Home » Blog » Inilah 5 Cara Memilih Suplemen Fitnes yang Tepat Agar Sesuai Kebutuhan Fitnes

Inilah 5 Cara Memilih Suplemen Fitnes yang Tepat Agar Sesuai Kebutuhan Fitnes

cara memilih suplemen fitnes

Untuk meningkatkan kebugaran tubuh, mengatur pola makan dan rutin berolahraga saja tidak cukup. Sahabat Sehat harus memahami cara memilih suplemen fitnes. Suplemen kesehatan dapat membantu menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi suplemen juga mampu melatih kekuatan otot serta memenuhi kebutuhan nutrisi. Sebelum meminum suplemen fitnes, maka sangat penting untuk mengenali produknya dahulu.

Saat ini sudah banyak beredar beberapa jenis suplemen kesehatan yang dapat dikonsumsi. Namun, sebaiknya Sahabat Sehat memahami dahulu apa pentingnya konsumsi suplemen, cara memilihnya hingga jenis yang dipakai.

DAPATKAN SUPLEMEN KESEHATAN DAN HERBAL DI SESA.ID

Memahami Pentingnya Mengonsumsi Suplemen Fitnes

Suplemen fitnes dapat membantu membentuk tubuh ideal. Hal ini dikarenakan, kebugaran tubuh tidak hanya mengandalkan penerapan pola makan teratur ataupun rajin berolahraga saja.

BACA JUGA: Ekstrak Ginkgo Biloba Apakah Itu dan Khasiat sebagai Suplemen Herbal

Pentingnya konsumsi produk suplemen fitnes dikarenakan mengandung protein berkualitas tinggi, yaitu seluruh asam amino esensial. Jenis yang paling populer di kalangan pecinta fitnes adalah whey protein.

Selain itu, dengan mengonsumsi suplemen fitnes, maka akan berdampak pada massa otot seseorang. Sebenarnya kondisi kekuatan otot tidak dapat dihentikan namun diganti dengan konsumsi suplemen fitnes yang mengandung leusin.

Sehingga sangat efektif dalam meningkatkan massa maupun kekuatan otot. Di sisi lain, cara memilih suplemen fitnes juga harus memperhatikan kandungan proteinnya. Mengonsumsi suplemen protein bisa memunculkan rasa kenyang lebih lama.

Sunwarrior - Collagen Bulding Protein

Sunwarrior – Collagen Bulding Protein

Namun tidak banyak orang menyadari bahwa ada suplemen fitnes berbasis laktonin. Laktonin inilah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi kurang lebih selama enam minggu.

Menggunakan suplemen jenis whey protein dapat meningkatkan kadar insulin sehingga manfaatnya juga berdampak positif bagi para penderita diabetes. Tapi pastikan konsumsinya harus sambil dikonsultasikan bersama dokter.

Perlu dipahami, bahwa mengonsumsinya secara berlebihan hingga melebihi kebutuhan protein harian dapat menimbulkan efek samping. Misalnya permasalahan jantung, ginjal, kekurangan nutrisi.

Cara Memilih Suplemen Fitnes yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Pada umumnya, orang meminum suplemen untuk membentuk otot agar lebih mudah dan praktis. Tapi ternyata cara memilih suplemen untuk fitnes tidak bisa dilakukan sembarangan, karena ada banyak faktor yang harus diperhatikan.

BACA JUGA: Astaxanthin adalah Suplemen yang Mempunyai Banyak Manfaat, Selengkapnya

  1. Sesuaikan dengan Tujuan dan Manfaat

Tentukan tujuan Sahabat Sehat meminum suplemen tersebut, apakah ingin menurunkan berat badan atau sekadar membentuk otot tubuh. Pastikan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter supaya jadwal konsumsinya lebih teratur dan hasilnya sesuai tujuan.

  1. Sesuaikan Kandungan Dosisnya

Karena kandungan proteinnya yang lebih besar daripada karbohidrat, beberapa orang beranggapan suplemen merupakan pengganti makanan utama. Anggapan ini salah, Sahabat Sehat harus tetap mendapatkan protein dan karbohidrat dari menu sehari – hari.

Jangan sampai karena terobsesi ingin diet, akhirnya meminum suplemen ini berlebihan serta tidak sesuai kandungan dosis yang dibutuhkan. Alhasil bukannya tubuh lebih bugar, justru malah mengalami banyak penyakit.

  1. Selalu Dibarengi Olahraga Rutin

Cara memilih suplemen fitnes selanjutnya adalah selalu dibarengi olahraga rutin. Penggunaan suplemen fitnes bukanlah untuk mengatasi maupun mengizinkan kebiasaan buruk konsumennya.

Misalnya hanya digunakan sebagai pengganti makanan utama atau diminum karena menghindari olahraga. Lemak tidak mudah terbakar jika hanya diberikan suplemen fitnes saja, jadi pastikan untuk selalu diiringi olahraga teratur.

Mykind - Organics Plant Collagen Builder

Mykind – Organics Plant Collagen Builder

  1. Pakai Suplemen yang Memiliki Sertifikat

Banyaknya produk serupa di pasaran membuat beberapa orang tertipu mana suplemen asli dan mana yang membahayakan. Maka dari itu, pastikan Sahabat Sehat memilih dari merk besar atau terkenal karena sudah mendapatkan sertifikasi halal.

Selain itu, pengujian sertifikasi juga memperhatikan ada tidaknya zat berbahaya. Jangan lupa untuk selalu mengecek informasi mengenai gizi yang biasanya terletak pada segel wadahnya.

  1. Selalu Perhatikan Petunjuk Pemakaian

Agar mendapatkan hasil maksimal, tentu saja disarankan untuk mengikuti panduan atau petunjuk pemakaiannya. Selalu ingat bahwa suplemen hanyalah makanan penambah, bukan pengganti makanan utama.

Jadi, tetap rajin memasukkan protein maupun karbohidrat ke dalam tubuh melalui makanan utama yang sehat. Salah satunya adalah melengkapi sayur dalam makanan lalu mengonsumsi buah – buahan setelahnya.

Jenis – Jenis Suplemen Fitnes untuk Pembentukan Otot

Setelah memahami cara memilih suplemen fitnes yang tepat sesuai kebutuhan, selanjutnya kami akan membahas apa saja jenis – jenisnya. Penting diperhatikan setiap jenis suplemen karena masing – masing memiliki kandungan dan efek berbeda.

  1. Weight Gainer

Jenis weight gainer dapat dikatakan sebagai suplemen terbaik karena manfaatnya dalam menaikkan berat badan. Menaikkan berat badan di sini bukanlah menambah lemak, melainkan massa otot.

Cara kerja Weight Gainer adalah memenuhi kebutuhan tubuh lewat kandungan karbohidrat serta protein. Kandungan karbohidrat tersebut nantinya akan dipakai sebagai sumber energi tubuh, sementara proteinnya untuk membentuk massa otot.

  1. Whey Protein

Whey Protein dikonsumsi untuk membentuk massa otot tubuh karena adanya kandungan protein hewani sangat tinggi. Sahabat Sehat dapat meminumnya setelah melakukan latihan atau olahraga agar energi otot terisi kembali dan terbentuk cepat.

  1. Fat Burner

Jika ingin menurunkan berat badan, Sahabat Sehat dapat menggunakan jenis Fat Burner. Suplemen ini bekerja maksimal dalam menurunkan berat badan, yaitu melalui cara mengoptimalkan metabolisme tubuh.

  1. Suplemen Creatine

Suplemen Creatine digunakan sebelum melakukan latihan atau olahraga. Adanya kandungan asam amino dapat dipakai untuk menyimpan energi bagi otot sebelum beraktivitas.

Gunanya mencegah otot supaya tidak mudah kelelahan sehingga lemak bisa segera terbakar selama berolahraga. Creatine juga berfungsi untuk meningkatkan massa otot.

Suplemen fitnes terbukti menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan rutin dan teratur. Sahabat Sehat dapat memesannya melalui supermarket sehat seperti Sesa.id.

Kini Sesa.id dapat diunduh melalui App Store dan Play Store untuk membantu Sahabat Sehat dalam memilih suplemen fitnes bernutrisi. Pahami cara memilih suplemen fitnes sesuai panduan agar manfaatnya lebih terasa. 

  1. https://favo.id/blogs/baca/hey-guys-ini-lho-6-manfaat-mengonsumsi-suplemen-fitness#:~:text=Suplemen%20fitness%20ini%20dapat%20membantu,memenuhi%20kebutuhan%20nutrisi%20harian%20Anda.
  2. https://www.koran.id/cara-memilih-suplemen-fitness-yang-tepat-agar-membentuk-otot-jadi-mudah/
  3. https://review.bukalapak.com/sports/tips-memilih-suplemen-fitnes-terbaik-110063