Home » Blog » Masih Pandemi Covid-19. Ini Tips Membersihkan Botol Minum Anak

Masih Pandemi Covid-19. Ini Tips Membersihkan Botol Minum Anak

botol minum anak

Botol minum merupakan benda yang seringkali digunakan oleh anak dalam berbagai aktivitasnya, sehingga menjaga kebersihan botol minum anak menjadi sangat penting.

Menggunakan botol minum berulang kali tanpa mencucinya dapat menyebabkan kuman-kuman bersarang di permukaan botol, kuman tersebut dapat masuk ke dalam tubuh dan beresiko menganggu kesehatan anak. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan botol minum, berikut ulasannya.

Tips Membersihkan Botol Minum Anak

Bersihkan dengan Air Hangat dan Sabun

Untuk membersihkan botol minum anak menggunakan air hangat dan sabun, langkah pertama yang harus dilakukan yakni mengeluarkan cairan dari dalam botol minum, lalu masukkan air hangat yang sebelumnya telah dicampur dengan sabun ke dalam botol minum tersebut, setelah itu tutuplah botol dan kocok selama beberapa saat.

Untuk membersihkan bagian dalam dan leher botol yang sempit, Sahabat Sehat dapat membersihkannya dengan sikat botol, terakhir bilaslah botol tersebut hingga bersih dan diamkan hingga botol benar-benar kering.

Menggunakan Cairan Bleaching

Cairan bleaching memiliki kandungan yang dapat membunuh kuman dan bakteri, namun perlu diperhatikan untuk membersihkan botol ini. Sebaiknya Sahabat Sehat pilihlah cairan bleaching yang tidak terlalu keras.

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membersihkan botol minum menggunakan cairan bleaching yakni dengan mencampurkan satu sendok makan bleaching ke dalam air.

Selanjutnya masukkan cairan tersebut dalam botol minum, diamkan selama beberapa menit, kemudian  bersihkan dan tunggu hingga botol mongering.

Bersihkan dengan Cuka

Cara membersihkan botol minum yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Cuka meruapakan salah satu bahan alami yang dinilai secara efelktif dapat membunuh kuman dan bakteri.

Lalu, bagaimana cara membersihkan botol minum dengan menggunakan cuka, pertama terlebih dahulu bersihkan botol minum tersebut dengan air hangat dan sabun, kemudian masukkan cairan cuka putih ke dalam botol dan cmpurkan dengan air dingin, lalu diamkanlah selama satu malam, terakhir bersihkanlah botol tersebut.

Bersihkan dengan Baking Soda

Selain digunakan untuk membuat masakan, ternyata baking soda juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alternatif untuk membersihkan botol minum.

Caranya yakni dengan menambahkan baking soda dengan takaran 1/3 ukuran botol dan campurkan dengan air hangat serta sabun pembersih, kemudian tunggulah beberapa saat, lalu bilas dan tunggu hingga botol benar-benar kering.

Memilih Botol Minum Anak Terbaik dan Berkualitas

Selain membersihkan botol minum tak kalah penting kita juga harus selektif dalam memilih bahan dari botol minum tersebut, usahakan pilih botol minum bpa free.

Salah satu botol minum yang terjamin kualitas dan kehigienisan nya adalah botol Kid Classic Sippy Cap, botol minum ini didesain khusus untuk anak-anak, disertai dengan lapisan Klean Coat ™ yang membuat botol ini mampu 4X lebih tahan lama, sehingga aman digunakan oleh manusia dan lingkungan.

Dilengkapi dengan tutup botol yang anti tumpah serta penutup debu dan juga kaitan loop logam agar botol mudah melekat pada stroller atau pada tas. Semua jenis tutup botol Kid Classic Sippy Cap cocok untuk botol ini, selain itu botol ini juga dapat digunakan untuk waktu yang lama loh Sahabat Sehat.

 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai cara yang tepat dalam membersihkan botol minum anak, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk para Sahabat Sehat ya.

Referensi : Sehatq