Home » Blog » Berikut 5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda agar Mendapatkan Anak Laki-Laki

Berikut 5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda agar Mendapatkan Anak Laki-Laki

makanan untuk ibu hamil muda agar mendapatkan anak laki laki

Saat merencanakan kehamilan, pasangan suami-istri biasanya tak hanya memutuskan berapa anak yang ingin dimiliki, tapi juga jenis kelaminnya. Di Indonesia sendiri, banyak pasangan yang ingin punya anak laki-laki sebagai anak pertama, dan Sahabat Sehat barangkali adalah salah satunya. Dan konon, ada beberapa rekomendasi makanan untuk ibu muda agar mendapatkan anak laki-laki.

Sebenarnya, laki-laki atau perempuan sama saja. Yang penting anak tumbuh sehat dan tercukupi nutrisinya sejak dari dalam kandungan lewat asupan pola makanan sehat. Di samping itu, pola asuh orang tua juga berperan besar dalam membentuk karakter anak sejak dini, Sahabat Sesa.

DAPATKAN MAKANAN SEHAT DAN SEGAR UNTUK IBU HAMIL DI SESA.ID

Apakah Makanan untuk Ibu Hamil Muda agar Mendapatkan Anak Laki-Laki Manjur?

Sebenarnya, jenis kelamin anak berkaitan erat dengan proses kimia, tepatnya tipe kromosom sperma dan sel telur wanita. Artinya, makanan untuk ibu muda agar mendapatkan anak laki-laki sebenarnya bisa dibilang merupakan mitos belaka.

Untuk membentuk jenis kelamin bayi laki-laki, dibutuhkan kromosom X dan kromosom Y. Sementara itu, gabungan dua kromosom X akan membentuk jenis kelamin bayi wanita. Di dalam sperma sendiri, terdapat satu kromosom Y atau satu kromosom X. Sedangkan di dalam tiap sel telur, terkandung satu kromosom X.

Ketika proses pembuahan terjadi, sperma yang mengandung kromosom X maupun Y akan bergerak sama cepatnya menuju sel telur. Akan tetapi, seperti yang sudah Sahabat Sehat ketahui hanya akan ada satu sperma yang berhasil menyatu dengan sel telur dan membentuk janin, apapun kromosomnya.

BACA JUGA:

  1. Bolehkah Ibu Hamil Makan Sate? Ketahui 3 Alasan dibaliknya
  2. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil
  3. Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan Otak dan Tubuh

5 Jenis Makanan untuk Ibu Hamil Muda agar Mendapatkan Anak Laki-Laki

Hanya saja, ada beberapa jenis makanan yang diyakini bisa menurunkan kadar keasaman tubuh sehingga tubuh lebih basa dan “ramah” dengan sperma kromosom Y. Inilah jenis-jenis makanan yang kemudian disebut sebagai makanan untuk ibu muda agar mendapatkan anak laki-laki. Kalau begitu, memangnya jenis makananya apa saja, sih?

  1. Sereal untuk sarapan

Dalam penelitian yang dilakukan pada 740 orang ibu hamil dan dipublikasikan di Proceedings of the Royal Society B, ditemukan bahwa para wanita hamil yang mengonsumsi sereal dan makanan tinggi kalium untuk sarapan, dan mengonsumsi kalori lebih banyak per hari, mencatatkan angka kelahiran anak laki-laki.

Angka tersebut dibandingkan dengan jenis kelamin bayi dari kelompok wanita hamil yang sering melewatkan sarapan dan mengonsumi kalori dengan jumlah lebih sedikit.

  1. Buah-buahan yang rasanya asam

Buah-buahan yang asam diyakini bisa memberi efek alkalizing di dalam tubuh, yang kemudian meningkatkan peluang ibu hamil melahirkan bayi laki-laki. Contohnya lemon, anggur, jeruk nipis, dan anggur. Cara konsumsinya pun sangat mudah, misal dengan memakan buahnya secara langsung atau diolah menjadi jus maupun smoothies.

Jeruk Sunkist Valencia

Jeruk Sunkist Valencia

 

  1. Buah mengandung kaya mineral

Di samping buah dengan rasa yang asam, pisang juga jadi salah satu jenis makanan untuk ibu muda agar mendapatkan anak laki-laki. Selain mengandung kalium, pisang juga kaya akan mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi ibu hamil maupun janin di dalam kandungan. Tak hanya itu saja, pisang pun mengandung potasium yang dibutuhkan dalam menjaga sperma pria agar tetap hidup.

Pisang Tanduk

Pisang Tanduk

  1. Makanan kaya akan kalium dan vitamin D

Ada banyak nutrisi yang terkandung di dalam jamur, seperti vitamin B, vitamin D, kalium, dan selenium. Kalium dan vitamin D sendiri direkomendasikan bagi para ibu hamil yang ingin mendapatkan anak laki-laki.

Jamur Shitake Natural

Jamur Shitake Natural

  1. Makanan yang rasanya asin.

Kemudian ada juga makanan dengan rasa asin yang juga diyakini bisa meningkatkan peluang hamil anak laki-laki. Contohnya ham, biskuit asin, keju, dan seafood. 

Hanya saja, batasi jumlah konsumsinya sesuai rekomendasi dokter karena makanan asin tinggi sodium, yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin jika jumlahnya berlebihan.

Pada akhirnya, laki-laki ataupun perempuan sama-sama merupakan buah hati Sahabat Sehat dan pasangan. Daripada hanya terpaku pada daftar makanan untuk ibu hamil muda agar mendapatkan anak laki-laki di atas, jauh lebih baik jika memberikan asupan nutrisi yang cukup melalui makanan organik sehat.

Yang bisa Sahabat Sehat dapatkan melalui sesa.id. Download aplikasinya di Playstore atau App Store dan belanja makanan sehat langsung dari rumah sekarang juga!

  1. https://www.liputan6.com/health/read/582154/5-jenis-makanan-agar-ibu-hamil-lahirkan-anak-laki-laki
  2. https://www.halodoc.com/artikel/5-jenis-makanan-agar-bisa-hamil-anak-laki-laki