Home » Blog » Yuk Kenalan Dengan Diet Air Putih dan Cara Diet Air Putih yang Benar di Artikel Ini!

Yuk Kenalan Dengan Diet Air Putih dan Cara Diet Air Putih yang Benar di Artikel Ini!

cara diet air putih yang benar

Cara diet air putih yang benar banyak dicari masyarakat sejak beberapa tahun terakhir. Meskipun terbukti ampuh dan terlihat sederhana, nyatanya diet air putih sangat sulit untuk dilakukan. Penjelasan lebih lanjut mengenai diet air putih akan dipaparkan pada artikel di bawah ini:

Pengertian Diet Air Putih

Berkat popularitasnya, Sahabat Sehat pasti sudah sering mendengar diet air putih. Namun, apakah Sahabat Sehat benar-benar mengetahui apa itu diet air putih?

Seperti namanya, diet air putih atau yang biasa disebut water fasting hanya memperbolehkan Sahabat Sehat untuk mengonsumsi air putih. Jadi, selama diet ini berlangsung, Sahabat Sehat tidak boleh mengonsumsi minuman atau makanan apapun, selain air putih.

Diet ini memang cukup ekstrim. Selama menjalani diet air putih, tubuh tidak akan mendapat asupan kalori karena air putih memiliki 0 kalori. Hanya dalam waktu beberapa hari saja, berat badan pasti akan turun drastis.

Cara Diet Air Putih

Karena tergolong cukup ekstrim, sebaiknya Sahabat Sehat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum menjalani diet ini. Diet air putih memang harus dijalani dengan hati-hati agar tidak menyebabkan efek samping yang fatal.

Untuk itu, Sahabat Sehat dapat menyimak beberapa cara diet air putih yang benar dan aman berikut ini:

  1. Bila Sahabat Sehat baru pertama kali mencoba diet air putih, sebaiknya berlatihlah terlebih dahulu. Sahabat Sehat bisa berlatih dengan cara mengurangi porsi makan selama 4 hari sebelum diet air putih dimulai.
  2. Sebaiknya, lakukan diet air putih dalam periode waktu 1 sampai 3 hari.
  3. Ketika menjalani diet air putih, Sahabat Sehat harus minum air putih sekitar 2 sampai 3 liter per hari.
  4. Hindari kegiatan mengemudi atau mengoperasikan alat berat karena diet ini dapat membuat tubuh menjadi pusing dan lemas.
  5. Jangan berolahraga selama diet air putih berlangsung.
  6. Jika diet air putih sudah selesai, jangan mengkonsumsi makanan dalam porsi besar secara langsung. Tingkatkan porsinya dengan cara bertahap selama 1 sampai 3 hari.

Manfaat Diet Air Putih

Sahabat Sehat pasti tau jika diet air putih mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Perlu diingat, penurunan berat badan yang terjadi diakibatkan karena berkurangnya cadangan karbohidrat dan air, bukan lemak. Sementara itu, pemecahan lemak baru akan dimulai pada hari kedua diet air putih.

Selain menurunkan berat badan, ternyata diet air putih juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh manusia. Ingin tahu apa saja? Simak daftarnya dibawah ini:

  1. Membantu menurunkan tekanan darah.
  2. Mengurangi rileks dan meminimalisir resiko stres.
  3. Meremajakan kulit dan tubuh secara keseluruhan.
  4. Meminimalisir resiko penyakit kronis, mulai dari kanker, diabetes, atau penyakit jantung.

Larangan Diet Air Putih

Selain mengetahui cara diet air putih yang benar, Sahabat Sehat juga harus memahami bahwa diet ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Menurut beberapa penelitian, diet ini hanya boleh dijalankankan oleh orang-orang yang berusia 18 tahun ke atas dan belum memasuki usia lanjut.

Jadi, anak-anak dan lansia tidak diperbolehkan untuk melakukan diet air putih. Selain itu, beberapa orang dengan kondisi ini juga tidak disarankan untuk menekuni diet air putih:

  1. Gangguan makan
  2. Ibu yang sedang hamil atau menyusui
  3. Mengalami diabetes tipe 1
  4. Sakit kepala atau migrain yang tidak terkendali
  5. Sedang menjalani masa transfusi darah
  6. Memiliki masalah jantung
  7. Kekurangan berat badan
  8. Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu

Bila orang-orang dengan kondisi di atas tetap memaksa untuk menjalani diet air putih, maka berbagai resiko kesehatan akan mengancam nyawanya. Mulai dari dehidrasi, hipotensi, hingga kekurangan nutrisi dapat menjadi efek samping dari diet ini.

Selain mengetahui cara diet air putih yang benar, Sahabat Sehat juga harus pandai memilih merk air yang digunakan. Agar hasil diet lebih optimal, Sahabat Sehat bisa menjadikan Hydra Thera Drinking Water sebagai pilihan terbaik.

Referensi: Hellosehat, Alodoketer

Photo by Daria Shevtsova from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.