Home » Blog » 7 Tips Hasilkan ASI Banyak dan Kental Bagi Ibu Menyusui

7 Tips Hasilkan ASI Banyak dan Kental Bagi Ibu Menyusui

asi banyak dan kental

Volume ASI yang tidak menentu membuat sebagian ibu menjadi khawatir pemenuhan nutrisi buah hati terhambat. Ternyata, komposisi ASI tidak selalu sama dikarenakan respons biologis bayi berubah seiring kebutuhannya. Perihal konsistensi, ASI foremilk atau yang keluar lebih dahulu memiliki tekstur lebih encer dibandingkan ASI hindmilk atau keluar belakangan pada saat menyusui.

Bayi umumnya akan lebih banyak minum ASI encer atau foremilk, susu encer membuat bayi lebih cepat merasa lapar dan gelisah di malam hari. Kondisi tersebut membuat ibu menyusui khawatir dan menginginkan konsistensi ASI banyak dan kental.

Cara Menghasilkan ASI Banyak dan Kental

Menghasilkan ASI berkualitas menjadi hal mudah bila Sahabat sehat memperhatikan faktor berikut:

Terhidrasi Sempurna

Ibu menyusui wajib menjaga cairan tubuh dengan mengonsumsi banyak air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Mengapa demikian? kekurangan cairan tubuh menyebabkan produksi ASI menurun, tentunya bayi akan kesulitan mendapatkan nutrisi, selain itu bayi lebih cepat gelisah dan menangis.

Selain air putih, Sahabat sehat bisa mengonsumsi buah kaya kandungan air seperti semangka dan jambu air untuk menjaga tubuh terhidrasi sempurna selama masa menyusui.

Konsumsi Makanan Utuh Bernutrisi

Makanan menjadi sumber utama nutrisi bagi ibu dan buah hati, pastikan mengonsumsi makanan utuh seperti karbohidrat, protein, sayur dan buah. Nutrisi dari makanan utuh meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh dibandingkan makanan siap saji.

Konsumsi Suplemen atau Vitamin

Suplemen atau multivitamin menjadi penunjang ibu menyusui untuk mendapatkan konsistensi ASI yang baik. Konsumsi kalsium, asam folat, zat besi dan vitamin D dapat memberikan manfaat kesehatan bagi perkembangan bayi lewat ASI.

Sering Menyusui

Ternyata, semakin sering Sahabat sehat menyusui bayi, produksi ASI semakin meningkat. Terbukti dengan konsistensi ASI yang diberikan antara ibu yang jarang dan sering menyusui. Konsistensi ASI ibu sering menyusui lebih kental dan banyak, karena ASI hindmilk sering keluar di awal sesi menyusui.

Mengosongkan Payudara Ketika Menyusui

Cara lain untuk menghasilkan ASI yang banyak dan kental adalah menggunakan teknik mengosongkan payudara. Biarkan bayi menghabiskan ASI pada salah satu payudara, jika masih terlihat lapar berikan payudara sisi lainnya.

Teknik tersebut terbukti, saat payudara kosong, tubuh mengirimkan sinyal untuk memproduksi ASI kembali. Bayi juga mendapatkan manfaat dari teknik tersebut yakni ASI foremilk dan hindmilk bersamaan.

Memijat Payudara

Tekanan dan pijatan memberikan dorongan ASI untuk keluar lebih banyak, bagian ASI berlemak hindmilk dapat bergerak menuju puting susu sehingga mempermudah bayi menghisap.

Konsumsi Sumber Makanan Penambah Produksi ASI

Masalah lain dari kualitas ASI ibu menyusui adalah berasal dari makanan. Tubuh bekerja merespon makanan untuk selanjutnya memberikan efek. Ibu menyusui harus memperhatikan asupan makan yang masuk ke dalam tubuh, karena nantinya juga terserap dalam tubuh bayi lewat ASI.

Ada banyak jenis makanan penunjang kualitas ASI banyak dan kental, diantaranya daun katuk, daun kemangi, bayam, gandum, biji atau daun fenugreek, jambu biji, pepaya setengah matang, beras merah, kacang hijau dan kacang almond.

Seiring berkembangnya zaman, kini banyak cara untuk menikmati makanan penunjang kualitas ASI banyak dan kental. Produk seperti susu almond, oatmeal hingga obat herbal, jika Sahabat sehat membutuhkan produk serupa dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik. Yuk, kunjungi laman ini dan dapatkan produk tepat untuk ibu menyusui.

Referensi : SehatQ