Home » Blog » 5 Manfaat Biotin Untuk Kekebalan Sistem Imun Tubuh

5 Manfaat Biotin Untuk Kekebalan Sistem Imun Tubuh

Manfaat Biotin

Apakah Sahabat Sehat mengalami ruam di sekitar wajah atau kerontokan rambut yang parah? Jika iya, masalah kesehatan tersebut bisa menjadi tanda bahwa Sahabat Sehat sedang kekurangan asupan biotin. Biotin adalah vitamin larut air yang juga dikenal sebagai vitamin B7 atau vitamin H. Salah satu manfaat biotin yang sangat penting bagi tubuh adalah untuk membantu meningkatkan sistem imun.

Manfaat Biotin Untuk Meningkatkan Sistem Imun

Biotin dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna zat gizi makro protein, lemak dan karbohidrat. Saat masuk ke dalam tubuh vitamin ini akan menghasilkan asam lemak dan membantu dalam memecah protein menjadi asam amino.

DAPATKAN SUPLEMEN KESEHATAN BIOTIN DI SESA.ID

Selain itu peran biotin untuk sistem imun juga tidak bisa disepelekan, Untuk mengetahui apa saja manfaat yang dimiliki biotin untuk meningkatkan sistem imun tubuh, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Membantu Melawan Patogen

Jika seseorang memiliki sistem imun yang lemah maka tubuhnya akan rentan terkena serangan virus, bakteri dan berbagai jenis mikroorganisme parasit lainnya. Disinilah peran biotin sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengembalikan kekebalan sistem imun. Biotin membantu dalam meningkatkan produksi sitokin sebagai penangkal virus atau bakteri

2. Mengurangi  Risiko Infeksi

Biotin sangat diperlukan dalam perkembangan sel darah putih yang sangat berkaitan erat dengan sistem pertahanan tubuh. Vitamin ini berperan dalam mencegah gangguan fungsi kekebalan tubuh yang disebabkan kekurangan sel darah putih.

biotin-5000mcg-now-120vcaps-_1_

NOW Biotin 5000 mcg

3. Melindungi Sel di Dalam Tubuh

Biotin juga membantu dalam melindungi sel-sel yang berperan penting dalam sistem pertahanan imun. Karena jika sel-sel tersebut rusak atau abnormal tentu bisa membahayakan bagi tubuh.

4. Menjaga Kadar Gula Dalam Darah Tetap Stabil

Biotin mendukung kerja hormon insulin dalam mengatur kadar gula di dalam darah sehingga mampu mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini akan menyebabkan sel-sel yang bekerja dalam sistem kekebalan tubuh menjadi meradang.

5. Membatu Memecah Protein

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biotin berperan dalam membantu memecah protein menjadi asam amino, dimana asam amino ini merupakan salah satu sumber pembentuk antibodi untuk melawan bakteri.

Beberapa Manfaat Biotin Lainnya yang Perlu Diketahui

Selain bermanfaat untuk sistem imun, biotin juga memiliki berbagai macam manfaat lain yang tidak kalah penting bagi kesehatan tubuh. Sebagai informasi, ini beberapa manfaat asupan biotin yang Sahabat Sehat perlu ketahui.

Manfaat Biotin Untuk Kesehatan Rambut

Dengan perannya dalam memproduksi protein dan asam amino, biotin memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Mulai dari merawat kulit kepala, melindungi akar  dan batang rambut yang kekurangan nutrisi, hingga membuat rambut lebih subur, berkilau dan tidak mudah rontok.

B5 Biotin Fortifying Aromatica

B5 + Biotin Fortifying AROMATICA

Manfaat Biotin Untuk Mencegah Kerusakan Kulit

Biotin sangat berkaitan dengan produksi keratin yang dapat mencegah kerusakan kulit. Dengan mengonsumsi vitamin biotin dalam jumlah yang tepat sahabat sehat bisa terhindar dari berbagai macam permasalahan kulit seperti jerawat, infeksi jamur, kulit kering dan kerusakan kulit lainnya.

Manfaat Biotin Untuk Mengatasi Kerusakan Saraf

Manfaat selanjutnya dari biotin adalah untuk mengatasi kerusakan saraf. Biotin membantu sistem saraf dalam melakukan aktivitas neurotransmitter sehingga dapat bekerja secara sistematis. Selain itu biotin juga bermanfaat dalam mengobati penyakit autoimun yang biasanya menyerang sistem saraf.

Sumber Makanan yang Kaya Manfaat Biotin

Sahabat Sehat dapat dengan mudah menemukan sumber biotin dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut beberapa sumber makanan yang kaya akan manfaat biotin beserta penjelasan singkatnya.

  • Susu dan Produk Olahannya

Dalam satu gelas susu atau yogurt mengandung sekitar 0.4 mcg biotin. Oleh karena itu meminum susu atau yogurt setiap hari akan membantu meningkatkan jumlah biotin di dalam tubuh.

  • Alpukat

Buah alpukat tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, beberapa orang mengolah alpukat menjadi campuran minuman yang segar dan lezat. Dalam buah alpukat ukuran sedang mengandung 1.85 mcg biotin yang dapat memenuhi kebutuhan biotin harian sekitar 6%.

  • Kacang-kacangan atau Biji-bijian

Biotin yang terkandung di dalam kacang-kacangan atau biji-bijian memiliki jumlah yang berbeda-beda, misalnya dalam kacang almond panggang mengandung 1.5 mcg biotin sedangkan  pada bji bunga matahari panggang terdapat 2.6 mcg biotin.

  • Hati Sapi dan Ayam

Dalam 75 gram hati sapi memiliki kandungan biotik sebesar 31 mcg, sementara untuk 75 gram hati ayam mengandung biotin dengan kadar yang lebih tinggi yaitu sekitar 138 mcg.

  • Ubi Jalar

Ubi rebus kerap dijadikan sebagai camilan yang enak dan juga sehat, terdapat 2.4 mcg biotin dalam 125 gram olahan ubi.

  • Kuning Telur

Selain mengandung protein dan zat besi, 10 mcg biotin dari 50 mg kuning telur sudah memenuhi 33% kebutuhan biotin harian bagi orang dewasa.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung biotin, Sahabat Sehat juga memerlukan asupan suplemen vitamin biotin sebagai penunjang kesehatan tubuh. Salah satu produk vitamin biotin yang aman dikonsumsi setiap hari adalah Biotin 5000mcg NOW 120 Vcaps

Vitamin berbentuk kapsul ini bermanfaat dalam meningkatkan produksi energi serta mendukung metabolisime asam amino dan fungsi imun di dalam tubuh. Dengan meminum vitamin ini secara rutin dapat melindungi Sahabat Sehat dari berbagai macam ancaman penyakit, apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Bagi Sahabat Sehat yang ingin merasakan manfaat biotin dengan mengonsumsi vitamin ini, silakan untuk memesannya di situs resmi sesa.id. SESA merupakan platform belanja online yang menyediakan berbagai macam produk kesehatan serta makanan organik lengkap dan terjamin kualitasnya. Kami juga memiliki Apps di Playstore dan Appstore sesa.id yang dapat memudahkan Sahabat Sehat untuk mencari informasi tentang produk kami.

  • https://www.alodokter.com
  • https://www.allthingshair.com
  • https://hellosehat.com
  • https://www.sehatq.com

Sumber Gambar:

  • sesa.id
  • pexels.com