Home » Blog » Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin Jenis Ini?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin Jenis Ini?

bolehkah ibu hamil makan ikan asin

Menjaga kesehatan adalah kewajiban semua orang, terlebih lagi bagi para ibu hamil. Jika Sahabat Sehat di sini sedang menjalani masa kehamilan atau pun memiliki seseorang terdekat yang sedang hamil, sebaiknya memperhatikan asupan makanan bagi si ibu hamil dengan lebih seksama. Sahabat Sehat mungkin sempat mempertanyakan bolehkah ibu hamil makan ikan asin?

Sahabat Sehat harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi bagi ibu hamil, terutama makanan yang berbahan dasar ikan segar. Berikut ini beberapa hal yang Sahabat Sehat perlu perhatikan mengenai asupan ikan asin bagi para ibu hamil.

DAPATKAN IKAN ASIN DI SESA.ID

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin?

Tak jarang ibu hamil mengalami pantangan makanan selama masa kehamilannya. Sahabat Sehat harus memperhatikan asupan gizi yang didapatkan dari kombinasi makanan dan juga menghindari beberapa kandungan lain yang dinilai bisa memberi dampak buruk bagi tubuh selama hamil.

Sahabat Sehat yang sebelumnya suka mengonsumsi olahan ikan asin mungkin mempertanyakan apa bolehkah ibu hamil makan ikan asin dan pengaruhnya pada kondisi janin.

Ikan asin sendiri adalah bahan makanan yang terbuat dari olahan ikan segar yang diawetkan dengan pemberian garam dalam jumlah banyak. Dengan metode pengawetan ini, maka olahan ikan asin dapat bertahan hingga berbulan-bulan ke depan.

Ikan Billis Asin

Ikan Billis Asin

Asupan garam bagi Sahabat Sehat yang sedang hamil sebaiknya sekitar satu sendok teh dalam sehari. Apabila mengonsumsi garam secara berlebihan membuat tubuh menahan terlalu banyak air. Hal ini bisa menyebabkan ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi dan ini pastinya tidak baik untuk kondisi ibu hamil dan sang janin.

Namun mengonsumsi ikan asin bukan sebuah larangan bagi ibu hamil. Asalkan porsi ikan asin masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Pastikan juga Sahabat Sehat tidak memiliki riwayat alergi jika ingin makan ikan asin selama kehamilan agar kondisi kesehatan Sahabat Sehat tidak memburuk.

Ikan peda putih asin

Ikan peda putih asin

Jenis Ikan Asin yang Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil

Ada banyak jenis ikan asin yang berada di pasaran karena pada dasarnya ikan jenis apa pun bisa diawetkan dengan metode ini. Berikut ini ada 3 jenis ikan asin yang direkomendasikan untuk menjawab pertanyaan Sahabat Sehat tentang bolehkah ibu hamil makan ikan asin. 3 jenis ikan asin ini yang akan mudah didapatkan dan masih bisa dikonsumsi selama masa kehamilan.

  • Jenis ikan asin pertama adalah ikan teri karena menggunakan pengawet yang tidak terlalu banyak. Ikan teri ini pun mudah dikelola dalam menu masakan Indonesia dan sudah umum ditemukan di pasaran.
  • Jenis ikan asin berikutnya yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah ikan asin gabus. Ikan asin jenis ini bagus untuk mengatasi anemia yang sewaktu-waktu mungkin saja dialami oleh Sahabat Sehat ketika hamil.
  • Jenis ikan asin yang juga lumrah ditemui di pasaran adalah ikan asin peda. Ikan asin jenis ini juga masih baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan dalam porsi secukupnya.

Ikan gabus asin

Ikan gabus asin

Kandungan Gizi Ikan Asin Secara Mendetail

Ikan asin yang diawetkan dengan kadar garam yang tinggi ini memiliki beberapa kandungan gizi yang berguna bagi tubuh. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

  • Kalsium dan Fosfor, ikan asin yang tinggi kadar garam tentunya mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk kesehatan gigi dan tulang Sahabat Sehat terutama selama masa kehamilan.
  • Omega 3, kandungan dalam ikan asin yang berguna untuk mencegah penyakit jantung.
  • Zat Besi, mengonsumsi ikan asin faktanya dapat memberi tambahan zat besi bagi para ibu hamil. Kandungan zat besi ini sangat penting untuk mencegah terjadinya anemia atau kekurangan darah.
  • Protein, kandungan lain yang terdapat dalam ikan asin adalah tinggi protein. Guna dari protein ini untuk membentuk antibody pada ibu hamil dan sang janin.

Jadi, jawaban untuk pertanyaan bolehkan ibu hamil makan ikan asin adalah boleh, asal dalam porsi sewajarnya. Ikan asin juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi Sahabat Sehat selama hamil. Untuk mendapatkan ikan asin berkualitas maka Sahabat Sehat bisa mencarinya di Sesa.id.

Dapatkan ikan asin pilihan Sahabat Sehat lewat aplikasi Sesa.id yang dapat diunduh di Playstore maupun AppStore.