fbpx
Skip to content
Home » Blog » Inilah 6 Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil Berdasarkan Jenisnya

Inilah 6 Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil Berdasarkan Jenisnya

buah penambah darah untuk ibu hamil (1)

Buah penambah darah untuk ibu hamil dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi anemia pada saat kehamilan. Perubahan dalam tubuh pada saat wanita sedang hamil pasti akan berpengaruh juga pada kondisi kesehatan.

Setiap kondisi pada ibu hamil pasti berbeda-beda, salah satu yang sering dialami adalah anemia. Gejala ini biasanya dikarenakan seorang wanita hamil pastinya membutuhkan pasokan darah segara dua kali lipat daripada sebelumnya.

Jika darah segarnya tidak tercukupi maka ibu hamil akan rentan mengalami anemia. Jika dibiarkan tentu saja akan membahayakan keselamatan antara ibunya serta janin yang sedang dikandungnya.

DAPATKAN BUAH SEGAR DAN FRESH PENAMBAH DARAH UNTUK IBU HAMIL DI SESA.ID

Gejala Anemia dan Butuh Penambah Darah

Agar bisa cepat ditangani sebelum membahayakan, Sahabat Sehat harus mengetahui gejala-gejala anemia yang rentan dialami oleh ibu hamil. Jika sudah mengetahui gejala-gejalanya diharapkan Sahabat Sehat bisa segera mengatasinya salah satunya mengonsumsi buah.

Untuk itu, buah penambah darah untuk ibu hamil mungkin akan diperlukan saat Sahabat Sehat mengandung. Berikut ini gejala-gejala yang sering dialami saat terkena anemia pada wanita yang sedang mengandung.

  1. Tubuh selalu terasa lemas, letih dan juga lesu.
  2. Merasa pusing di kepala
  3. Sulit untuk berkonsentrasi
  4. Tangan dan kaki sering merasa dingin
  5. Sakit atau nyeri pada dada
  6. Mengalami sesak napas
  7. Jantung berdetak lebih cepat dan tidak teratur
  8. Warna kulit, kuku dan juga bibir lebih pucat dari biasanya

Jika Sahabat Sehat mengalami gejala anemia pada ibu hamil di atas, lebih baik untuk segera memeriksanya. Atau Sahabat Sehat bisa mengatasinya dengan buah penambah darah agar pasokan darah segar selalu terpenuhi.

Mengatasi Anemia Selain Konsumsi Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Masalah kesehatan kekurangan darah pada wanita yang sedang mengandung menjadi masalah kesehatan yang paling umum dialami. Tetapi walaupun begitu, masalah kesehatan ini tidak untuk disepelakan.

Karena penyakit ini bukanlah kondisi penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya. Harus segera diatasi karena jika jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh wanita yang sedang mengandung itu terlalu sedikit.

Akibatnya akan mengancam keselamatan dari ibu dan janinnya, seperti kekurangan gizi, kekurangan asupan oksigen. Salah satu caranya mengonsumsi buah penambah darah untuk ibu hamil dan beberapa cara lainnya akan dijelaskan sebagai berikut.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil untuk Kesehatan Ginjal dan Lainnya

  1. Makan makanan bernutrisi

Biasanya ibu hamil yang anemia akan disarankan mengonsumsi makanan kandungan zat besi yang tinggi dan juga asam flot. Beberapa makanan yang memiliki zat besi adalah daging, makanan laut, telur yang dimasak matang, sayuran hijau, kentang gandung dan lainnya.

Sementara makanan yang memiliki asam folat yang tinggi adalah sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan lainnya, jeruk, alpukat, pisang, kacang-kacangan, biji bung, dan lainnya. Yang terpenting makan makanan dan buah ini dikonsumsi sesuai dengan porsinya masing-masing.

  1. Vitamin C

Kondisi anemia ini salah satu solusinya harus mengonsumsi sayur dan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin yang terkandung di dalamnya baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Contoh yang bisa Sahabat Sehat konsumsi seperti jeruk, tomat, brokoli, paprika dan masih banyak lagi. Vitamin C akan membuat tubuh menyerap zat besi lebih efisien, kebutuhan vitamin C ini juga bisa Sahabat Sehat penuhi dengan meminum suplemen.

6 Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Selain mendapatkan zat besi dari daging merah agar bisa meningkatkan jumlah sel darah merah. Salah satu solusi lainnya Sahabat Sehat bisa mengonsumsi beberapa buah yang memiliki khasiat sama sebagai penambah darah. Berikut daftar buah yang bisa dikonsumsi.

  1. Kismis

Kismis merupakan buah kering berukuran kecil dengan kandungan kadar besi dan vitamin B. Kedua kandungan yang ada pada buah kering ukuran kecil ini akan membantu dalam memproduksi sel darah merah menjadi bertambah.

BACA JUGA: 20 Manfaat Sayur Bayam untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

  1. Apel

Apel juga memilii zat besi yang terkandung dalam setiap buahnya. Buah penambah darah untuk ibu hamil ini juga mengandung air yang bayak sehingga akan membantu menjaga hidrasi tubuh tetap terjaga.

Apel Fuji RRC

Apel Fuji RRC Segar

  1. Stoberi

Stoberi memiliki kandungan vitamin C yang akan membuat tubuh secara efisien menerima zat besi. Tetapi di dalam stoberi juga memiliki kandungan zat besi kombinasi antara keduanya ini akan sangat klop dalam membantu menambah sel darah merah di dalam tubuh.

strawberry-sweet-darling

Strawberry Super Grade A

  1. Jeruk

Selanjutnya jeruk mengandung vitamin C. Seperti yang sudah diketahui ibu hamil saat mengalami masalah kesehatan anemia tidak hanya membutuhkan zat besi saja tetapi juga vitamin C sebagai pembantu dalam proses penyerapan dalam tubuh.

  1. Pisang

Pisang mengandung asam folat atau vitamin B yang sangat diperlukan dalam tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Buah penambah darah untuk ibu hamil ini sebaiknya rutin untuk mengonsumsinya dalam membantu menjaga dan meningkatkan sel darah merah.

  1. Bit

Buah bit memiliki kandungan zat besi, asam foat dan juga serat. Dengan kandungan tersebut bit menjadi salah satu buah penambah darah. Disarankan untuk mengonsumsi jus buah bit setiap hari untuk memastikan kadar darah terpenuhi.

Saat mengalami anemia sebaiknya mengurangi konsumsi kopi dan teh karena dapat menghambat penyerapan dari zat besi. Kumpulan buah diatas disarankan untuk dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kondisi ibu dan janin tetap sehat.