fbpx
Skip to content
Home » Blog » 15 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil untuk Kesehatan Ginjal dan Lainnya

15 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil untuk Kesehatan Ginjal dan Lainnya

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Manfaat buah pir untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Sebab, buah dengan cita rasa manis ini terbukti dapat memelihara dan meningkatkan kesehatan ibu hamil dan janinnya. Hal ini dikarenakan pir memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral.

Di antaranya adalah vitamin C, vitamin B6, zat besi, magnesium, asam folat, kalsium, vitamin D, dan vitamin B12. Selain itu, buah pir juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti natrium, kalium, serat, gula, karbohidrat, dan protein.

Tidak heran jika buah pir sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Bagi Sahabat Sehat yang penasaran apa saja manfaat dari buah pir, simak penjelasan selengkapnya yang akan kami rangkum di bawah ini.

15 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan nutrisinya yang sangat beragam, tentu manfaat buah pir juga sangat banyak. Khususnya untuk ibu hamil yang memang memerlukan asupan nutrisi ekstra. Berikut ini adalah manfaat yang akan Sahabat Sehat rasakan ketika rutin mengonsumsi buah pir.

  1. Memelihara Kesehatan Ginjal

Meski mengandung natrium atau sodium, ternyata kadarnya sangat rendah. Sehingga, buah ini sangat baik untuk ginjal. Sebab, natrium menjadi salah satu pemicu kerusakan ginjal yang paling umum di masyarakat.

Pir Singo Korea

Pir Singo Korea

  1. Memelihara Kesehatan Usus

Pir mengandung serat yang mampu memenuhi kebutuhan 22% serat harian. Serat yang terdapat di dalam buah ini sangat baik untuk usus karena menjadi salah satu sumber makanan prebiotik di dalam usus.

  1. Sebagai Anti-inflamasi

Selanjutnya adalah berperan sebagai anti-inflamasi atau peradangan alami. Hal ini dikarenakan buah pir mengandung senyawa antioksidan flavonoid. Senyawa ini berperan penting dalam memelihara sel dari peradangan.

Pir Xiang Lie

Pir Xiang Lie

  1. Mencegah Kanker

Buah pir mengandung senyawa antosianin, asam sinamat, dan flavonoid. Kedua senyawa tersebut terbukti memiliki manfaat sebagai antikanker. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat mencegah munculnya tumor.

Beberapa jenis kanker yang terbukti dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi buah pir adalah kanker perut, paru-paru, dan kandung kemih. Itulah mengapa buah ini cocok untuk dikonsumsi.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan serat di dalam buah pir tidak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga mencegah diabetes. Sebab, serat akan memperlambat proses pencernaan makanan. Sehingga, risiko diabetes dapat dikurangi.

BACA JUGA: 20 Manfaat Sayur Bayam untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Tubuh juga akan lebih lama dalam menyerap karbohidrat. Secara tidak langsung, serat berperan penting dalam mengatur gula darah. Selain itu, antidiabetes buah pir juga diperkuat dengan kandungan antosianinnya.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan gluthathione dan antioksidan dalam buah ini berperan penting dalam mengatur tekanan darah.

Pir Golden Manfaat buah pir untuk ibu hamil

Pir Golden

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid dalam buah pir dapat memelihara kesehatan sel-sel di jantung. Dengan demikian, kesehatan jantung juga dapat terawat dengan baik. Hal ini tentu akan mencegah Sahabat Sehat dari serangan jantung.

  1. Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil Dapat Menjaga Berat Badan

Pir menjadi salah satu buah yang tinggi air dan serat. Sehingga dengan mengonsumsi pir, Sahabat Sehat dapat merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan berlebih. Tidak hanya bagus untuk ibu hamil, buah ini juga sangat bagus untuk orang-orang yang sedang diet.

  1. Menurunkan Risiko Alergi

Jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya, manfaat buah pir untuk ibu hamil memiliki risiko alergi yang sangat rendah. Sehingga, ibu hamil tidak perlu khawatir saat mengonsumsi buah ini.

Pear buah untuk bayi 6 bulan

Pir Sweet Madu

  1. Mencegah Osteoporosis

Ibu hamil memang sangat rentan mengalami osteoporosis atau berkurangnya kepadatan tulang. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan rajin mengonsumsi buah. Dengan begitu, pir dapat dijadikan sarana untuk mencegahnya.

Sebab, buah dapat menjaga pH tubuh dalam keadaan normal. Dengan pH tubuh yang normal, penyerapan kalsium oleh tulang juga akan semakin maksimal. Salah satu buah yang sangat direkomendasikan adalah pir.

BACA JUGA: 22 Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

  1. Mencegah Kerusakan Kulit

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa buah pir kaya akan air, vitamin C, dan antioksidan. Senyawa-senyawa tersebut berperan penting dalam merawat kesehatan kulit. Kulit Sahabat Sehat lebih lembap, lembut, dan kencang secara alami selama masa kehamilan.

Pear Packham Manfaat buah pir untuk ibu hamil

Pir Packham

  1. Sumber Asam Folat Alami

Manfaat buah pir untuk ibu hamil yang tidak boleh diabaikan adalah kandungan asam folatnya. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan janin dan ibu hamil.

Senyawa ini bermanfaat untuk menguatkan kandungan dan memelihara kesehatan bayi. Selain itu, asam folat juga dapat mencegah terjadinya keguguran dan bayi terlahir secara prematur.

  1. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi Janin

Manfaat yang tidak kalah penting dari buah pir adalah dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin. Sebab, di dalam buah ini terdapat kalsium dan magnesium yang cukup tinggi. Jadi, pir dapat mendukung pertumbuhannya.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Berikutnya adalah dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa kimia yang banyak terdapat di lingkungan dan sangat berbahaya untuk ibu hamil.

  1. Memelihara Kesehatan Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit, ternyata buah pir juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Rambut ibu hamil akan lebih sehat dan terawat dengan rutin mengonsumsi buah pir.

Buah pir memiliki cita rasa yang sedap dan sangat cocok untuk dijadikan camilan. Seperti pada rangkuman artikel di atas, buah ini merupakan rekomendasi yang pas. Tidak hanya itu, manfaat buah pir untuk ibu hamil juga sangat banyak.

  • https://www.morulaivf.co.id/manfaat-buah-pir-untuk-ibu-hamil/#:~:text=Manfaat%20buah%20pir%20untuk%20ibu%20hamil%20dapat%20melindungi%20sel%2Dsel,kulit%20ibu%20hamil%20dan%20janin.
  • https://www.orami.co.id/
  • https://realfood.co.id/id/