Home » Blog » Bahan Wajan Berbahaya? Ini 4 Ciri Wajan Anti Lengket Aman

Bahan Wajan Berbahaya? Ini 4 Ciri Wajan Anti Lengket Aman

wajan anti lengket aman

Memasak menjadi aktivitas menyenangkan bagi wanita, menghadirkan cinta dalam setiap suapan, berharap keluarga sehat dan ternutrisi baik bila mengolah makanan sendiri. Dalam memasak perlu adanya peralatan untuk menghasilkan masakan yang diinginkan. Peralatan dapur paling sering digunakan adalah wajan penggorengan.

Wajan menjadi alat untuk menggoreng dan menumis, durasi penggunaan yang lebih lama dibandingkan peralatan dapur lainnya, menjadikan sahabat sehat harus pintar memilih wajan penggorengan.

Masalah saat memasak seperti masakan yang mudah lengket jadi persoalan menjengkelkan, hasil masakan menjadi tidak sempurna. Tidak hanya itu, santer terdengar bila beberapa material wajan yang terkikis menyebabkan munculnya masalah kesehatan.

Ciri Wajan Anti Lengket Aman

Kini, semakin banyak ibu-ibu sadar kesehatan dan cara menjaganya, termasuk memilih peralatan dapur yang aman untuk keluarga. Wajan anti lengket aman jadi solusi, disamping besarnya manfaat, penggunaan minyak-pun berkurang. Lantas seperti apa ciri-ciri wajan anti lengket yang tepat?

1. Detail Material Wajan

Wajan yang baik memiliki material khusus dan aman dari bahan pemicu karsinogen seperti PFOA (perfluorooctonoic acid) dan PTFE (polytetrafluororethylene). Saat ini telah ditemukan material-material baru yang memiliki retensi panas yang baik.

Wajan penggorengan yang aman banyak menggunakan material keramik karena anti lengket dan bebas dari PTFE dan PFOA. Material cast iron terbuat dari kombinasi karbon kurang dari 2% dan besi, sehingga kelebihannya anti karat, anti lengket meskipun hanya menggunakan sedikit minyak.

Wajan berbahan kaca atau pyrex, jenis satu ini memang sedikit membuat ketar-ketir karena bahan yang berat dengan resiko retak lebih besar bila disimpan sembarangan. Namun, banyak kelebihan didalamnya, yakni bahan kaca tidak akan menghasilkan zat toxic yang berbahaya bagi tubuh, kaca yang tebal tidak membuat masakan lengket dan mudah dibersihkan.

2. Spesifikasi Wajan

Wajan anti lengket yang aman memiliki kelebihan cepat menghantarkan panas, selain itu suhu panas juga terjaga hingga masakan menjadi matang sempurna tanpa perlu banyak minyak.

3. Review Pemakaian

Sahabat sehat bisa memanfaatkan review pengguna untuk memutuskan kesimpulan pada produk wajan anti lengket tersebut. Wajan anti lengket yang baik memiliki umur pakai yang lama, bahan yang tahan panas, menghantarkan panas dengan baik tanpa membuat masakan menjadi lengket dan gosong.

4. Sertifikasi Merk

Setelah memahami detail spesifikasi dan material, selanjutnya perlu mencari tahu kredibilitas merek wajan yang sedang sahabat sehat incar, bisa saja review dipasaran tidak sebanding dengan kualitas dan harga yang ditawarkan. Wajan anti lengket aman membutuhkan material dan bahan khusus, harga yang diberikan sesuai dengan kualitas yang diberikan. Pastikan bijak memilih dan teliti detail produk sebelum membeli.

Menemukan wajan penggorengan yang tepat memang perlu waktu untuk menggali informasi lebih, terutama wajan anti lengket aman. Wajan anti lengket merk Greenpan menawarkan keamanan dengan kualitas tinggi. Berbekal material keramik thermolon, tentunya sangat direkomendasikan untuk mencegah pengikisan zat kimia.

Desain gagang bakelite yang tahan panas dan ergonomis bisa jadi spesifikasi baik untuk pengalaman memasak yang lebih nyaman. Pertimbangkan kesehatan keluarga lewat hal kecil seperti alat memasak yang ternyata membawa dampak besar di kemudian hari. Sahabat sehat juga bisa mendapatkan berbagai macam penawaran terbaik dengan kualitas bersaing di sini.

Gambar dari Greenpan

Referensi : Nagademo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *