Home » Blog » 4 Tips Membeli Sabun Mandi Bayi untuk Kulit Sensitif dan Cegah Iritasi

4 Tips Membeli Sabun Mandi Bayi untuk Kulit Sensitif dan Cegah Iritasi

sabun mandi bayi untuk kulit sensitif

Kulit bayi jauh lebih rentan terkena iritasi karena masih sensitif dan lapisan kulitnya masih tipis. Maka dari itu, penting memilih sabun yang tepat dan aman untuk bayi. Sahabat sehat, bacalah keterangan di kemasan sebelum membeli sabun mandi bayi untuk kulit sensitif. Hati-hati, ada zat-zat kimia yang tidak cocok untuk kulit bayi yang sensitif. Mari simak tips ini supaya tahu sabun seperti apa yang baik untuk kulit bayi!

Pastikan Formula Sabun Aman untuk Bayi

Sebelum sabun mandi bayi untuk kulit sensitif perhatikan formula yang ada di dalam sabun. Sahabat sehat harus memastikan tidak ada formula yang bisa menyebabkan bayi iritasi atau alergi. Beberapa zat kimia kurang baik untuk kulit bayi yang sensitif. Contohnya phthalates, parabens, sodium benzoate, petrochemicals dan phenoxyethanol.

Hindari zat kimia seperti DPG (dipropylene glycol) sebab bisa berbahaya jika masuk ke hidung atau mulut bayi. Hindari produk sabun yang mengandung sodium lauryl sulfate dan sodium laureth sulphate karena berisiko menyebabkan peradangan dan alergi pada kulit bayi yang masing sangat sensitif. Jadi, sebaiknya memilih sabun yang organik atau terbuat dari formula alami untuk bayi. 

Jenis Sabun yang Mudah Dibilas

Berbeda dengan orang dewasa, khususnya bayi baru lahir tidak bisa berlama-lama mandi. Maka, sabun mandi bayi untuk kulit sensitif harus mudah dibilas tanpa meninggalkan residu di kulit bayi. Sabun yang bisa menghasilkan banyak busa lembut dapat mengangkat kotoran dan minyak di kulit bayi dengan maksimal. 

Ketika memandikan bayi, pastikan semua busa dan sisa sabun terbilas sampai bersih. Bayi hingga usia 3 bulan lebih mudah mengalami sekresi sebum. Jika sebum tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan iritasi kulit seperti eksem. 

Sesuaikan dengan Kondisi Kulit Bayi 

Sahabat sehat, sebelum membeli sabun mandi bayi untuk kulit sensitif ketahuilah kebutuhan kulit bayi. Sama seperti orang dewasa, kulit bayi pun berbeda-beda jenisnya. Ada bayi yang punya kulit kering dan cenderung berminyak. Untuk itu, penting memilih sabun mandi bayi untuk kulit sensitif berdasarkan kebutuhannya.  

Pilih sabun yang berbusa lembut untuk bayi baru lahir agar lebih mudah memandikan bayi dengan waslap. Bayi usia 6 bulan ke atas biasanya sudah bisa duduk bisa menggunakan sabun cair. Sabun cair menjaga kelembaban alami kulit bayi. Sedangkan sabun batang cocok untuk bayi dengan kulit kering sensitif karena mengandung minyak mencegah residu menempel di kulit bayi. 

Pilih yang Mengandung Minyak Esensial 

sabun mandi bayi untuk kulit sensitif  memang sebaiknya yang tidak mengandung parfum. Namun, jika Sahabat sehat ingin memilih sabun yang wangi maka bisa memilih sabun yang mengandung minyak esensial alami. Minyak esensial tidak hanya memberikan aroma segar dan alami tapi juga ramah untuk kulit bayi yang sensitif.

 

Sahabat sehat memilih sabun mandi bayi untuk kulit sensitif memang perlu cermat. Salah satu rekomendasi sabun organik yang aman untuk kulit bayi adalah Baby Unscented Pure Castile Soap Dr. Bronner’s. Sabun Dr Bronner’s terbuat dari formula organik dan minyak esensial alami sehingga aman dari risiko iritasi pada kulit bayi. Dr Bronner’s menciptakan sabun berkualitas dari bahan vegan dan tanpa zat kimia, pengental, pengawet atau bahan sintetis berbahaya. Dapatkan pilihan sabun kualitas terbaik di sini!  

 

Photo by Henley Design Studio from Pexels

Referensi: Scary Mommy