fbpx
Skip to content
Home » Blog » 16 Manfaat Ikan Tenggiri untuk Kesehatan

16 Manfaat Ikan Tenggiri untuk Kesehatan

manfaat ikan tenggiri

Sahabat Sehat tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar penggunaan ikan tenggiri yang sering digunakan dalam berbagai olahan makanan, bukan? Selain rasanya yang enak dan penting dalam memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, manfaat ikan tenggiri juga sangat penting bagi kesehatan. Adapun berbagai manfaat ikan ini dapat dirangkum dalam beberapa informasi di bawah ini. 

Manfaat ikan tenggiri untuk kesehatan

Selain rasanya yang lezat untuk dikonsumsi Sahabat Sehat, ikan tenggiri juga bermanfaat bagi kesehatan antara lain sebagai berikut ini :  

  • Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh
  • Dengan kandungan vitamin A yang terkandung di dalamnya, membuat ikan ini berperan penting dalam memberikan kesehatan pada mata.
  • Sahabat Sehat yang ingin mengurangi masalah ketombe, dapat mencampurkan bahan alami seperti tanaman lidah buaya dengan ikan tenggiri.

Belanja ikan tenggiri beku segar sehat di SESA Indonesia.

Manfaat ikan tenggiri untuk bayi / balita

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan protein di dalamnya, mengonsumsi ikan tenggiri juga bermanfaat bagi bayi / anak. Nah, manfaat ikan tenggiri untuk bayi / balita ini antara lain sebagai berikut :

  • Mampu meningkatkan sistem kecerdasan otak pada bayi / balita.
  • Dapat mengobati penyakit asma secara alami tanpa menggunakan obat – obatan tertentu.
  • Mampu menjaga sistem pencernaan karena kandungan nutrisi yang baik untuk mencukupi asupan yodium dan kebutuhan tiroid dalam tubuh.

Manfaat ikan tenggiri untuk ibu menyusui

Tahukan Sahabat Sehat, bahwa mengonsumsi jenis ikan bagi ibu menyusui juga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh? Meski demikian, ada baiknya ibu menyusui perlu untuk selektif dan memperhatikan pemilihan ikan yang akan dikonsumsi. Nah, salah satu rekomendasi ikan yang wajib dikonsumsi untuk ibu menyusui yakni ikan tenggiri dengan berbagai manfaat seperti berikut ini :

  • Dapat berperan penting dalam meningkatkan sistem perkembangan otak si buah hati yang baru lahir.
  • Kandungan lemak jenuh yang rendah dan kaya akan Omega-3, juga membantu menyehatkan jantung untuk ibu maupun si buah hati.
  • Terbukti dapat membantu untuk mengurangi depresi sang ibu pasca melahirkan si buah hati. 
  • Memenuhi asupan kebutuhan vitamin D dalam tubuh yang baik untuk membantu si buah hati menyerap kalsium dalam ASI. 

Manfaat ikan tenggiri untuk ibu hamil 

Rata – rata banyak orang yang belum mengetahui mengenai berbagai manfaat pentingnya mengonsumsi ikan tenggiri bagi ibu hamil. Padahal, mengonsumsi jenis ikan ini dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Nah, berbagai manfaat dari mengonsumsi ikan ini antara lain sebagai berikut :

  • Bagi ibu hamil yang mengalami linu di kaki, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi ikan tenggiri sebagai pereda rasa sakit. 
  • Mampu menyembuhkan masalah sistem saluran kencing dalam tubuh.
  • Sangat efektif dalam menyembuhkan penyakit kulit. Di antaranya seperti eksim, luka gatal dan bernanah, kudis koreng dan lain – lain.
  • Dengan kandungan protein yang baik, ikan tenggiri dapat meningkatkan funsi otak janin bayi dalam kandungan. 
  • Dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah dan efektif menyehatkan jantung.
  • Kandungan mineral AA dan DHA di dalam ikan tenggiri juga bermanfaat untuk masa kehamilan si ibu hamil. Hal ini lantaran kandungan mineral tersebut dapat memperkuat otak janin dan memperkuat perkembangan janin saat baru lahir. 

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi ikan tenggiri bagi kesehatan, bayi / balita, ibu menyusui dan ibu hamil. 

Referensi : IDNTimes, Ibu dan Balita, Pempek Honey

________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.