fbpx
Skip to content
Home » Blog » Inilah 7 Rekomendasi Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil

Inilah 7 Rekomendasi Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil

Terdapat beberapa jenis sayuran yang bagus untuk ibu hamil. Sebab, kandungan nutrisi di dalamnya sangat menunjang kebutuhan selama masa kehamilan dan membantu pertumbuhan janin.

Tidak hanya itu, jenis sayuran tersebut juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Dengan begitu, sebisa mungkin Sahabat Sehat yang sedang hamil harus memperbanyak konsumsi sayuran tersebut.

Meski demikian, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja jenis sayuran tersebut. Oleh sebab itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan apa saja sayuran yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

Rekomendasi Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memang sangat dianjurkan untuk memakan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebab, sayur kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan serat. Itulah sebabnya sayuran cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Meski secara umum Sahabat Sehat bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran, tapi ada beberapa jenis sayuran yang sangat direkomendasikan, berikut ini akan kami jelaskan. Rekomendasi sayuran tersebut di antaranya adalah:

  1. Bayam sebagai sayuran yang bagus untuk ibu hamil

Sahabat Sehat pastinya sudah tidak asing lagi dengan bayam. Sayuran satu ini sangat populer karena memiliki rasa yang lezat dan tentunya mudah ditemukan di warung, pasar, hingga super market.

Ternyata tidak hanya lezat saja, bayam juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kehamilan. Di antaranya adalah vitamin A, C, K, zat besi, dan asam folat yang merupakan nutrisi alami untuk janin.

Mengonsumsi bayam saat hamil muda juga akan membuat Sahabat Sehat tidak mudah lelah. Badan juga akan terasa lebih bugar setelah mengonsumsi sayuran ini. Untuk itu, bayam adalah salah satu rekomendasi sayuran terbaik.

Bayam Hijau Organik

Bayam Hijau Organik

  1. Kacang Polong

Sayuran yang bagus untuk ibu hamil berikutnya adalah kacang polong. Kacang polong merupakan sumber protein nabati, zat besi, asam folat, kalium, magnesium, dan lemak esensial alami.

Nutrisi tersebut dapat menunjang pertumbuhan bayi agar lebih optimal. Selain itu, kacang polong kaya akan kandungan serat yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebab, serat berguna untuk melancarkan pencernaan. Sehingga terhindar dari sembelit dan hemoroid.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sayuran untuk Penderita Asam Urat, Berikut Daftarnya

  1. Wortel

Wortel merupakan salah satu sumber beta karoten terbaik yang sangat baik untuk ibu hamil. Beta karoten sendiri bermanfaat untuk membantu perkembangan sel dan jaringan saraf janin dalam sayuran ini.

Sayuran yang bagus untuk ibu hamil ini juga tinggi akan antioksidan. Sehingga, Sahabat Sehat dapat terhindar dari radikal bebas yang membahayakan kesehatan. Untuk itu, wortel direkomendasikan sebagai sayuran yang sehat.

  1. Brokoli

Brokoli termasuk ke dalam salah satu super food yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebab, hampir semua nutrisi yang Sahabat Sehat butuhkan selama masa kehamilan ada di sayuran ini.

Misalnya saja vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, zat besi, kalium, asam folat, dan kalsium. Kandungan antioksidannya juga cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan sistem imun Sahabat Sehat.

Brokoli Organik

Brokoli Organik

  1. Buncis

Buncis menjadi sayuran yang bagus untuk ibu hamil berikutnya. Sayuran ini kaya akan serat, protein, zat besi, folat, dan kalsium nabati yang menjadi sumber nutrisi penting janin. Maka dari itu, sayuran ini cocok untuk dikonsumsi ibu hamil.

Buncis juga sangat mudah untuk diolah karena mudah sekali matang setelah dimasak. Sehingga, Sahabat Sehat bisa memvariasikan hidangan dari buncis sesuai selera selama masa kehamilan.

  1. Edamame

Edamame atau kacang kedelai Jepang merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat baik untuk ibu hamil. Selain protein, terdapat nutrisi penting lainnya seperti kalsium, zat besi, dan folat.

  1. Kale

Sayur yang sangat direkomendasikan selanjutnya adalah kale. Sayuran hijau ini memiliki banyak nutrisi seperti zat besi, vitamin C, kalsium, vitamin A, E, dan K, serta serat. Untuk itu, direkomendasikan sayuran ini.

Kale Organik

Kale Organik

Tips Memilih Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil

Agar Sahabat Sehat mendapatkan manfaat optimal dari sayuran di atas, pastikan perhatikan cara memilihnya. Terutama jika Sahabat Sehat membelinya di tukang sayur atau pasar tradisional. Berikut ini cara memilih sayuran agar tetap aman untuk kehamilan Sahabat Sehat.

  1. Pilih sayuran yang masih segar. Hindari sayuran yang kelihatannya sudah tidak segar karena nutrisinya jadi kurang maksimal.
  2. Jika memungkinkan, pilih sayuran organik yang tidak menggunakan pestisida kimia. Sebab, beberapa zat kimia dalam pestisida dapat membahayakan kehamilan.
  3. Pilih sayuran yang warnanya masih cerah.
  4. Pilih sayuran yang masih berakar dan belum dicuci oleh pedagangnya. Sebab, sayuran ini tidak akan mudah busuk.

BACA JUGA: Apa itu PMT Ibu Hamil? dan 4 Asupan yang Harus Ada dalam PMT Ibu Hamil

Cara Mengolah Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil

Selain harus memahami cara memilihnya, Sahabat Sehat juga perlu tahu cara mengolah sayuran. Tujuannya adalah agar nutrisi di dalam sayuran tidak banyak terbuang atau bahkan rusak. Berikut tips yang bisa Sahabat Sehat gunakan.

  1. Cuci bersih sayuran hingga tidak ada kotoran yang menempel. Jika perlu, gunakan sabun pencuci sayuran untuk menghilangkan sisa pestisida yang menempel.
  2. Potong sayuran dalam ukuran besar agar nutrisi di dalamnya tidak banyak yang terbuang dan rusak selama pengolahan.
  3. Jangan masak sayuran terlalu lama karena beberapa nutrisi akan rusak jika terlalu lama dimasak.
  4. Gunakan api kecil hingga sedang selama proses memasak karena jenis vitamin akan rusak di suhu panas.
  5. Jangan memasak sayuran dengan banyak air.
  6. Sayuran akan lebih baik dimasak dengan dikukus.

Selama kehamilan memang sangat penting untuk memakan berbagai jenis sayur. Hal ini demi menjaga kesehatan janin saat mengandung. Terutama sayuran yang bagus untuk ibu hamil seperti di atas.

  • https://id.mamypoko.com/id/mamatips/pregnancy87.html
  • https://www.alodokter.com/bunda-ini-daftar-sayur-dan-buah-yang-disarankan-saat-hamilhttps://www.orami.co.id/magazine/sayuran-untuk-ibu-hamil