Home » Blog » 16 Akibat Kekurangan Vitamin E Dan Jumlah yang Dibutuhkan Tubuh

16 Akibat Kekurangan Vitamin E Dan Jumlah yang Dibutuhkan Tubuh

akibat kekurangan vitamin e

Berapa Jumlah Vitamin E yang Dibutuhkan Tubuh?

Tahukah sahabat sehat akibat kekurangan vitamin E? Sebelum itu sebaiknya ketahui jumlah vitamin E yang dibutuhkan tubuh.

Sahabat sehat jumlah vitamin E yang Anda butuhkan setiap hari bergantung pada usia saat ini. Hal ini membuat jumlah kebutuhan setiap orang berbeda beda. Berikit ini jumlah rata-rata harian yang direkomendasikan tercantum di bawah ini dalam miligram (mg).

  • Lahir sampai 6 bulan 4 mg
  • Bayi 7-12 bulan 5 mg
  • Anak 1-3 tahun 6 mg
  • Anak-anak 4-8 tahun 7 mg
  • Anak-anak 9-13 tahun 11 mg
  • Remaja 14–18 tahun 15 mg
  • Dewasa 15 mg
  • Wanita hamil 15 mg
  • Menyusui dan wanita 19 mg

DAPATKAN SUMBER VITAMIN E DI SESA.ID

Apa Akibat Kekurangan Vitamin E?

Kekurangan vitamin E hampir selalu dikaitkan dengan penyakit tertentu di mana lemak tidak dicerna atau diserap dengan baik.Vitamin E membutuhkan beberapa lemak untuk diserap oleh sistem pencernaan.

  1. Contohnya penyakit Crohn
  2. Penyakit cystic fibrosis
  3. Penyakit genetik langka tertentu seperti abetali poproteinemia dan ataksia dengan defisiensi vitamin E (AVED). 
  4. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan Kerusakan saraf
  5. Juga dapat menyebabkan kerusakan otot
  6. Karena kerusakan ini mengakibatkan hilangnya rasa pada lengan dan kaki
  7. Kehilangan kontrol gerakan tubuh
  8. Otot Jadi lemah
  9. Gangguan atau masalah penglihatan
  10. Melemahnya sistem kekebalan tubuh
  11. Dapat terancam anemia
  12. Bisa mengalami stres oksidasi
  13. Kulit jadi mudah kering
  14. Kerontokan pada rambut
  15. Terganggunya kesehatan reproduski
  16. Kekurangan vitamin E pada anak bisa mengakibatkan asterosklerosis

Apa Saja Efek Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh?

Diatas adalah ancaman yang mungkin akan dirasakan bagi sahabat sehat yang kekurangan vitamin E. Namun tidak saja itu vitamin E atau nutrisi yang larut dalam lemak ini juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kanker

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa vitamin E tidak membantu mencegah kanker dan mungkin berbahaya dalam beberapa kasus. 

Dosis besar vitamin E tidak secara konsisten mengurangi risiko kanker usus besar dan payudara dalam penelitian, misalnya. Sebuah penelitian besar menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E (180 mg/hari [400 IU]) selama beberapa tahun meningkatkan risiko terkena kanker prostat pada pria. 

Dua penelitian yang mengikuti pria dan wanita paruh baya selama 7 tahun atau lebih menemukan bahwa vitamin E ekstra (rata-rata 201−268 mg/hari [300-400 IU]) tidak melindungi mereka dari segala bentuk kanker. 

Namun, satu penelitian menemukan hubungan antara penggunaan suplemen vitamin E selama 10 tahun atau lebih dan risiko kematian akibat kanker kandung kemih yang lebih rendah .

Suplemen makanan vitamin E dan antioksidan lain mungkin berinteraksi dengan kemoterapi dan terapi radiasi . Orang yang menjalani perawatan ini harus berbicara dengan dokter atau ahli onkologi sebelum mengonsumsi vitamin E atau suplemen antioksidan lainnya , terutama dalam dosis tinggi.

now-vitamin-e-400

NOW Vitamin E 400

Gangguan mata

Degenerasi makula terkait usia (AMD), atau hilangnya penglihatan sentral pada orang tua, dan katarak adalah salah satu penyebab paling umum kehilangan penglihatan pada orang tua. 

Hasil penelitian tentang apakah vitamin E dapat membantu mencegah kondisi ini tidak konsisten. Di antara orang-orang dengan AMD yang berisiko tinggi mengembangkan AMD lanjut.

Suplemen yang mengandung vitamin E dosis besar yang dikombinasikan dengan antioksidan lain, seng, dan tembaga menunjukkan harapan untuk memperlambat tingkat kehilangan penglihatan.

Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menghubungkan asupan vitamin E yang lebih tinggi dari suplemen dengan kemungkinan lebih rendah terkena penyakit jantung koroner . Tetapi penelitian terbaik tidak menemukan manfaat. 

Orang-orang dalam studi ini secara acak ditugaskan untuk mengonsumsi vitamin E atau plasebo (pil tiruan tanpa vitamin E atau bahan aktif ) dan mereka tidak tahu yang mana yang mereka pakai. 

Suplemen vitamin E tampaknya tidak mencegah penyakit jantung, mengurangi keparahannya, atau memengaruhi risiko kematian akibat penyakit ini. 

Para ilmuwan tidak tahu apakah asupan tinggi vitamin E dapat melindungi jantung pada orang yang lebih muda dan lebih sehat yang tidak memiliki risiko tinggi penyakit jantung.

Fungsi Mental

Beberapa penelitian telah menyelidiki apakah suplemen vitamin E dapat membantu orang dewasa yang lebih tua tetap waspada dan aktif secara mental serta mencegah atau memperlambat penurunan fungsi mental dan penyakit Alzheimer . 

Sejauh ini, penelitian memberikan sedikit bukti bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E dapat membantu orang sehat atau orang dengan masalah fungsi mental ringan untuk menjaga kesehatan otak.

https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminE-Consumer/#:~:text=Vitamin%20E%20deficiency%20can%20cause,is%20a%20weakened%20immune%20system.

https://halosehat.com/gizi-nutrisi/vitamin/akibat-kekurangan-vitamin-e

Sumber Gambar:

pexels.com

sesa.id