Home » Blog » Bayi dan Ibu Makin Sehat, ini 7 ASI Booster yang Bagus dan Kaya Nutrisi

Bayi dan Ibu Makin Sehat, ini 7 ASI Booster yang Bagus dan Kaya Nutrisi

ASI booster yang bagus

Kebutuhan asupan makanan dan nutrisi ibu menyusui lebih banyak dibanding biasanya. Sebab, ibu menyusui juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi melalui ASI yang berkualitas. Sahabat sehat dapat menjaga kualitas ASI salah satunya dengan mengonsumsi ASI booster yang bagus

ASI booster adalah bahan makanan kaya nutrisi ibu dan bayi. ASI Booster berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI dan memberi manfaat untuk kesehatan ibu dan perkembangan bayi. Mari simak apa saja ASI booster yang bagus dan kaya nutrisi!

Daun katuk

Manfaat daun katuk sebagai ASI booster yang bagus sudah dipercaya sejak dahulu. Bukan hanya mitos saja, namun dalam penelitian kesehatan daun katuk mengandung nutrisi penting untuk ibu menyusui. Daun katuk kaya serat hingga 20% disetiap takaran penyajian. 

Daun katuk juga mengandung vitamin A, B, C, K, antioksidan, kalsium, zat besi, asam folat dan fosfor. Vitamin dan asam folat pada daun katuk yang berperan dalam meningkatkan jumlah produksi ASI dan meningkatkan kualitas ASI.  

Oatmeal

Oatmeal cocok dikonsumsi ibu menyusui sebagai ASI booster yang bagus. Oatmeal kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan produksi ASI dan menjaga energi ibu menyusui agar tetap bugar sepanjang hari. Ibu menyusui bisa mengonsumsi smoothie atau salad buah dengan tambahan oatmeal. Ada juga olahan oatmeal dalam bentuk cookies yang lezat sebagai camilan sehat sehari-hari. 

Pepaya

Pepaya adalah buah-buahan kaya vitamin dan dapat menjadi ASI booster yang bagus. Pepaya mengandung antioksidan tinggi, vitamin A, B dan C yang berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu enzim papain dalam pepaya bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan asam folat pada buah pepaya cukup tinggi penting untuk meningkatkan kualitas ASI. 

Bayam

Ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi sayuran hijau lebih banyak karena bisa membantu produksi ASI yang lebih berkualitas. Bayam dijuluki sebagai superfood karena kandungan nutrisinya sangat lengkap. Bayam punya kandungan vitamin, A, B2, B6, E, C dan K yang tinggi.

Asam folat, kalsium, zat besi dan serat yang tinggi membantu proses produksi ASI yang baik sehingga ibu dan bayi selalu sehat.  

Buah bit

Buah bit merupakan ASI booster yang bagus. Buah bit disarankan dikonsumsi setelah melahirkan untuk mencegah risiko anemia karena efektif meningkatkan kadar hemoglobin darah.

Kandungan asam folat pada buah bit sangat tinggi yang berguna dalam menunjang tumbuh kembang bayi dan menambah energi ibu menyusui. Buah bit bisa diolah menjadi jus atau smoothie yang lezat untuk menambah produksi ASI. 

Salmon

Salmon adalah ASI booster yang bagus  dari sumber hewani. Daging sangat tinggi protein dan asam lemak esensial omega 3 yang berguna dalam membantu perkembangan otak dan jantung bayi. Sehingga, ASI yang diproduksi lebih sehat dan kaya nutrisi. 

Vitamin B12 dan kalium pada salmon mencegah ibu menyusui mengalami anemia. Vitamin D pada salmon untuk menjaga kesehatan tulang dan pembentukan energi ibu menyusui. 

Selain asupan makanan sebagai ASI booster yang bagus, ibu menyusui juga perlu menjaga pola hidup sehat.

Menjaga pola makan teratur, jam istirahat yang cukup, hindari pemicu stres adalah kunci untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Sahabat sehat, tidak perlu bingung mencari makanan, susu atau suplemen ibu menyusui. Kini, bisa lebih mudah ditemukan di Sesa sebagai tempat belanja online yang praktis.

Sesa menyediakan berbagai perlengkapan untuk ibu hamil dan menyusui yang bisa dibeli online.

 

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels