fbpx
Skip to content
Home » Blog » 10 Aneka Resep Smoothies Pisang Mudah dan Lezat

10 Aneka Resep Smoothies Pisang Mudah dan Lezat

resep smoothies pisang

Resep smoothies pisang adalah salah satu resep yang cukup banyak dicari oleh pencinta hidangan yang banyak digunakan sebagai menu sarapan atau untuk diet. Hal ini karena kandungan di dalamnya dapat membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Perlunya resep-resep seperti ini adalah untuk dapat menghindari rasa bosan karena mengonsumsi bahan yang sama tanpa ada variasi. Jika ada variasi, maka Sahabat Sehat tentu akan lebih bersemangat untuk mengonsumsinya.

Di dalam artikel ini telah terangkum mengenai manfaat serta resep membuat smoothies pisang yang dapat Sahabat Sehat coba buat di rumah dan rutin konsumsi. Inilah bebeapa manfaat yang bisa didapatkan.

BELANJA SMOOTHIES BUAH DAN SAYURAN DI SESA.ID YUK!

Manfaat dari Resep Smoothies Pisang untuk Tubuh

Secara umum terdapat beberapa manfaat dari mengonsumsi smoothies secara keseluruhan atau smoothies pisang secara khusus. Beberapa poin tersebut bisa disimak di bawah ini, di antaranya yaitu:

  1. Membantu untuk detosifikasi tubuh karena mengandung bahan-bahan yang bisa meningkatkan antioksidan di dalam tubuh.
  2. Membantu meningkatkan imun tubuh karena berbagai kandungan fitonutrien dan mineral di dalam smoothies tersebut.
  3. Meningkatkan pencernaan karena adanya serat di dalamnya bisa membantu mengatasi masalah pencernaan.
  4. Menjaga agar tubuh terhidrasi dengan baik karena adanya kandungan air dari bahan pembuatnya.
  5. Membantu meningkatkan kesehatan kulit serta rambut karena mengandung mineral, serat, vitamin, dan antioksidan.

Resep Smoothies Pisang yang Enak dan Mudah Dibuat Sendiri

Supaya tidak bosan dengan olahan yang bentuk dan rasanya monoton, Sahabat Sehat dapat meniru beberapa resep yang telah dipersiapkan di bawah ini. Langkah yang bisa diikuti adalah sebagai berikut.

Green Smoothies

  1. Perpaduan dengan Yogurt

Resep smoothies pisang serta yogurt ini bisa menjadi pilihan pertama dan bisa dikatakan paling simpel karena bahan-bahannya tidak terlalu sulit didapatkan.

Siapkanlah terlebih dahulu 2 pisang, secangkir yogurt, secangkir susu cari, 1 sdm madu, serta 1 sdt ekstrak vanili. Lalu untuk mengolahnya cukup dengan memblender semuanya hingga halus.

  1. Perpaduan Antara Buah Pisang dengan Selai Kacang

Resep kedua ini mungkin terdengar asing, namun ternyata rasanya sangat enak serta membuat lebih lama kenyang.

Sahabat Sehat cukup memblender 2 pisang matang, 500 ml susu cair, 2 sdm madu, 120 ml selai kacang, serta es batu secukupnya. Setela itu, tinggal konsumsi resep smoothies pisang dan selai kacangnya.

  1. Perpaduan dengan Buah Nanas dan Buah Jeruk

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan dan diblender antara lain 1 nanas yang segar, 1 jeruk, 2 pisang, es batu, serta bisa juga menambahkan oatmeal. Tekstur akhir dari smoothies dengan nanas, serta jeruk ini akan kental.

smoothies sesa

  1. Perpaduan dengan Nanas dan Alpukat

Rasa dari resep keempat ini tidak kalah enak dari buah-buahan sebelumnya. Sahabat Sehat dapat menggunakan 1 nanas, setengah alpukat, 1 pisang yang dibekukan, serta ½ sdt vanili, dan kemudian blender hingga halus.

  1. Kunyit dan Jahe

Selain mengenyangkan, mencampurkannya dengan kunyit juga dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi otak. Sahabat Sehat dapat memblender 1 buah pisang, 370 ml susu almond, ½ sdt kunyit parut, ½ sdt jahe parut, 1 ½ sdm madu, ½ sdt vanili, dan es batu.

BACA JUGA: 15 Ide Resep Smoothies Diet Sehat Anti Ribet

  1. Perpaduan dengan Buah Stroberi dan Susu

Jika menggemari rasa manis dan asam stroberi, Sahabat Sehat bisa menggabungkannya dalam satu gelas. Caranya adalah dengan memblender 150 gram stroberi, 250 ml susu, 1 buah pisang, serta es batu.

  1. Perpaduan dengan Oatmeal

Resep smoothies pisang serta oatmeal ini cocok untuk membantu menurunkan berat badan Sahabat Sehat. Silakan blender 2 buah pisang, 200 gram oatmeal, 250 gram sari kedelai, 1 sdm madu, serta 2 tetes essense vanila.

  1. Perpaduan dengan Mangga

Para penggemar mangga dapat meblender 1 buah mangga, 1 buah pisang, serta 3 sdm plain yogurt. Kemudian bisa ditambahkan topping almond maupun mangga.

BACA JUGA: 8 Bahan Makanan untuk Pelengkap Resep Banana Smoothies Yogurt

  1. Perpaduan dengan Buah Pir dan Sayur Hijau

Sahabat Sehat dapat memblender 1 buah pir, 1 buah apel, 1 sdt bubuk kayu manis, 100 gram sayuran hijau, serta susu almond untuk mendapatkan minuman segar yang menyehatkan.

  1. Perpaduan dengan Buah Naga

Warna dari smoothies pisang dan naga ini sangat cantik, yaitu pink kemerahan. Sahabat Sehat dapat memblender 1 buah naga merah, 1 buah pisang, 2 sdm madu, 4 sdm plain yogurt, serta es batu.

Terutama bagi Sahabat Sehat yang ingin diet, menu ini bisa dicoba. Semua resep smoothies pisang di atas sangat mudah dibuat oleh pemula sekalipun, atau jika ingin praktis bisa dengan memesan berbagai smoothies di sesa.id saja.

Referensi:

  • https://olret.viva.co.id/kesehatan/1156-manfaat-smoothie-bagi-kesehatan#:~:text=Meningkatkan%20Imunitas,-Photo%20%3A&text=Bahan%20utama%20dalam%20smoothie%20adalah,dan%20memperkuat%20sistem%20kekebalan%20tubuh.
  • https://www.sehatq.com/review/cara-membuat-smoothies-pisang
  • https://id.wikihow.com/Membuat-Smoothie-Stroberi-Pisang
  • https://www.fimela.com/food/read/3748897/resep-smoothie-pisang-oatmeal-untuk-turunkan-berat-badan
  • https://food.detik.com/minuman/d-5890417/resep-smoothie-mangga-ala-chef-eddrian-tjhia
  • https://www.kompas.com/food/read/2022/07/04/120800175/resep-smoothie-sayur-hijau-dan-pisang-bisa-untuk-penderita-diabetes