Home » Blog » 17 Manfaat Madu Untuk Penyakit dan Beberapa Ide Olahannya

17 Manfaat Madu Untuk Penyakit dan Beberapa Ide Olahannya

Madu telah dikenal manusia sejak zaman purbakala sebagai bahan obat-obatan dan digunakan dalam upacara agama, serta sampai meluas sebagai bahan makanan dan kosmetik. Manfaat madu untuk berbagai penyakit dipercaya hingga saat ini masih efektif. Dan sudah dilakukan berbagai penelitian ilmiah untuk ini.

Tidak hanya di Indonesia, di seluruh dunia pun sudah tahu manfaat madu bagi kesehatan selama ribuan tahun. Tak hanya memiliki rasa manis yang khas madu juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Apa Saja Kandungan Madu

Yang pertama madu mengandung prebiotik, madu juga mengandung beberapa vitamin seperti terutama riboflavin, niasin, pantotenat asam, piridoksin, folat, dan vitamin C.

Kemudian madu juga mengandung beberapa enzim seperti katalase, superoksida dismutase, glutation tereduksi. Madu memiliki kandungan flavonoid seperti apigenin, pinocembrin, kaempferol, quercetin, galangin, chrysin dan hesperetin, dan asam fenolik (seperti asam ellagik, caffeik, pkoumarik, dan ferulik).

Tidak hanya itu madu juga mengandung antioksidan berupa antioksidan enzimatik (diastase, invertase, glukosa oksidase) dan antioksidan non enzimatik (asam fenolik, flavonoid, asam amoni, asam organik). Kadar antioksidan dalam madu dipengaruhi oleh sumber, asal geografis, kondisi iklim, pemrosesan, penyimpanan, dan penanganan produk madu.

Ternyata ada 31 mineral yang telah ditemukan di dalam madu termasuk semua mineral utama seperti fosfor, kalsium, kalium, dan magnesium meskipun jumlahnya kecil. Madu juga mengandung sekitar 600 senyawa volatil yang dianggap berkontribusi terhadap potensi efek biomedisnya.

Singkatnya, madu tidak akan memasok nutrisi dalam persentase besar dalam diet Anda, tetapi tentu saja bukan kalori kosong; dan para peneliti masih mempelajari manfaat fungsional dari riasan kompleksnya.

Manfaat Madu

1. Madu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Penggunaan madu sebagai suatu bahan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sudah banyak dipublikasikan. Konsumsi madu setiap hari dengan sesuai ketentuan yang disarankan dan tidak berlebihan dipercaya akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

manfaat manuka honey menigkatatkan daya tahan tubuh

Manuka Honey

2. Madu Sumber Karbohidrat

Madu merupakan sumber karbohidrat yang komponen utamanya adalah gula. Gula di dalam madu sebagian besar adalah monosakarida. Monosakarida yang paling banyak adalah fruktosa dan glukosa.

Madu merupakan bahan pangan manis dan kental yang berwarna gelap dengan kandungan karbohidrat yang tinggi sekitar 80% serta sejumlah asam, protein, dan mineral. Madu dalam bidang kesehatan sudah banyak dibuktikan secara ilmiah.

3. Menjaga Kesehatan Infeksi Organ Pencernaan

Jika kita berbicara mengenai konsumsi madu. Hal ini berkaitan dengan penurunan beberapa risiko penyakit terutama infeksi organ pencernaan.

Madu diduga mengandung prebiotik yakni suatu bahan makanan yang dapat memberikan pengaruh yang menguntungkan bagi kesehatan karena dapat menstimulus pertumbuhan dan aktivitas berbagai mikroba baik di dalam saluran pencernaan.

4. Memilihara Kesehatan Saraf

Menurut beberapa penelitian, madu memiliki banyak manfaat seperti memiliki kemampuan terapetik sebagai antiinflamasi, antimikroba, kesehatan gastro, kesehatan saraf, anti kanker, antidiabetik, dan sebagai antioksidan serta imunomodulator.

5. Manfaat Madu Melindungi dari Radikal Bebas

Madu juga menurunkan kejadian komplikasi gastrointestinal secara signifikan. Madu memiliki kemampuan melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang dapat merusak sel di dalam tubuh.

Beberapa penelitian melaporkan juga bahwa madu dapat bertindak sebagai pengendalian infeksi terhadap Salmonella typhi, Streptococcus mutans, Pseudomonas aeruginosa, Enterococcus sp., dan Staphylococcus koagulase-negatif.

6. Mengobati Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Dalam sebuah artikel ilmiah di dalam jurnal BMJ Evidence-Based Medicine, peneliti dari Universitas Oxford menemukan. Bahwa perawatan infeksi saluran atas dengan cara biasa yaitu seperti obat bebas dan antibiotik.

Jika dibandingkan dengan madu dalam kaitannya dengan efektivitas madu untuk menghilangkan gejala infeksi saluran pernapasan atas. Madu dapat meringankan frekuensi dan keparahan batuk dilihat dari 14 penelitian yang diterbitkan sebelumnya.

Manfaat madu uray

Madu Uray Stick

7. Manfaat Madu Alternatif Antibiotik

Salah satu manfaat madu yang mungkin masih belum banyak diketahui ialah manfaat madu sebagai alternatif antibiotik. Dengan kandungan yang dimilikinya madu dapat berfungsi sebagai alternatif antibiotik yang murah.

Ilmuwan Universitas Illinois di Chicago menemukan bahwa senyawa antimikroba yang dibuat oleh lebah madu dapat menjadi dasar untuk antibiotik baru.

8. Membantu Melawan Sindrom Metabolik

Sebuah artikel ilmiah tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients melihat efek perlindungan madu untuk sindroma metabolik. Orang dengan didiagnosa sindroma metabolik, setidaknya harus memiliki tiga dari lima kondisi.

Yaitu yang pertama lingkar pinggang yang besar, tekanan darah tinggi, kadar trigliserida yang tinggi dalam darah, kadar kolesterol HDL yang rendah dan tingginya kadar glukosa di dalam darah.

Para peneliti di dalam artikel ilmiah tersebut menjelaskan bagaimana madu dapat membantu memperbaiki kondisi sindroma metabolik. Madu memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu lonjakan gula darah dan kadar insulin.

9. Manfaat Madu Sebagai Antioksidan

Madu yang bersumber dari berbagai nektar tanaman ternyata juga mengandung antioksidan berupa antioksidan enzimatik (diastase, invertase, glukosa oksidase) dan antioksidan non enzimatik (asam fenolik, flavonoid, asam amoni, asam organik).

Penelitian yang lebih lama menunjukkan bahwa mengonsumsi madu antioksidan tinggi memang meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah dan mengganti gula olahan dengan madu dapat membantu meningkatkan pertahanan antioksidan pada orang dewasa yang sehat.

10. Manfaat Madu Mengurangi Stres Oksidatif

Sifat antioksidan madu juga membantu mengurangi stres oksidatif, salah satu mekanisme utama dalam MetS. Singkatnya, stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahayanya.

Untuk alasan ini, para peneliti menyimpulkan bahwa ada potensi yang kuat untuk madu untuk diintegrasikan ke dalam pengelolaan MetS, baik secara preventif maupun terapeutik.

Madu Uray Botol

Madu Uray Botol 640 Ml

11. Madu Membantu Mencegah Atheroskleresis

Artikel terbaru lainnya tentang manfaat madu mengeksplorasi kemampuannya untuk mencegah terjadinya ateroskleresis, penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Artikel ilmiah tahun 2019 ini dalam jurnal Nutrients, menunjukkan bahwa madu mengandung lebih dari 180 zat yang di dalamnya termasuk gula alami serta sejumlah besar vitamin, mineral, dan fitokimia. Para peneliti menyimpulkan bahwa senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam madu, selain kemampuannya untuk melawan stres oksidatif, adalah faktor kunci yang bertanggung jawab atas manfaat perlindungannya.

12. Mendukung Usus yang Sehat

Sebuah studi baru-baru ini mengenai penggunaan madu dalam pengobatan gratis, yang diterbitkan dalam jurnal Integrative Medicine Insights, menyatakan bahwa madu memiliki sifat prebiotik.

Prebiotik membantu memfermentasi bakteri menguntungkan di usus, termasuk bifidobacteria dan lactobacilli. Pergeseran ini telah dikaitkan dengan fungsi kekebalan yang lebih kuat dan peningkatan kesejahteraan mental. Para peneliti juga mencatat aktivitas anti-virus madu.

13. Madu Mencegah Penambahan Berat Badan

Dengan kandungan yang ada mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Madu juga telah terbukti mencegah penambahan berat badan yang berlebihan dan meningkatkan metabolisme lipid dengan mengurangi trigliserida serta kolesterol total dan kolesterol LDL, sambil meningkatkan HDL “baik”.

14. Madu Melindungi dari Bakteri dan Virus

Salah satu khasiat madu yang sangat banyak diinginkan orang ialah kemampuan madu melindungi diri kita dari bakteri maupun virus. Madu bersifat sebagai senyawa yang dapat mencegah dan mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

15. Madu Mampu Mengurangi Maag

Kondisi sakit maag terjadi karna gangguan pada saluran pencernaan yaitu lambung. Hal ini tentu sangat menganggu akitfitas dan tidak jarang sakit maag bisa sampai jadi penyakit kronis. Untuk mengurangi gejala sakit maag dapat diredakan dengan konsumsi madu. Kandungan dalam madu yang kompleks mampu memperbaiki kesehatan saluran pencernaan.

16. Manfaat Madu Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan madu alami yang kompleks mampu mengurangi resiko penyakit kanker. Penyakit kanker yang merupakan salah satu penyakit yang mampu menyebabkan kemataian dan sukar untuk diobati. Jadi alangkah baiknya sebelum itu terjadi mengurangi resiko kanker dengan konsumsi madu.

Dengan manfaat yang dimiliki madu yang mampu mencegah radikal bebas dalam tubuh. Dimana seperti diketahui radikal bebas adalah salah satu penyebab kanker.

Madu Hitam Al Shifa

Madu Hitam Al Shifa

17. Manfaat Madu Untuk Luka Bakar

Manfaat madu selanjutnya ialah dipercaya dapat digunakan sebagai obat. Misalnya saja sebagai obat untuk luka, katarak, bisul, dan lainnya. Dan madu sering digunakan adalah madu sebagai penyembuh luka.

Hal ini dikarenakan madu memberikan efek yang menenangkan ketika madu tersebut dioleskan atau diterpakan kepada luka yang terbuka.

Ide Olahan Madu

Biar ga bosen minum madunya gitu-gitu aja, kita punya beberapa ide makanan, camilan, dan minuman olahan madu yang bisa sahabat sesa praktekin dengan mudah di rumah.

CEK PRODUK MADU DI SESA.ID

  1. Lemon Squash Madu

Sahabat sesa pasti tahu dong lemon squash. Minuman lemon plus soda yang seger banget kalau diminum lagi cuaca panas atau kalau hati lagi panas dijamin bisa bikin adem. Pasti kalau lagi nongkrong-nongkrong di cafe juga sahabat sesa suka pesen lemon squash kan.

Nah, gimana kalau lemon squash ini kita tambahin madu, pasti tambah enak banget. Sahabat sesa coba deh di rumah. Kita kasih sahabat sesa bahan dan cara buatnya.

  1. Honey Coffee

Nah, buat para sahabat sesa pecinta kopi. Ternyata kopi juga bisa loh ditambahin madu. Eits, bukan berarti jadi ga enak. Justru bisa bikin warna baru di rasa kopinya. Setelah sahabat sehat menyeduh kopinya coba deh ditambahin sama susu cair, madu, bubuk kayu manis, dan setetes vanilla essense.

Udah kebayang dong rasanya, honey coffee memang akan terasa manis dan kopi ini enaknya disajikan hangat atau panas apalagi minumnya sambil menikmati hujan.

  1. Roti Bakar Madu

Sahabat sehat pasti sering banget sarapan pakai roti, apalagi roti bakar. Selain buat sarapan, roti bakar juga bisa sahabat sesa nikmatin di warkop-warkop pinggir jalan. Ternyata roti bakar itu bisa kita kreasiin loh sama madu.

Jadi sahabat sesa habis panggang rotinya kemudian tambahkan madu di atasnya. Nah, jangan lupa tambahin juga buah yang sahabat sesa suka misalnya pisang, strawberry atau buah-buah yang lainnya.

  1. Pisang Bakar Madu

Untuk membuat ini sangat gampang dan mudah untuk mengolahnya. Pisang bakar ini bisa kita kreasiin sama madu.

Caranya gampang banget, kamu tinggal belah dua pisangnya kemudian oleskan madu. Habis itu tinggal kamu bakar deh pisangnya sampai matang warnanya coklat tua. Selain itu kamu bisa tambahin topping di atasnya kaya keju, kacang almond atau juga gula halus. Hmm, so yummy !

  1. Udang Bakar Madu

Ide olahan berikutnya adalah udang bakar madu. Kita kasih tahu sahabat sesa bahan dan cara buatnya ya.

Bahan:

  • Udang kupas dicuci hingga bersih
  • Jeruk nipis
  • Garam
  • Mentega
  • Kecap manis
  • Saus tomat
  • Madu
  • Saus sambal

Cara membuat:

  • Cuci udang sampai bersih, berikan perasan air jeruk nipis lalu diamkan selama 10 menit, kemudian cuci udangnya kembali.
  • Campurkan semua bahan sausnya, yaitu kecap manis, saus tomat, madu, saus sambal, dan garam.
  • Oleskan bumbu saus secara merata pada udang, agar bumbunya meresap ke dalam daging udang kamu bisa diamkan terlebih dahulu selama 30 menit. Sisakan saus untuk dioleskan saat membakar.
  • Panaskan grilled pan atau alat bakar, oleskan mentega agar tidak lengket. Letakkan udang di atasnya dan oleskan sisa saus ke udang sambil dibakar. Lakukan sampai warna udang menjadi merah gelap.

Sahabat sehat bisa langsung kunjungin aja websitenya sesa.id atau unduh aplikasi sesa di google play atau Appstore. Langsung dipilih madu mana yang mau kamu beli dan selamat mencoba di rumah sahabat sehat !

Manuka honey banner web

Honey: Benefits, uses, and properties (medicalnewstoday.com)

Mardhiati, R., Marliyati, S. A., Martianto, D., Madanijah, S., & Wibawan, I. W. T. (2020). Karakteristik dan beberapa kandungan zat gizi pada lima sampel madu yang beredar di supermarket. GIZI INDONESIA43(1), 49-56.

Fadhilla, R. R., Diyantoro, D. W. I., & Sundari, A. S. Antibacterial Potency of Indonesian Randu Honey Against Staphylococcus sp.

Prabowo S, Yuliani, Prayitno YA, Lestari K, Kusesvara A. 2019. Penentuan karakteristik fisiko-kimia beberapa jenis madu menggunakan metode konvensional dan metode kimia. Journal of Tropical AgriFood. 1(1): 66-73

Sereia, M. J., Marchini, L. C., Alves, E. M., & Faquinello, P. (2010). Microorganisms in organic and non organic honey samples of Africanized honeybees. Journal of Apicultural Science54(1), 49-54.

Pasupuleti VR, Sammugam L, Ramesh N, Gan SH. 2017. Honey, propolis, and royal jelly: a comprehensive review of their biological actions and health benefits. Oxid Med Cell Longev. 1-21. doi: 10.1155/2017/1259510.

Samarghandian S, Farkhondeh T, Samini F. 2017. Honey and health: a review of recent clinical research. Pharmacognosy Res. 9(2): 121–127. doi: 10.4103/0974- 8490.204647

Umarani S, Eswaran VU, Keerthika E, Mathumitha K, Elakiyya S, Bhargava HR. 2015. A relative study on the chemical composition amongthe pure and branded honey types collected from diverse sources of Tamilnadu India. World Applied Science Journal. 33(3): 401- 408.

https://www.alodokter.com/manfaat-madu-ditinjau-dari-sisi-medis

Akuba, J., & Pakaya, M. S. (2020). UJI AKTIVITAS ENZIM DIASTASE MADU HUTAN MENTAH GORONTALO SEBAGAI IMUNOMODULATOR. Pharmaceutical Journal of Islamic Pharmacy4(2), 30-33.

Dharmastiwi. 2007. Perkembangan Produksi Madu Lebah Hutan (Apis dorsat) di Kawasan Gunung Tampomas Utara. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Sarwono, B., 2007, Lebah Madu, AgroMedia Pustaka, Jakarta Selatan

https://www.health.com/food/health-benefits-honey

https://www.tokopedia.com/blog/kreasi-menu-hidangan-olahan-madu-tvl/

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/arin-pratitis/5-minuman-hangat-hasil-kreasi-dengan-madu-c1c2/3

https://www.99.co/blog/indonesia/resep-makanan-olahan-madu/