Home » Blog » Astaxanthin adalah Suplemen yang Mempunyai Banyak Manfaat, Selengkapnya

Astaxanthin adalah Suplemen yang Mempunyai Banyak Manfaat, Selengkapnya

Menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. Karena sehat itu mahal dan sangat berharga, banyak orang rela mengeluarkan hartanya demi mendapatkan kesehatan. Untuk menjaga kesehatan yang sudah dimiliki, mengonsumsi suplemen astaxanthin adalah salah satu cara yang sangat direkomendasikan.

Namun tetap terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak mengonsumsi suplemen. Karena suplemen sendiri memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, tentunya dalam kadar atau dosis tertentu. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengenali suplemen yang hendak dikonsumsi secara mendetail.

Penasaran dengan pembahasan terkait astaxanthin secara lengkap mulai dari pengertian, manfaat, dosis, sampai efek samping yang dimilikinya? Sahabat Sehat bisa Menyimak ulasan berikut ini sampai selesai.

DAPATKAN PRODUK ASTAXANTHIN DI SESA.ID

Astaxanthin Adalah

Pada dasarnya astaxanthin termasuk sejenis antioksidan yang dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata, jantung, dan kulit. Serta astaxanthin memiliki khasiat untuk meredakan peradangan.

Tidak hanya itu, manfaat astaxanthin bagi tubuh yang lain adalah meningkatkan sistem imun tubuh sehingga lebih aman dari kemungkinan penyakit.

Astaxanthin secara alami dapat ditemukan di makanan-makanan yang memiliki warna merah muda. Karena astaxanthin merupakan salah satu karotenoid yang menyebabkan warna makanan menjadi merah muda. Beberapa makanan yang mengandung astaxanthin alami adalah alga, udang, lobster, dan salmon.

Karena astaxanthin merupakan salah satu antioksidan, cara kerjanya adalah dengan mengurangi oksidasi. Hal ini dipercaya dapat bermanfaat dalam beberapa kondisi.

Kondisi-kondisi yang akan sangat terbantu ketika mendapat asupan astaxanthin antara lain degenerasi makula, kulit keriput, , nyeri otot, bahkan rusaknya kulit karena sinar ultraviolet.

Astaxanthin 4 Mg NOW

Astaxanthin 4 Mg NOW

Manfaat Astaxanthin untuk kesehatan

Melawan Radikal Bebas

Manfaat yang bisa langsung anda rasakan ketika mengonsumsi astaxanthin adalah penangkalan radikal bebas yang bisa mengurangi kebugaran anda. Hal ini sudah umum dalam fungsi utama dari Antioksidan. Astaxanthin selaku salah satu antioksidan juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, bahkan menurunkan stres pada perokok.

Lebih jauh lagi, di dalam beberapa penelitian, sifat antioksidan yang dimiliki astaxanthin menunjukkan hasil bahwa manfaat astaxanthin yang paling ampuh adalah membantu mengobati berbagai jenis kanker.

Hal ini didapatkan dari manfaat jangka panjang astaxanthin, mulai dari pengobatan sel kanker sampai memperlambat pertumbuhan selnya.

Mengobati Permasalahan Kulit

Kulit adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain. Oleh karena itu permasalahan pada kulit utamanya pada area-area yang terbuka seperti wajah sering membuat orang menjadi insecure. Beruntungnya manfaat astaxanthin adalah untuk mengobati permasalahan ini.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, kombinasi perawatan menggunakan astaxanthin secara oles dan oral membantu mengurangi keriput, garis-garis halus, bintik-bintik tanda penuaan, bahkan membantu menjaga kelembapan kulit di tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Selanjutnya Manfaat dari astaxanthin meningkatkan kesuburan untuk kaum adam. Hal ini didasarkan pada penelitian di tahun 2005. Namun perlu menjadi catatan bahwa penelitian ini masih perlu penelitian lanjutan karena masih dilakukan dalam skala kecil yaitu hanya berjumlah 30 pria yang diketahui tidak subur.

Meredakan Nyeri Sendi

Konsumsi Suplemen astaxanthin bisa dilakukan oleh semua usia. Dengan adanya pandemi dan kegiatan yang serba online, muncul pemuda-pemuda jompo yang mengalami permasalahan nyeri sendi karena tidak bergerak selama seharian, karena harus menatap layar gadgetnya.

Oleh karena itu mengonsumsi suplemen astaxanthin menjadi adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri sendi yang dirasakan.

Terutama apabila masih berusia muda, suplemen ini bisa dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak sehingga bisa mendapatkan khasiat yang lebih dari mengonsumsinya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung sendiri adalah organ yang sangat penting untuk manusia. Astaxanthin sebagai salah satu jenis antioksidan memiliki manfaat yang signifikan untuk menjaga kesehatan jantung, terutama untuk para penderita hipertensi atau darah tinggi. Pasalnya antioksidan ini mampu meningkatkan kadar elastin dan tebalnya dinding arteri.

Jika ditanya apa manfaat astaxanthin untuk jantung selain meningkatkan kadar elastin dan menebalkan dinding arteri, astaxanthin juga memiliki khasiat untuk mencegah kolesterol.

Hal ini diketahui berdasarkan riset yang dilakukan oleh salah seorang ilmuan untuk mengetahui manfaat lebih lanjut dari astaxanthin.

Efek Samping astaxanthin Adalah

Segala sesuatu pasti memiliki kadarnya sendiri-sendiri. Bahkan sebuah obat dapat menjadi racun apabila dikonsumsi dalam dosis yang tidak tepat. Oleh karena itu, suplemen astaxanthin bukanlah pengecualian. Salah mengonsumsi suplemen ini dapat menimbulkan beberapa permasalahan.

Memang sejauh ini tidak pernah ada laporan tentang efek samping astaxanthin yang sampai membahayakan nyawa. Namun terlalu banyak mengonsumsi astaxanthin dapat utamanya dapat menyebabkan sakit perut dan feses yang berubah warna menjadi merah. Karena itu ikuti saran dan resep dokter dalam mengonsumsi suplemen astaxanthin.

Dosis dalam Mengonsumsi Astaxanthin

Dosis yang disarankan untuk mengonsumsi suplemen astaxanthin adalah tidak lebih dari 48 mg per hari. Namun hal ini perlu anda konsultasikan lagi dengan tenaga medis atau dokter yang anda kenal, sehingga anda memiliki bayangan tepatnya seberapa banyak astaxanthin yang bisa anda konsumsi.

Jika anda hendak mengonsumsi suplemen astaxanthin dan dikombinasikan dengan obat lain, ada baiknya anda mengonsultasikannya dengan dokter.

Karena meskipun sejauh ini belum ada permasalahan yang muncul karena kombinasi antara astaxanthin, tetapi tindakan pencegahan dengan cara konsultasi tetap perlu dilakukan.

Anda juga perlu memperhatikan cara penyimpanan suplemen ini. Karena jika penyimpanan dilakukan di suhu yang tidak sesuai, efektivitas suplemen astaxanthin bisa jadi malah menurun, dan anda tidak mendapatkan khasiat maksimal dari mengonsumsinya. Karena astaxanthin adalah antioksidan yang perlu dijaga.