Home » Blog » 4 Perbedaan Salted Butter dan Unsalted Butter

4 Perbedaan Salted Butter dan Unsalted Butter

perbedaan salted butter dan unsalted butter

Apakah Sahabat Sehat pernah dibuat bingung saat akan membeli mentega seperti dalam hal memilih salted atau unsalted butter? Untuk menjawab kebingungan tersebut, maka Sahabat Sehat perlu tahu dulu perbedaan salted butter dan unsalted butter secara lebih lengkap.

Perbedaan Mentega Asin dan Mentega Tawar

Berikut ini ulasan perbedaan unsalted butter dan salted butter berdasarkan beberapa aspek. Kami harap penjelasan ini dapat membantu menjawab kebingungan Sahabat Sehat ketika dihadapkan dengan pilihan harus membeli mentega tawar atau mentega asin.

Perbedaan dari Segi Rasa

Dari sisi rasa, salted butter punya rasa asin oleh adanya garam di dalamnya. Garam dalam mentega asin perannya tidak sesimpel sebagai agen pemberi rasa saja. Garam dalam salted butter juga berperan sebagai pengawet alami sehingga mentega asin jadi lebih tahan lama.

Garam merupakan bahan pengawet alami mutakhir yang sering digunakan sejak zaman sebelum Masehi sebelum teknologi pendingin seperti kulkas ditemukan. Meski teknologi dan inovasi pangan sudah maju, pengawetan garam masih tetap populer hingga saat ini.

Jika salted butter berasa asin, maka unsalted butter memiliki rasa yang sebaliknya, yakni tawar. Meski demikian, banyak koki mengaku bahwa unsalted butter memberikan sentuhan rasa yang lebih segar, manis, dan lembut.

Jadi, ketika akan mengolah makanan asin atau savory food, Sahabat Sehat dapat menggunakan salted butter untuk cita rasa asin yang nikmat dan kurangi penambahan garam lagi agar rasanya tidak keasinan.
Perbedaan dari Sisi Informasi Nutrisi

Dikenal sebagai butter yang sama, kandungan gizi dalam salted maupun unsalted butter seperti kalori dan lemak juga dinilai sama. Perbedaan salted butter dan unsalted butter yang paling jelas selain dari segi rasa adalah terletak dari segi kadar sodiumnya.

Berdasarkan informasi dari USDA dalam ulasan masakapahariini.com, satu sendok saji salted butter mengandung sekitar 90 mg sodium dari kandungan garamnya. Pada jumlah sajian yang sama, tentu saja unsalted butter tidak memiliki kandungan sodium di dalamnya.

Untuk itu, bagi Sahabat Sehat yang membatasi asupan atau memiliki riwayat penyakit dengan anjuran mengurangi konsumsi sodium sebaiknya hindari pemakaian mentega asin dalam makanan dan ganti dengan unsalted butter.
Perbedaan dari Segi Penggunaan

Salted butter biasa digunakan untuk bahan untuk menumis, membuat kue asin, topping pancake dan waffle, serta sebagai olesan roti bakar dan martabak. Sedangkan unsalted butter idealnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan roti, kue, atau resep pastri lainnya.

Penggunaan kedua jenis mentega tersebut tentu saja tidak harus demikian, Sahabat Sehat juga bisa mengganti salted butter dengan unsalted butter sebagai bahan alternatif atau sebaliknya.

Penggunaan unsalted butter sebagai pengganti mentega asin dapat disiasati dengan menambahkan garam pada makanan yang dibuat. Alternatif ini sudah sering digunakan contohnya dalam pembuatan sup, panggangan, saus, olesan, hingga tumisan.

Tak hanya sering dijadikan sebagai alternatif mentega asin, penggunaan unsalted butter dinilai lebih aman dari segi kontrol rasa. Hal tersebut juga didukung oleh fakta bahwa setiap produk salted butter memiliki kadar asin yang berbeda setiap mereknya.

Perbedaan dari Segi Warna

Jika sering menggunakan kedua butter ini, Sahabat Sehat tentu saja sudah tidak asing lagi dengan perbedaan salted butter dan unsalted butter dari segi warnanya.

Untuk varian mentega tawar mempunyai warna putih sehingga lebih mendukung ketika diberi pewarna tambahan. Sementara itu, mentega asin mempunyai warna yang hampir sama, hanya saja salted butter warnanya agak lebih kuning dibanding dengan unsalted butter.

Setelah melihat perbedaan salted butter dan unsalted butter, Sahabat Sehat lebih suka yang mana?

Untuk mendapatkan mentega enak terbaik, Sahabat Sehat dapat mencoba Butter Anchor Salted 227 g karena rasa menteganya sangat kaya, terbuat dari susu sapi terbaik, dan tidak cepat kadaluarsa.  Info selengkapnya dapat Sahabat Sehat akses di sesa.id.

Referensi:Warungwisata, Masak Apa Hari Ini?

Photo by Monserrat Soldú from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.