Home » Blog » Manfaat Makan Beras Mentah dan Efek Sampingnya

Manfaat Makan Beras Mentah dan Efek Sampingnya

manfaat makan beras mentah

Ternyata ada manfaat makan beras mentah meskipun kedengarannya ini cukup absurd. Banyak orang juga tidak tahu bahwa ini dapat dilakukan dan ternyata bisa memberikan dampak cukup signifikan.

Jadi kita akan membahas bersama apakah ini memang benar adanya dan bukan sekedar mitos dari nenek moyang saja. Karena sering sekali statement seperti ini selalu diawali oleh gimmick turun temurun dari nenek moyang.

Namun kami disini tidak akan membahas seperti itu dan menggunakan pengetahuan modern untuk membedahnya. Jadi memang ada sebenarnya manfaat ketika kita konsumsi secara mentah.

Sayangnya risiko dari tindakan seperti ini sekarang lebih absurd lagi sehingga dianggap kurang praktikal. Itulah alasan mengapa tidak pernah ada dokter atau ahli sains merekomendasikan tindakan ini.

DAPATKAN BERAS ORGANIK DI SESA.ID

Ini Dia Manfaat Makan Beras Mentah

Ketika dimakan secara mentah ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari bahan ini. Berikut akan kami jelaskan sehingga Sahabat Sehat dapat menjadikannya sebagai acuan apakah memang bisa ini dikonsumsi.

1. Menyehatkan kulit

Salah satu manfaat yang paling terasa ketika kita mengkonsumsi mentah adalah aspek kesehatan kulit. Ada banyak kandungan bermanfaat yang bisa dirasakan apabila kita langsung memakannya.

BACA JUGA: Beras Organik untuk MPASI, Pilihan Terbaik untuk Ibu Menyusui dan Si Buah Hati

Kandungan vitamin B dan E yang kaya dalam beras ini akan bagus untuk regenerasi sel kulit mati. Sehingga kita dapat menjadikannya sebagai salah satu acuan dalam menjaga kesehatan.

Berah Merah Organik

Berah Merah Organik

2. Melancarkan pencernaan

Apabila Sahabat Sehat mengalami sembelit ternyata mengkonsumsi beras secara mentah dapat menjadi solusi. Beberapa kandungan mineral yang terkandung di dalam manfaat makan beras mentah menjadi salah satu faktor utama.

Jadi Sahabat Sehat tidak perlu lagi khawatir apabila ini menjadi salah satu masalah yang mengganggu pagi hari. Gunakan saja satu atau dua sendok beras mentah yang ditumbuk.

3. Menjaga metabolisme

Salah satu manfaat terbesar ketika kita mengkonsumsi bahan satu ini adalah meningkatkan metabolisme pada tubuh. Ini dapat diperoleh dengan memanfaatkan vitamin b12 yang terkandung di dalamnya.

Jadi memang bisa digunakan sebagai salah satu langkah paling mudah untuk mendapatkan potensi terbaik. Sahabat Sehat juga boleh secara rutin menerapkan cara ini untuk memperolehnya.

Beras Ketan Putih Organik

Beras Ketan Putih Organik

Masih banyak lagi sebenarnya selain tiga manfaat tersebut yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi beras secara mentah. Apa sebenarnya alasan harus mentah pada segmen sebelumnya akan kami bedah.

Mengapa Harus Dalam Kondisi Mentah

Pasti Sahabat Sehat penasaran mengapa harus dalam kondisi mentah padahal ini cukup kontraproduktif terhadap anjuran para ahli kesehatan. Ternyata alasannya ada pada mudahnya larut kandungan berharga tadi.

Seperti sebelumnya kami sebutkan bahwa vitamin e, b2, dan b12 sangat mudah larut ketika terkena air. Jadi pada saat Sahabat Sehat mencuci akan terlihat debu berwarna putih pada air itu adalah vitamin yang larut tadi.

Karena pada dasarnya letak dari ketiga vitamin tadi bukan tepat pada berasnya namun membran tipis yang menyelimutinya. Jadi ketika kita mencuci dan memasaknya sampai matang membran tersebut akan hancur.

BACA JUGA: Beras Organik: Kelebihan, Manfaat, Prinsip dan Bedanya Dengan Non Organik

Ketika kondisinya sudah hancur artinya ketiga vitamin tadi akan hilang dan kandungan paling dominan dari beras tinggal glukosa dan karbohidrat saja. Ini adalah alasan terbesar mengapa manfaat makan beras mentah.

Apabila ingin menjaga agar kandungan tadi tidak hilang terlalu banyak sebenarnya cukup mudah. Sahabat Sehat jangan membilas beras tersebut terlalu sering sehingga membuatnya larut dalam air.

Cukup membilas dua sampai tiga kali saja pada saat hendak memasaknya agar proses larutnya bahan tadi tidak terlalu masif. Apabila ini diterapkan maka kandungan tadi masih ada dan tidak sepenuhnya larut.

Beras Hitam Organik

Beras Hitam Organik

Dengan menggunakan cara mudah seperti ini kita bisa menjaga agar tetap bermanfaat seperti sebelumnya. Memang tetap saja akan paling optimal ketika kita konsumsi secara langsung dalam kondisi mentah.

Namun tidak semua orang mau dan bisa melakukannya karena memang perlu aspek khusus sebelum melakukannya. Berikut ini adalah risiko mengapa hal seperti ini sekarang sangat tidak dianjurkan.

Risiko Makan Beras Dalam Kondisi Mentah

Risiko paling fatal ketika mengkonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu adalah keracunan pestisida yang digunakan pada saat penanaman. Perlu Sahabat Sehat ketahui bahwa di Indonesia penggunaan pestisida dalam padi sangat tinggi.

Tentu saja akan terdapat kontaminasi pada beras pada saat kita menanamnya nanti. Apabila tidak dicuci sampai bersih dan dimasak secara optimal tentu kandungan berbahaya tersebut akan masuk dalam tubuh konsumen.

Bahaya dari keracunan seperti ini jauh mengungguli semua manfaat ketika konsumsinya secara mentah. Ini adalah alasan mengapa tidak ada sama sekali dokter atau ahli kesehatan menyarankan manfaat makan beras mentah langsung.

Karena mereka menyadari bahwa di Indonesia penggunaan pupuk kimia dan pestisida sangat tinggi. Sehingga tanpa adanya treatment tertentu hampir mustahil mengkonsumsi mentah dan hidup sehat.

Namun ada pengecualian salah satunya adalah ketika padi ditanam menggunakan sistem organik. Apabila padi tersebut ditanam secara organik maka penggunaan pestisida dan pupuk kimia industri tidak ada.

Artinya dengan satu dua kali cuci saja ini sudah aman untuk dikonsumsi untuk masyarakat. Sehingga ketakutan terhadap adanya potensi keracunan bahan kimia berbahaya pada padi tidak akan terjadi.

Namun sayangnya harga beras yang dihasilkan dari sawah organik memiliki perbedaan cukup tinggi. Jadi Sahabat Sehat memang perlu mempersiapkan budget khusus apabila ingin memakan beras mentah secara langsung.

Ada banyak asupan lain yang bisa digunakan untuk substitusi dan harganya juga relatif terjangkau. Jadi tindakan seperti ini sebenarnya kontraproduktif dan kita bisa dapatkan dari berbagai sumber lainnya.

Risiko memakan makanan sehat dapat dihindari apabila kita membeli dari tempat terpercaya seperti sesa.id. Sahabat Sehat juga bisa mengunduh aplikasi melalui Playstore dan Appstore sekarang juga.

Setelah memahami semua aspek tadi tentu sekarang Sahabat Sehat bisa melihat sendiri bagaimana untung ruginya. Apakah manfaat makan beras mentah ini bisa cukup menguntungkan dalam jangka panjang atau tidak.

  1. https://manfaat.co.id/manfaat-makan-beras-mentah
  2. https://halosehat.com/gaya-hidup/kebiasaan-buruk/bahaya-makan-beras-mentah

 

Sumber gambar:

Sesa.id