Home » Blog

tips cara aman berolah raga di masa pandemi

Dalam masa pandemi ini, segala aktivitas jadi terbatas, salah satunya berolahraga. Bagaimana tidak, olahraga biasanya dilakukan di tempat terbuka, sembari menghirup udara segar, namun kini kita diimbau untuk tidak keluar rumah. 

Namun, jangan khawatir Sahabat Sehat, kita masih bisa berolahraga dengan aman walaupun pandemi belum berakhir. Berikut tips cara aman berolahraga di masa pandemi yang wajib diketahui.

Tidak Memakai Masker

Tips cara aman berolahraga saat pandemi yang pertama adalah tidak menggunakan masker. Walaupun masker dipercayai sebagai penangkal paling jitu untuk virus corona, namun untuk hal berolahraga, Sahabat Sehat tidak dianjurkan untuk memakai masker. 

Menurut rilis resmi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, memakai masker saat berolahraga justru akan membahayakan. Tertutupnya mulut dan hidung sebagai jalan masuk dan keluar oksigen, akan menyebabkan tubuh sangat sulit mendapat cukup oksigen. Terlebih lagi, saat berolahraga kita membutuhkan oksigen lebih banyak dari biasanya. 

Memakai masker saat berolahraga juga akan menjadi petaka bagi orang yang mengalami gangguan pernapasan, seperti asma dan bronkhitis. Kurangnya asupan oksigen akan menyebabkan kadar oksigen dalam darah menurun.

Berolahraga Sendirian

Karena tidak dianjurkan untuk memakai masker selama berolahraga, walaupun di masa pandemi, maka berolahragalah secara individu. Sahabat Sehat bisa tetap melakukan aktivitas olahraga outdoor, seperti lari atau pun bersepeda, asal dilakukan sendirian saja. Tentunya hal ini untuk menghindari menyebarnya virus COVID-19. 

Jika Sahabat Sehat merasa kesepian karena berolahraga sendirian, mendengarkan musik bisa menjadi pilihan untuk menemani di waktu olahraga. Musik juga dipercaya mampu meningkatkan hormon kebahagiaan juga bisa membuat lebih rileks saat berolahraga

Memilih Tempat Sepi

Tips cara aman berolahrga saat pandemi selanjutnya, tentu saja memilih tempat sepi. Salah satu yang harus dihindari untuk menangkal penyebaran virus COVID-19 adalah menghindari kerumunan, begitu pun ketika berolahraga. 

Pilihlah taman-taman kosong yang penuh dengan pohon rindang, supaya dapat membantu mendapatkan oksigen secara maksimal. Jika memang tidak ad ataman dekat rumah, Sahabat Sehat bisa memilih lapangan kosong untuk dijadikan tempat berolahraga.

Jika kebetulan bertemu kerumunan Ketika sedang berlari misalnya, langsung pakai masker ya, supaya tetap aman!

Berolahraga di Rumah

Salah satu tips cara paling aman berolahraga di masa pandemi tentunya dengan memilih indoor exercise. Banyak sekali aktivitas jasmani yang bisa dipilih walaupun tanpa keluar rumah. Salah satunya Zumba. Selain dapat membakar banyak kalori, zumba juga merupakan olahraga yang fun, karena bisa dilakukan sambil mendengarkan lagu-lagu ceria kesukaanmu.

Yoga juga bisa menjadi alternatif berolahraga sehat di rumah. Selain akan membuat tubuh lebih sehat, yoga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental kita, lho! Jadi, kegiatan ini sangat cocok dilakukan untuk mengusir jenuh sekaligus stres akibat gak bisa ke mana-mana untuk sementara waktu.

Olahraga lainnya yang bisa dilakukan adalah Hula Hoop atau Skipping. Untuk yang satu ini, tentunya Sahabat Sehat perlu punya alat pendukung yaitu ring hula-hoop dan juga tali untuk skipping. Pastikan juga ada space yang cukup luas untuk melakukan kedua olahraga ini.

 

Nah, itu dia tips cara aman berolahraga di masa pandemi. Ingat, olahraga menjadi salah satu kegiatan penting di masa pandemi ini, karena olahraga mampu menjadikan tubuh kita semakin sehat.

Untuk menunjang kegatan berolahraga, Sahabat Sehat bisa mendapatkan alat-alat tracking kesehatan di SESA.ID. Dijamin, selain kualitasnya terjaga, alat-alat kesehatan ini juga akan menunjang kegiatan berolahraga selama pandemi.

 

Referensi: Kompas

Gambar dari Martine Savard