Home » Blog » 10 Manfaat Madu Manuka yang Mampu Menyembuhkan Berbagai Penyakit  

10 Manfaat Madu Manuka yang Mampu Menyembuhkan Berbagai Penyakit

MANFAAT MADU MANUKA

Hallo Sahabat Sehat, mendengar kata madu pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian kan?. Lalu pernahkah mendengar madu manuka? Jika belum berikut kami jelaskan uraian manfaat madu manuka.

Madu secara umum suatu cairan yang dihasilkan oleh lebah dan memiliki rasa manis ini ternyata sejak zaman dahulu kala telah dipercaya dan digunakan oleh masyarakat dalam pengobatan tradisional.

Bahkan hingga sekarang peranan madu dalam kesehatan telah banyak dibuktikan secara ilmiah. Salah satu jenis madu tersebut adalah madu manuka. Di masa pandemic seperti sekarang madu manuka tengah menjadi trend di seluruh dunia dan banyak diburu masyarakat. Yuk simak penjelasannya di bawah ini ya sahabat sehat!.

Fakta Tentang Madu Manuka

  • Asal Madu Manuka

Manu manuka merupakan madu monofloral yang diproduksi oleh lebah yang menyerbuki bunga tanaman manuka (Leptospermum Scoparium). Bunga tanaman manuka memiliki warna pink atau putih dan hanya dapat ditemukan dan biasa di tanam di pedalaman New Zealand yang bebas dari polusi.

  • Rasa Madu Manuka

Rasa manis madu manuka diakibatkan oleh adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa sehingga rasa manisnya hampir sama dengan gula. Selain itu, madu manuka juga memiliki tekstur kental dan berwarna gelap serta keruh seperti karamel.

DAPATKAN MADU MANUKA COMVITA DI SESA.ID

Kandungan Gizi Madu Manuka

Dibandingkan dengan madu biasanya, madu manuka memiliki kandungan gizi (karbohidrat, kalsium, zat besi, dan sodium) empat kali lipat lebih banyak. Selain itu, madu manuka juga mengandung asam folat yang kaya akan antioksidan, peptide, anion, dan kation sehingga dapat membantu meregenerasi sel kulit, dan anti inflamasi.

Karena berasal dari nektar tanaman manuka menyebabkan madu manuka mengandung methylglyoxal (MGO) alami yang berfungsi sebagai antibakteri yaitu sebesar 100-800 mg/kg. Kandungan pH madu manuka yang rendah (sangat asam) berkisar 3,9-4,5 dapat berperan dalam menghentikan pertumbuhan sebagian besar bakteri.

Madu manuka mengandung sekitar 70-80 % gula sehinggga dalam proses ini dapat ditingkatkan dalam lingkungan yang lemab sehingga madu manuka tidak menyebabkan kerusakan jaringan.

madu manuka umf 5 manfaat madu manuka

Madu Manuka Comvita UMF 5+

Manfaat Madu Manuka dalam Menyembuhkan Penyakit

Berikut 10 manfaat madu manuka yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang perlu sahabat sehat ketahui.

1. Mengobati Radang Tenggorokan

Madu manuka mampu berperan sebagai antivirus dan antibakteri, yang dapat mengurangi inflamasi (peradangan) serta melawan bakteri penyebab nyeri tenggorokan.

Selain itu, madu manuka juga tidak hanya membunuh bakteri berbahaya namun juga melapisi lapisan dalam tenggorokan sehingga dapat memberikan efek rileks (menenangkan) pada tenggorokan.

2. Membantu Mengatasi Fibrosis Kistik

Fibrosis kistik adalah kelainan genetik yang merusak paru-paru, sistem pencernaan, dan organ tubuh lainnya. Kondisi tersebut mempengaruhi sel-sel yang memproduksi lendir, keringat, serta cairan berlebihan sehingga menyumbat saluran udara.

Hal ini menghambat pernapasan yang berdampak pada adanya infeksi saluran pernapasan atas. Berdasarkan penelitian, madu manuka terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Manuka Honey Blend

Madu Manuka Honey Blend

3. Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan

Menurut penelitian diketahui bahwa madu manuka dapat mencegah Irritable Bowel Syndrome (IBS). Selain itu, mengonsumsi madu manuka juga mampu mengurangi asam lambung dan menyeimbangkan system pencernaan. Hal ini karena Small Intestinal Bacterial Overgrowth (SIBO) dan meningkatnya asam lambung saling berhubungan satu sama lain.

Kemudian, madu manuka juga terbukti mampu meningkatkan status antioksidan dan mengurangi inflamasi serta mampu menyerang strain Clostridium difficle yang menyebabkan diare serta radang usus.

Manfaat madu manuka

Madu Manuka Comvita Sachet

4.  Membantu Mengatasi methicillin-resistent Staphylococcus aureus (MRSA)

MRSA adalah kondisi akibat penggunaan antibiotik secara berlebihan, sehingga mengakibatkan bakteri Staph menjadi tidak dapat dilawan, menyebar dengan cepat. Sehingga sebagian besar penderita MRSA menjadi terinfeksi secara akut hingga membutuhkan operasi.

Penderita MRSA kadang memerlukan pemasangan sendi palsu, atau memerlukan tabung penyokong untuk bertahan hidup. Penelitian menunjukkan bahwa madu manuka dapat menurunkan aktivitas gen yang terdapat dalam bakteri MRSA.

5. Membantu Mengurangi Masalah Kulit

Jerawat yang muncul pada muka dan bagian tubuh lainnya, biasanya terjadi karena perubahan hormon. Namun, jerawat juga bisa menjadi indikasi dari pola makan yang buruk, stres atau bakteri yang tumbuh di pori-pori tersumbat.

Aktivitas antimikroba dan sifat antiinflamasi dari madu manuka dapat mengurangi peradangan pada jerawat dan mempercepat proses penyembuhan.manuka umf 10

Manuka Honey Comvita UMF 10+

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu manuka dapat melawan infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar dan bisul dengan mempertahankan lingkungan luka yang lembab serta melindungi bakteri dari luar oleh adanya sifat antibakteri dan antioksidan dari madu manuka.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Madu manuka dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan mengeluarkan glikogen secara perlahan yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh ketika tidur.

8. Membantu Meningkatkan Imunitas

Madu manuka dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan bakteri dan virus penyebab penyakit yaitu dengan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit flu, batuk.

Madu manuka Comvita umf 20+

Madu Manuka Comvita UMF 20+

9. Membantu Menyembuhkan Masalah Gigi dan Gusi

Mengonsumsi madu manuka dapat membantu menyembuhkan gingivitis dan periodontal oleh adanya kandungan mineral zinc (seng), kalsium, dan fosfor pada madu Manuka.

10. Membantu Mencegah Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan penyakit akibat infeksi dan peradangan yang disebabkan oleh bakteri H.pylori sehingga mengakibatkan adanya luka pada lapisan perut, sakit perut, mual, kembung. Kandungan antibakteri pada madu manuka mampu melawan bakteri penyebab tukak lambung.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari madu manuka sahabat sehat juga perlu menjadi pembeli yang cerdas karena banyak sekali produk palsu madu manuka di pasaran. Berikut simak tipsnya agar dapat sahabat sehat terapkan ya!

manuka honey blend

Madu Manuka Comvit UMF 10+ 250 Gram

Tips Membedakan Madu Manuka Asli dan Palsu

  • Memiliki label UMF® 

UMF merupakan merk dagang perusahaan yang telah terdaftar dan memenuhi persyaratan produksi, monitor, serta audit yang ditetapkan oleh UMFHA (Unique Manuka Factor Honey Association) di New Zealand sehingga kualitas madu manuka dapat terjamin.

UMF berfungsi untuk menginformasikan konsumen mengenai tingkat kandungan antibakteri pada madu. Semakin tinggi angka UMF® menujukkan kandungan antibacterial jenis Non-Peroxide yang lebih tinggi. Semakin tinggi angka UMF®, semakin baik kemampuan antibacterial-nya.

Jika sahabat sehat ingin mendapatkan manfaat pengobatannya, maka minimal sahabat sehat dapat mengonsumsi madu manuka dengan UMF10 sampai dengan UMF15.

Manuka Hone Comvita For kids

Manuka Honey Comvita For Kids

  • Labeling Botol 

Bukan tanpa alasan ada beredar madu manuka palsu, klaim yang sesat yang hanya memikirkan keuntungan tentu bisa saja membuat hal ini terjadi. Salah satu cara membedakan madu manuka asli dengan madu manuka palsu ialah labeling pada botol. Untuk diketahui madu manuka asli harus dipacking dan dilabeli di New Zealand.

  • Mencantumkan Nama dan Nomor Pemegang Lisensi di Label Botol

Selain itu, untuk menjaga kesehatan tubuh tetap optimal dan terhindar dari berbagai jenis penyakit para sahabat sehat juga dapat menerapkan pola makan bergizi seimbang. Sahabat sehat dapat mengunjungi laman ini yaa!

banner web permen manuka

  • Sari, W. N. (2019) ‘Aplikasi Pemberian Madu Manuka (Manuka Honey) Pada Penderita Diabetes Mellitus Untuk Kerusakan Integritas Kulit’, pp. 1–62. Available at: http://eprintslib.ummgl.ac.id/753/1.pdf.
  • Mardhiati, R. et al. (2020) ‘Karakteristik Dan Beberapa Kandungan Zat Gizi Pada Lima Sampel Madu Yang Beredar Di Supermarket’, Gizi Indonesia, 43(1), p. 49. doi: 10.36457/gizindo.v43i1.507.
  • https://honeyworld.co.id/id/

Sumber Gambar :

Foto oleh Sunsetoned dari Pexels

sesa.id