depan pertanian, pestisida umumnya masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang kita konsumsi.

Manfaat Hidup Sehat Organik

Selain itu, hidup sehat organik dapat dijadikan pilihan untuk membantu Sahabat Sehat untuk menurunkan berat badan antara lain produk susu rendah lemak, gandum dan makanan ringan yang terbuat dari beras, biji-bijian dan kacang-kacangan serta buah dan sayuran yang bebas dari fungisida dan insektisida, seperti stroberi, bayam, kubis, ceri, apel dan anggur.

Mengapa Perlu Beralih ke Hidup Sehat Organik?

Berikut beberapa alasan mengapa Sahabat Sehat harus beralih kepada gaya hidup sehat organik:

Banyak Makanan yang Tidak Alami

Di zaman modern ini, banyak sekali yang tidak alami, dimulai dari bibit direkayasa genetik (Genetic Modified Organism), tanah yang menggunakan pupuk sintetik, pemakaian pestisida, kemudian  pemrosesan secara sintetik oleh pabrik besar yaitu penambahan pewarna (Artificial Color), pewangi (fragrance), pengawet, pemanis (Aspartame, High Fructose Corn Syrup),dan  penambah rasa (MSG).

Penggunaan Bahan untuk Alat Masak Berbahaya

Belum lagi, alat masak yang mengandung heavy chemical, salah satunya dari Teflon yang mengandung PFOA dan berpotensi menyebabkan kanker. Selain itu, kita juga sebaiknya menyadari hal-hal yang ada disekitar kita, air yang kita konsumsi masih mengandung klorin, perawatan tubuh kita mengandung banyak chemical (SLS, Fragrance, Paraben), dan polusi udara yang terus meningkat.

Penumpukan Racun dalam Tubuh

Kita dengan mudah terekspos banyak sekali bahan yang tidak alami, sehingga tubuh menjadi terkontaminasi, menumpuk toksin dan membuat badan memiliki beban yang lebih besar untuk mengeluarkan racun-racun yang masuk dalam tubuh kita.

Tubuh Mengalami Ketidakseimbangan Hormon

Gaya hidup sehat organik dapat mengurangi tingkat xenoestrogens dalam tubuh dan penurunan dominasi estrogen. Selain itu, gaya hidup sehat organik dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembalikan keseimbangan hormon alami tubuh dengan mengurangi masalah hormon karena paparan bahan kimia.

Meningkatnya Risiko Kanker

Racun berbahaya yang terdapat dalam makanan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti risiko kanker dan peningkatan berat badan. Contohnya pestisida. Paparan pestisida dalam tubuh sudah terbukti menjadi penyebab kanker, asma, gangguan perkembangan saraf pada anak, dan penyakit neurologis pada orang dewasa. Paparan pestisida juga bisa menyebabkan gangguan reproduksi.

Sebagai makhluk alam, sudah seharusnya kita menjaga dan memenuhi kebutuhan tubuh yang berasal dari alam. Di luar sesuatu yang alami biasanya berpotensi bahaya (potential harming). Sehingga sangat penting untuk hidup organik, sebisa mungkin kita hidup secara alami,

Kita bisa mulai dari makan dan minum menggunakan bahan yang lebih alami bukan makanan instan/olahan pabrik, menggunakan alat masak yang non harming (iron cast, bamboo, ceramic, glass container), mandi dengan sabun alami, dan menggunakan filter air ataupun filter udara.

Dengan begitu, badan kita akan fokus untuk mulai memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat paparan bahan kimia, membuat energi (ATP), keseluruhan sistem tubuh berkolaborasi sehingga hasilnya badan kamu lebih awet muda, tidak mudah sakit, dan pikiran akan terus jernih. Jangan lupa penuhi kebutuhan #SehatSekarang -mu hanya di sesa.id!

Photo by Ella Olsson from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.