fbpx
Skip to content
Home » Blog » Manfaat Madu Manuka UMF 20 untuk Kesehatan dan Kecantikan, Apa Saja?

Manfaat Madu Manuka UMF 20 untuk Kesehatan dan Kecantikan, Apa Saja?

manfaat madu manuka UMF 20

Sekarang manfaat madu manuka UMF 20 banyak dicari oleh orang dalam negeri. Namun apakah benar ini merupakan sebuah produk kesehatan alami yang dapat memberikan dampak signifikan.

Pada dasarnya madu manuka berbeda dengan varian yang biasa kita temukan di Indonesia. Ini adalah varian yang hanya ada di Selandia Baru dan dari segi bentuk sendiri cukup jauh berbeda.

Dari segi fisik bentuknya tidak encer dan cerah seperti biasa namun pekat bahkan seperti karamel. Sehingga bagi orang awam tentu saja cukup ragu menggunakannya karena mengira ini adalah produk pabrikan.

Padahal ketika dipanen segar bentuk fisiknya sudah seperti itu dan siap dikonsumsi. Dari segi kandungan sendiri menurut pakar kesehatan memiliki empat kali lipat jika dibandingkan dengan jenis biasanya.

DAPATKAN MADU MANUKA ASLI DI SESA.ID

Manfaat Madu Manuka UMF 20 untuk Kecantikan

Awalnya memang ini dikenal sebagai salah satu asupan untuk kecantikan tubuh wanita. Namun setelah banyak diteliti masih dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Pada segmen pertama ini kami akan menjelaskan seperti apa dampaknya pada kecantikan terutama wanita. Berikut ini adalah beberapa manfaat bagus yang dapat dirasakan menggunakan manuka UMF 20.

1. Manfaat madu manuka UMF 20 mengurangi dan menghilangkan jerawat

Salah satu yang manfaatnya sudah lama diketahui adalah mampu mengurangi dan menghilangkan jerawat. Namun sebagai catatan sebenarnya justru belum ada penelitian medis.

Memang banyak pengguna yang mengklaim bahwa penggunaan produk ini mampu mengurangi tumbuhnya jerawat. Meskipun sekali lagi belum ada penelitian yang dijadikan rujukan.

Cara menggunakannya untuk menghilangkan jerawat sebenarnya sederhana. Cukup oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat, tunggu sampai sepuluh menit kemudian bilas dengan sabun wajah.

Comvita Manuka Madu (Honey) Umf 20+

Comvita Manuka Madu (Honey) Umf 20+

2. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat madu manuka UMF 20 yang berkaitan dengan jerawat dan memiliki penelitian klinis adalah ini. Jadi kandungan yang dimiliki memang dapat merangsang regenerasi.

Jadi jika diaplikasikan pada jerawat yang sudah pecah dapat mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhannya. Proses pengaplikasiannya juga sederhana tinggal oleskan saja tipis-tipis.

Sebagai catatan ini adalah produk yang mengandung madu dimana dapat memicu reaksi alergi pada individu tertentu. Sehingga Sahabat Sehat perlu memperhatikan ketika muncul reaksi alergi segera hentikan pemakaian.

3. Menyehatkan kulit wajah

Salah satu manfaat madu manuka UMF 20 yang sudah terbukti adalah menyehatkan wajah. Ini dapat digunakan sebagai masker yang mampu merangsang regenerasi sel kulit wajah.

Jika diaplikasikan secara rutin maka dapat membuat kekenyalan, dan kecerahan kulit menjadi meningkat. Tentu hal tersebut dapat menjadi salah satu hal yang didambakan oleh para wanita.

Selain digunakan sebagai masker, produk tersebut juga dapat dicampurkan pada sabun cuci muka alami. Tujuannya untuk menutrisi kulit sehingga mampu mempercepat peremajaan sel.

Ketiga aspek tersebut tentu dapat Sahabat Sehat jadikan sebagai acuan bahwa produk ini memang bermanfaat. Kita tidak bisa menganggapnya sebelah mata terlebih lagi ketika dilihat dari aspek alamiahnya.

BACA JUGA: 

Manfaat Madu Manuka UMF 20 untuk Kesehatan

Selain dari aspek kecantikan tentu ada manfaatnya yang berkaitan dengan kesehatan tubuh secara umum. Pada segmen ini akan kami kupas seperti apa dampaknya ketika dikonsumsi secara rutin.

Madu manuka memang sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu asupan harian. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang bisa Sahabat Sehat rasakan ketika menggunakan madu manuka.

4. Meningkatkan imun tubuh

Manfaat madu manuka UMF 20 sudah diteliti secara klinis sehingga kita dapat menjadikannya referensi. Sudah ada jurnal yang dipublikasi terkait manfaatnya untuk imunitas manusia.

Jika kita mengonsumsi madu manuka maka dapat memperbaiki kondisi tubuh beberapa waktu kemudian. Sehingga jika digunakan ketika sedang lelah atau merasa kurang enak badan sangat cocok.

Kemudian kandungan antibakteri pada madu ini juga sangat berguna mencegah peradangan. Terutama pada bagian mulut dan tenggorokan sehingga bagus dikonsumsi secara rutin.

5. Menyehatkan gigi dan gusi

Berdasarkan jurnal kesehatan salah satu manfaat madu manuka UMF 20 adalah menyehatkan gigi dan gusi. Jadi ketika digunakan untuk berkumur madu manuka dapat mengurangi potensi timbulnya plak.

Selain itu jika digunakan berkumur juga efektif dalam mengatasi masalah gusi berdarah. Pemulihan gusi yang luka akibat peradangan juga dapat dipercepat ketika berkumur menggunakannya.

Kandungan zinc, kalsium, dan fosfor pada madu ini juga bagus sebagai perangsang regenerasi sel gusi. Sehingga bagian luka pada gusi tadi dapat sembuh dalam waktu jauh lebih cepat.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Berdasarkan jurnal yang dirilis salah satu universitas di India manfaat madu manuka UMF 20 adalah percepatan penyembuhan luka. Terutama pada bentuk luka sobek dan peradangan kulit.

Jika dioleskan pada bagian luka dapat meringankan rasa sakit bagi penderitanya. Antibakteri pada madu manuka juga bagus jika digunakan untuk mencegah bisul dan penyakit kulit lainnya.

Sebagai salah satu antioksidan alami tentu saja ini cocok digunakan untuk mencegah infeksi. Sehingga ketika ada luka sobek Sahabat Sehat dapat mengaplikasikannya pada bagian luk tersebut.

Ternyata banyak sekali manfaat baik dari segi kecantikan atau kesehatan yang dapat dirasakan. Jadi manfaat madu manuka UMF 20 tadi meaning dapat dijadikan acuan untuk penggunaan secara rutin. Salah satu produsen madu manuka adalah Comvita, produsen asal Australia yang memproduksi madu manuka yang sudah di ekspor ke berbagai negar di dunia dan meyediakan berbagai macam produk madu manuka dari UMF 5+ hingga UMF 20+

  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-madu-manuka/
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/jerawat/madu-untuk-jerawat/