fbpx
Skip to content
Home » Blog » Cara Membersihkan Panci Gosong yang Benar

Cara Membersihkan Panci Gosong yang Benar

Cara membersihkan panci gosong dan berkerak setelah memasak menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu rumah tangga. Panci gosong menjadi hal sulit serta menantang untuk dibersihkan. Tidak jarang noda gosong menjadi kerak yang sulit untuk dihilangkan.

Membersihkan alat masak dengan cara menggosok secara kuat untuk menghilangkan noda kerak merupakan hal yang salah karena dapat merusak lapisan panci. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk membersihkan panci gosong dengan baik dan benar.

DAPATKAN PANCI KERAMIK SEHAT DARI GREENPAN DI SESA.ID

Penyebab Panci Gosong

Alat masak yang gosong serta berkerak terjadi bukan karena tanpa sebab. Ada beberapa penyebab umum yang mengakibatkan alat masak menjadi bernoda dan cepat gosong. Berikut ini beberapa penyebab tersebut.

1. Api Kompor yang Terlalu Besar

Kompor yang dinyalakan terlalu besar dapat mengakibatkan peningkatan panas secara drastis sehingga membuat masakan menjadi terbakar dan gosong. Sesuaikan api dengan jumlah masakan yang ingin dimasak.

Jika menu masakan berjumlah sedikit, maka dapat menggunakan api kecil atau sedang agar masakan tersebut tidak mudah gosong. Gunakan air serta minyak secukupnya agar masakan tidak kering dan menempel pada alat masak.

2. Burner atau Obor Kompor Kotor

Burner atau obor kompor kotor juga dapat mengakibatkan residu sisa makanan yang dimasak ikut terbakar serta menempel pada panci. Burner bersih akan menghasilkan api berwarna biru sedangkan burner kotor akan menghasilkan warna api berbeda-beda.

Cara membersihkan panci gosong sebagai langkah pencegahan adalah mengangkat burner dan membersihkan dengan air serta sabun kemudian disikat sampai bersih dan keringkan. Selain itu pastikan juga kompor sering di servis secara berkala.

BACA JUGA: 3 Alasan Besar Kenapa Harus Memasak Dengan Panci Sehat Segera!

3. Tidak Mengetahui Jenis Bahan Masakan

Saat memasak, ketahui terlebih dahulu mana bahan masakan yang tergolong lebih mudah gosong dan mana bahan masakan lebih lama matang. Seperti daun bawang yang akan lebih cepat matang saat dimasak dibandingkan wortel atau kol.

Saat akan memasak daun bawang, pastikan menggunakan api kompor kecil serta minyak telah merata. Hal ini dilakukan agar daun bawang tersebut tidak menempel pada permukaan alat masak serta meninggalkan noda.

GreenPan Geneva Open Wok

GreenPan Geneva Open Wok

Beberapa Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Mudah

Saat memasak pasti pernah tidak sengaja menggosongkan peralatan memasak. Peralatan memasak tersebut dapat meninggalkan noda membandel dan bahkan sudah tidak bisa digunakan lagi. Saat hal tersebut terjadi jangan terburu-buru untuk membuangnya.

Terdapat beberapa cara membersihkan panci gosong bisa dilakukan untuk mengembalikan alat masak tersebut bersih seperti semula. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda pada panci dengan mudah dan benar.

1. Membersihkan Panci Gosong dengan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Cara pertama dapat dilakukan untuk membersihkan noda pada peralatan memasak adalah dengan menggunakan sabun cuci piring serta air panas. Langkah awal perlu dilakukan adalah menuangkan sedikit cairan sabun cuci piring ke bagian yang gosong tersebut.

Kemudian rendam pancing ke dalam air panas hingga semalaman. Keesokan harinya gosok kemudian bilas pada bagian gosong menggunakan spons cuci piring untuk mengangkat serta membersihkan noda gosong tersebut.

2. Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Garam

Cara satu ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan panci berbahan teflon. Dibandingkan dengan menggunakan pisau atau sendok yang justru dapat membuat peralatan memasak ini tergores.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah alat memasak gosong direndam ke dalam air panas dan garam selama beberapa saat. Jika kerak dan gosong terdapat di bagian dalam, maka dapat menggunakan air dingin dan garam untuk merendamnya.

Diamkan selama kurang lebih 8 jam atau semalaman agar noda dan kerak tersebut menghilang. Setelah itu gosok pada bagian yang gosong secara perlahan dan keringkan dengan menggunakan lap bersih secara merata.

BACA JUGA: Ulas 5 Perbedaan Panci Stainless dan Ceramic, Mana Yang Lebih Baik?

3. Membersihkan Panci Gosong dengan Air Cuka

Cara membersihkan panci gosong selanjutnya adalah dengan menggunakan air cuka. Air cuka diketahui mengandung zat asam asetat yang terbukti ampuh dapat menghilangkan noda membandel pada peralatan memasak berbahan stainless.

Pertama panaskan alat masak berbahan stainless yang terdapat noda membandel menggunakan api sedang. Kemudian tuangkan air cuka secukupnya pada bagian yang terdapat kerak dan noda. Tunggu beberapa menit agar asam asetat bekerja dengan baik.

Setelah beberapa menit, kerak dan noda membandel pada peralatan akan secara perlahan terangkat. Cuci kembali panci tersebut menggunakan spons atau gosok menggunakan alat berbahan aluminium foil. Dengan begitu panci akan menjadi bersih kembali.

GreenPan Delight Lavender

GreenPan Delight Lavender

Tips Menjaga Panci dan Peralatan Dapur Lainnya

Memiliki panci yang digunakan untuk memasak itu berarti harus bersiap jika sewaktu-waktu panci tersebut gosong dan berkerak. Jika saat itu tiba, Sahabat Sehat harus menggunakan berbagai caranya.

Namun, sebelum tahu cara membersihkan panci gosong, tentu perlu untuk menghindari agar panci tidak menjadi cepat gosong dan berkerak. Salah satu penyebab panci menjadi gosong adalah saat memasak menggunakan api terlalu besar.

Hindari hal tersebut dan sebaiknya gunakan api sedang saja saat memasak. Selain itu masakan yang ditinggal terlalu lama juga dapat menimbulkan kerak pada dasar panci. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memeriksa masakan saat memasak.

Agar tidak terlalu memikirkan untuk membersihkan noda dan kerak pada panci, bersihkan dengan segera setiap alat masak setelah digunakan. Jika panci masih panas, isi panci menggunakan air bersih dan tuang sedikit sabun cair pencuci piring.

Panci dengan noda membandel tentu akan membuat proses memasak menjadi tidak nyaman dan masakan yang dihasilkan tidak terlalu higienis. Beberapa langkah dan cara membersihkan panci gosong di atas perlu diketahui agar alat masak ini tetap bersih.

  • https://food.detik.com/info-kuliner/d-5668236/7-cara-bersihkan-panci-gosong-dan-berkerak-pakai-bahan-alami?single=1
  • https://www.tokopedia.com/blog/tips-cara-membersihkan-panci-gosong-hlv/
  • https://www.klopmart.com/article/detail/5-cara-membersihkan-panci-gosong-dan-nampak-seperti-baru-lagi
  • https://keluyuran.net/cara-membersihkan-panci/