Home » Blog » 10 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi Sehat

10 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi Sehat

manfaat yogurt untuk ibu hamil

manfaat yogurt untuk ibu hamil – Ibu hamil perlu asupan nutrisi dan gizi yang baik dan seimbang. Asupan gizi ibu hamil juga akan diserap oleh calon bayi dalam kandungan. Itulah mengapa ketika memasuki masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk lebih cermat memilih asupan makanan. Salah satu pilihan camilan yang lezat, sehat dan aman untuk ibu hamil adalah yogurt. 

Sahabat sehat, ini dia, 10 manfaat yogurt untuk ibu hamil dan calon bayi yang sehat:

1. Mencegah Konstipasi

Manfaat yogurt untuk ibu hamil adalah mencegah konstipasi. Ibu hamil rentan mengalami konstipasi atau sembelit. Probiotik dalam kandungan yogurt sangat berguna untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan ibu hamil. Dengan pencernaan yang sehat, ibu hamil akan terhindar dari konstipasi. 

2. Kaya Nutrisi untuk Janin

Yogurt kaya akan protein, asam folat, kalsium, vitamin D dan omega 3. Nutrisi yang terkandung dalam yogurt berguna untuk proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Ya, selain ibu hamil, janin dalam kandungan pun ikut mendapat manfaat kesehatan dari yogurt

3. Camilan Sehat yang Baik untuk Imunitas

Manfaat yogurt untuk ibu hamil adalah menjaga imunitas tubuh. Biasanya, ibu hamil mudah lapar, tetapi tidak bisa sembarang memilih camilan. Yogurt kaya akan bakteri baik dan vitamin, cocok dijadikan camilan sehat ibu hamil. Selain lezat, imunitas tubuh ikut terjaga.

4. Mengurangi Efek Stres

Ketika hamil, seseorang jadi lebih mudah stres. Salah satu penyebab stres pada ibu hamil adalah perubahan hormonal. Yogurt membawa manfaat sebagai penenang rasa stres pada ibu hamil. Yogurt lebih baik daripada mengonsumsi camilan yang tinggi kandungan gula.

5. Mencegah Gejala Kembung

Manfaat yogurt untuk ibu hamil adalah mencegah kembung. Kembung hingga gastritis menjadi salah satu penyakit pencernaan yang sering menyerang ibu hamil. Yogurt kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan pencernaan, sehingga terhindar dari gejala kembung. 

6. Kaya Kalsium 

Yogurt kaya akan kandungan kalsium yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. Kalsium dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan tulang dan otot ibu hamil. Kalsium juga dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang bayi. 

7. Menjaga Berat Badan Stabil

Meningkatnya berat badan saat hamil sebenarnya wajar saja, tapi jika berlebihan tentu tidak baik. Yogurt bisa menjadi pilihan camilan sehat dan lezat karena rendah lemak.

8. Menjaga Kesehatan Lambung

Makanan terlalu pedas, berlemak dan berminyak kurang disarankan untuk ibu hamil. Makanan tersebut bisa menyebabkan iritasi lambung. Yogurt dapat mencegah iritasi lambung dengan membantu melapisi dinding lambung.

9. Mengurangi Gejala Mual dan Muntah

Merasa mual dan muntah sering terjadi, khususnya pada ibu hamil di trimester pertama. Rasa yogurt yang segar juga kaya vitamin, dapat mengurangi gejala mual dan muntah pada ibu hamil. 

10. Mencegah Risiko Alergi Produk Susu

Ibu hamil yang rutin konsumsi yogurt dapat mencegah janin lahir dengan risiko alergi produk olahan susu. Yogurt terbuat dari susu pasteurisasi dan diolah dengan bahan alami, sehingga sangat aman untuk ibu hamil dan calon bayi.  

 

Manfaat yogurt untuk ibu hamil bisa didapatkan dengan mengonsumsi yogurt secara rutin sejak awal kehamilan. Yogurt bisa dikonsumsi langsung atau dipadukan dengan buah-buahan segar. Selain itu, banyak juga resep sehat menggunakan yogurt untuk ibu hamil yang bisa Sahabat sehat dapatkan di Internet. Dapatkan manfaat yogurt untuk ibu hamil dengan memilih yogurt kualitas terbaik ya, Sahabat sehat!

Referensi : Orami
Photo by Any Lane from Pexels