fbpx
Skip to content
Home » Blog » Inilah Beda Telur Ayam Negeri dan Kampung

Inilah Beda Telur Ayam Negeri dan Kampung

Inilah Beda Telur Ayam Negeri dan Kampung

Hai Sahabat Sehat, sudah tahu belum apa beda telur ayam negeri dan kampung? Pasti sudah tidak asing bukan dengan dua jenis telur ini. Masing-masing jenis telur tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Telur menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Selain karena harganya cukup terjangkau, telur juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuk tubuh. Tidak hanya itu, telur juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan sesuai keinginan.

Lebih jelas tentang apa saja perbedaan telur ayam negeri dan telur ayam kampung, mari simak ulasan ini hingga akhir. Terdapat empat perbedaan yang dimiliki oleh telur ayam negeri dan juga ayam kampung.

DAPATKAN TELUR AYAM KAMPUNG DI SESA.ID

4 Beda Telur Ayam Negeri dan Kampung

Faktanya, di pasaran lebih banyak dijual telur ayam negeri. Telur jenis ini memiliki ciri-ciri berupa cangkang yang berwarna coklat. Telur negeri memiliki harga yang terjangkau sehingga sering dipilih untuk dijadikan sebagai olahan makanan.

Selain telur ayam negeri, ada juga jenis telur lainnya yaitu ayam kampung. Telur jenis ini memiliki cangkang yang berwarna putih dengan ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan telur ayam negeri.

Meski bentuknya lebih kecil, faktanya harga telur ayam kampung lebih mahal jika dibandingkan dengan ayam negeri. Hal ini karena banyak orang yang menganggap bahwa telur ayam kampung lebih bergizi jika dibandingkan dengan telur ayam negeri.

Meskipun sama-sama berasal dari ayam, faktanya telur ayam negeri dan telur ayam kampung memiliki banyak perbedaan. Mau tahu apa saja? Ini daftar lengkapnya yang bisa disimak agar bisa membedakannya.

  1. Beda Telur Ayam Negeri dan Kampung dari Bentuk Cangkang

Salah satu perbedaan paling mencolok dan mudah dikenali dari telur ayam kampung dan negeri adalah dari bentuk fisik cangkangnya. Rata-rata telur ayam kampung memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan telur ayam negeri.

Beda telur ayam negeri dan kampung juga bisa dikenali dari tekstur cangkangnya. Telur ayam kampung cangkangnya lebih halus jika dibandingkan dengan telur ayam negeri. Sedangkan telur ayam negeri, teksturnya sedikit kasar jika diraba.

Telur ayam negeri rata-rata berukuran 27 – 56 gram per butirnya. Selain dari ukuran, warna cangkang telur ayam negeri dan kampung juga berbeda. Cangkang telur ayam negeri berwarna kecoklatan sedangkan telur ayam kampung berwarna krem.

BACA JUGA: 15 Kandungan Telur Ayam yang Penting Bagi Tubuh

  1. Beda Telur Ayam Negeri dan Kampung dari Putih dan Kuningnya

Telur ayam kampung memiliki warna kuning yang lebih orange jika dibandingkan dengan telur ayam negeri. Sedangkan telur ayam negeri, warna kuningnya lebih cerah atau tampak kuning cerah.

Dari segi putih telur, telur ayam negeri lebih encer jika dibandingkan ayam negeri. Hal ini karena kandungan air yang lebih tinggi. Sedangkan telur ayam kampung bentuk putih telurnya lebih kental sehingga akan keras jika direbus.

  1. Berdasarkan Nutrisinya

Telur ayam negeri dan telur ayam kampung juga memiliki perbedaan dari kandungan nutrisinya. Dalam 80 – 100 gram telur ayam kampung mengandung nutrisi berupa 150 kalori, 13 protein, 1.5 gram karbohidrat dan 10 gram lemak.

Sementara dalam 1 butir telur ayam negeri mengandung nutrisi berupa energi 150 kalori, 10 gram lemak, 12.5 gram protein dan 1 gram karbohidrat. Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung vitamin E dua kali lebih banyak dari telur ayam negeri.

Telur Ayam Kampung

Telur Ayam Kampung

  1. Saat dimakan Setengah Matang

Baik telur ayam negeri maupun telur ayam kampung aman untuk dikonsumsi setengah makan. Akan tetapi dari kandungan nutrisi, telur ayam kampung memang lebih aman jika dibandingkan dengan telur ayam negeri.

BACA JUGA: 20 Olahan Telur Agar Tidak Bosan, Bergizi dan Enak

Penelitian yang dilakukan oleh Niken mengklaim bahwa saat dua jenis ayam disuntikkan dengan bakteri salmonella menggunakan dosis sama, telur ayam negeri terbukti lebih aman dan memiliki hasil negative.

Sedangkan telur ayam negeri menunjukkan hasil yang terbukti mengandung salmonella. Maka dari itu, para ahli lebih menyarankan telur ayam kampung jika ingin mengonsumsi dalam kondisi setengah matang. Sesa.id bisa menjadi alternatif dalam mencarinya.

Telur ayam negeri maupun telur ayam kampung sama-sama tinggi akan protein. Meski begitu, Sahabat Sehat tepat harus mengetahui beda telur ayam negeri dan kampung agar bisa memilih nutrisi yang sesuai kebutuhannya.

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/food/read/2020/09/06/200800975/bedanya-telur-ayam-kampung-dan-telur-ayam-negeri-lihat-4-faktor-ini