fbpx
Skip to content
Home » Blog » Ini Dia 20 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Ini Dia 20 Makanan yang Mengandung Vitamin D

makanan yang mengandung vitamain D

Bagaimana kabar Sahabat Sehat? Kondisi pandemi yang belum membaik mengharuskan kita untuk tetap menjaga daya tahan tubuh ya! Salah satu vitamin yang memberikan manfaat meningkatkan imunitas tubuh adalah vitamin D. Berikut makanan yang mengandung vitamin D yang bantu lengkapi kebutuhan vitamin harian sahabat sehat.

Vitamin D berperan dalam pencegahan dan/atau pengobatan pasien covid-19 karena dapat memodulasi respons imun terhadap virus. Selain dari paparan sinar matahari, vitamin D juga bisa Sahabat Sehat per oleh dari sejumlah bahan makanan. Yuk eksplor menu olahan makanan kaya Vitamin D yang bisa Sahabat Sehat coba di rumah!

Ide Olahan Makanan yang Mengandung Vitamin D

Ikan Salmon

1. Bakso Ikan Salmon

Sahabat Sehat bisa mencoba resep bakso ikan salmon, selain enak tentunya resep ini kaya akan vitamin D3. Caranya cukup mudah dan simpel, Sahabat Sehat hanya perlu menyiapkan ikan salmon fillet tanpa kulit, telur dan bumbu (garam, lada, bawang bombai, bawang putih, daun bawang).

Haluskan salmon bersama bumbu yang telah disiapkan lalu campurkan adonan tersebut dalam wadah kemudian beri telur.

Aduk rata dan bentuk adonan seperti bola pingpong. Setelah itu Sahabat Sehat dapat mengolahnya menjadi bakso panggang (panggang adonan dalam oven selama 30 menit di suhu 180 C) atau bakso kuah (rebus adonan hingga matang) sesuai selera!

DAPATKAN IKAN SALMON SEGAR DI SESA.ID

2. Salmon Sambal Matah

Wah apakah Sahabat Sehat pecinta sambal matah? Paduan daging salmon yang lembut ditambah dengan sambal matah yang segar sudah pasti menggugah selera! Cara membuatnya mudah.

Pertama masukkan salmon beserta  bawang merah, bunga kecombrang, daun jeruk, cabai serta perasan jeruk nipis ke dalam mangkuk kemudian kukus. Salmon yang enak dan segar siap dinikmati!

bone & belly salmon makanan yang mengandung vitamin D

Ikan Salmon Segar

3. Salmon En Croute

Selain bisa disantap sebagai lauk, salmon juga bisa dikreasikan menjadi camilan super lezat. Untuk membuatnya pertama Sahabat Sehat perlu menumis bawang putih dan bombai kemudian masukan yoghurt plain dan bayam.

Setelah tumisan siap, tata kulit pastry kemudian salmon diatasnya dan tumis bayang dipaling atas. Bungkus rapi pastry kemudian beri olesan kuning telur. Panggang dalam oven selama 15 menit di suhu 180 C.

Ikan Tuna Makanan yang Mengandung Vitamin D

4. Tuna Kemangi

Mengolah resep ini tidak sulit. Sahabat Sehat cukup menumis bumbu halus cabai merah, bawang merah dan putih. Kemudian tambahkan bawang bombai, sereh, daun salam dan daun jeruk hingga harum. Masukan tuna dan masak hingga matang. Terakhir masukkan daun kemangi. Tuna Kemangi yang aromatik siap disantap!

Ikan Tuna Frozen

Ikan Tuna Frozen

5. Nasi Bakar Tuna

Jika bosan dengan isian nasi bakar, Sahabat Sehat bisa coba menggantinya dengan tuna. Cara membuatnya sama seperti membuat nasi bakar pada umumnya. Sahabat sehat cukup mengganti isian ayam/jamur yang biasa dengan tuna yang sebelumnya sudah dikukus. Selain lezat, hidangan ini juga dapat membantu pemenuhan vitamin D Sahabat Sehat!

6. Tuna Curry Puff

Buat Sahabat Sehat yang suka pastry yuk coba resep ini. Caranya simpel dan praktis. Tumis bawang putih dan bombai kemudian masukan tuna, bumbu kari dan sedikit air. Tambahkan parsley secukupnya dan masak hingga air menyusut.

Setelah itu Sahabat Sehat bisa masukan isian tersebut ke puff pastry dan panggang selama 20 menit dalam suhu 200 C. Camilan sehat siap disantap!

Ikan Sarden Makanan yang Mengandung Vitamin D

7. Sarden Katsu

Bosan dengan hidangan tumis sarden? Sahabat Sehat bisa mencoba resep Sarden Katsu. Selain enak resep ini juga mudah dibuat loh. Pertama siapkan sarden yang sudah dibumbui, pipihkan sarden. Lalu celupkan ke dalam telur dan gulingkan pada tepung panir hingga merata.

Goreng sarden dalam minyak panas hingga kecokelatan. Sarden Katsu bisa Sahabat sehat sajikan dengan saus dan mayones.

8. Sambal Ijo Kemangi Sarden

Bagi Sahabat Sehat pecinta pedas wajib mencoba resep ini! Pertama goreng sarden yang telah dilumuri tepung kering. Setelah itu siapkan sambal ijo (cabai hijau, cabe rawit, bawang merah dan putih yang telah dihaluskan).

Tumis sambal ijo kemudian masukan bawang bombai dan tomat hijau. Setelah layu masukan sarden goreng. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu. Terakhir masukan kemangi.

9. Tom Yum Sarden

Siapa disini Sahabat Sehat pecinta Tom Yum? Rasanya yang gurih, asam, segar dan pedas sangat menggugah selera. Sahabat Sehat bisa mengkreasikan Tom Yum dengan Sarden loh. Caranya rebus sereh, lengkuas, daun jeruk dan sarden.

Kemudian tambahkan bawang bombai, kecap ikan, garam dan gula. Lalu Sahabat Sehat dapat menambahkan perasan jeruk nipis dan cabai agar lebih segar. Tom Yum Sarden siap dinikmati!

Jamur Makanan yang Mengandung Vitamin D

10. Sup Krim Jamur

Untuk Sahabat Sehat yang vegan resep ini cocok untuk dicoba. Pertama tumis bawang putih dan bombai hingga harum. Kemudian masukan air dan jamur, masak hingga mendidih. Sahabat Sehat dapat menambahkan sayuran seperti jagung dan wortel.

Tambahkan parutan jahe dan bumbui (lada dan garam). Setelah matang masukan larutan maizena. Masak sebentar lagi dan sup krim jamur siap disantap!

Jamur makanan yang mengandung vitmamin D

Jamur Makanan Mengandung Vitamin D

11. Tahu Kukus Jamur Shitake

Ide resep ini bisa Sahabat Sehat coba untuk keluarga di rumah. Cara membuatnya pertama kerok bagian tengah tahu, masukan jamur, putih telur, tepung tapioka daun bawang, seledri dan bawang putih setelah itu lumuri tahu dengan saus (bawang putih cincang, saus tiram, minyak wijen, lada, garam dan air) kemudian kukus.

12. Sate Jamur Shitake

Sahabat Sehat sudah pernah dengar sate jamur? Meskipun terdengar asing olahan ini sangat praktis, lezat dan bergizi loh. Langkah pertama untuk membuatnya adalah marinasi sate jamur dengan saus tiram, kecap asin dan minyak zaitun. Kemudian panggang sate dalam oven selama 20 menit dengan suhu 180 C.

Hati Sapi Makanan yang Mengandung Vitamin D

13. Sate Hati Sapi

Membuat sate hati sapi bisa Sahabat Sehat coba di rumah loh. Caranya pertama Sahabat Sehat perlu membuat bumbu marinasi (bawang putih, merica, garam, daun jeruk, gula merah dan kecap manis). Kemudian olesi potongan hati sapi dengan bumbu tersebut.

Setelah meresap bakar sate (bisa menggunakan arang atau teflon). Oleskan kembali bumbu marinasi. Sate hati sapi bisa disajikan dengan bumbu kecap agar lebih enak.

14. Hati Sapi Lada Hitam

Sajian simpel ini bisa menjadi referensi Sahabat Sehat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Pertama rebus terlebih dahulu hati sapi dengan daun salam, daun jeruk dan bawang putih goreng. Nah kemudian siapkan saus lada hitamnya ya.

Caranya tumis bawang bombai, saus tiram, kecap ikan, lada hitam dan garam setelah harum masukan hati sapi. Sahabat Sehat bisa menambahkan cabai merah jika menyukai pedas ya.

Hati Sapi Grass Fed

Hati Sapi Grass Fed

15. Hati Sapi Bumbu Bali

Agar tidak bosan, hati sapi bisa Sahabat Sehat kreasikan bumbunya, salah satunya dengan bumbu bali. Cara mengolahnya rebus hati sapi selama 10 menit.

Tumis bumbu halus (bawang merah, putih, kemiri, paprika, kunyit, jahe dan lengkuas), daun salam, daun jeruk dan serai. Masukan rebusan hati dan air kaldu. Masak hingga mendidih. Hati sapi bumbu bali siap disajikan!

Kerang Makanan yang Mengandung Vitamin D

16. Kerang Saus Tiram

Kerang bisa menjadi salah satu solusi pemenuhan vitamin D. Sahabat Sehat bisa mencoba resep kerang saus tiram sebagai referensi. Caranya sangat mudah. Tumis bawang bombai, daun salam, daun jeruk dan jahe. Setelah harum masukan kerang dan saus tiram. Masak hingga bumbu meresap sempurna.

Kerang Batik

Kerang Batik

17. Kerang Bumbu Mentega

Sajian simpel ini bisa Sahabat Sehat coba di rumah dengan bahan yang mudah di temukan. Cara membuatnya pertama jangan lupa untuk membersihkan cangkang kerang hingga bersih lalu rebus. Panaskan mentega dan tumis bawang bombai hingga harum. Masukan kerang. Bumbui sesuai selera.

Ikan Haring 

18. Salad Ikan Haring

Menu salad menjadi favorit bagi orang yang sedang menjalankan diet. Salah satu ide resep salad adalah memadukannya dengan ikan haring. Cara membuatnya pertama iris ikan haring segar, pickles dan bawang. Tambahkan potogan apel dan bit. Aduk semua bahan lalu tambahkan yoghurt dan mayonnaise. Hias dengan selada atau timun.

Susu Kedelai dan Oat 

19. Overnight Oat

Beberapa produk susu kedelai maupun oat telah difortifikasi oleh vitamin D. Untuk memastikan kandungannya Sahabat Sehat bisa cek label kemasan terlebih dahulu ya! Salah satu sajian yang bisa Sahabat Sehat coba adalah Overnight Oat.

Cara membuatnya pertama tuangkan susu kedelai ke dalam oat. Sahabat Sehat bisa menambahkan chia seed, madu atau yoghurt. Biarkan semalaman. Pagi harinya Sahabat Sehat bisa langsung mengonsumsi sebagai sarapan.

Kuning Telur dan Keju 

20. Telur Gulung Keju

Telur dan keju sama-sama dapat menyumbangkan vitamin D. Kombinasi keduanya dapat memberikan hidangan yang lezat. Salah satu resep yang mudah dibuat adalah telur gulung keju. Pertama panaskan teflon anti lengket, dadar telur kemudian tuangkan ke teflon tipis-tipis.

Taburkan keju di atasnya. Gulung telur hingga adonan telur habis. Cocolan saus dan mayones dapat menambah kelezatan sajian ini!

Jika bingung memilih bahan makanan sehat dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Sahabat Sehat bisa memilih suplemen vitamin D3 untuk memenuhi kebutuhan vitamin D3 harian.

banner web vitamin d3

  • Cookpad

Sumber gambar:

pixabay.com

sesa.id