Home » Blog » Berikut Ini 8 Ciri Ciri Alpukat Mentega Agar Tidak Salah Pilih

Berikut Ini 8 Ciri Ciri Alpukat Mentega Agar Tidak Salah Pilih

CIRI CIRI ALPUKAT MENTEGA

Halo sahabat sehat, apakah kalian menemukan kesulitan dalam membedakan alpukat mentega dengan alpukat biasa saat akan membeli buah alpukat? Untuk itu ketahui ciri ciri alpukat mentega berikut ini.

Apakah sahabat sehat setelah membeli alpukat mentega, mengalami kesulitan dalam menentukan alpukat mana yang sudah matang dan siap untuk dikonsumsi? Memang jika dilihat sekilas, alpukat mentega dengan alpukat biasa terlihat mirip.

Akan tetapi, jika diamati lebih seksama, terdapat perbedaan antara alpukat mentega dengan alpukat biasa. Berikut ini merupakan ulasan tentang ciri-ciri alpukat mentega agar sahabat sehat tidak salah pilih saat akan membeli ataupun mengonsumsi alpukat mentega.

DAPATKAN ALPUKAT MENTEGA ORGANIK DI SESA.ID

Ciri Ciri Alpukat Mentega

1. Ciri ciri Alpukat Mentega Pada Kulit

Saat akan membeli alpukat mentega, sahabat sehat dapat membedakan alpukat mentega dengan alpukat biasa dengan mengamati kulit buah alpukat. Alpukat mentega memiliki tekstur permukaan kulit buah yang lebih halus dan lebih lembut jika dibandingkan dengan alpukat biasa.

Tekstur kulit alpukat biasa cenderung lebih kasar. Oleh karena itu, saat akan membeli alpukat mentega, sahabat sehat dapat meraba permukaan kulit alpukat agar tidak salah pilih. Semakin halus tekstur permukaan kulit alpukat mentega, maka semakin baik pula kualitas dari alpukat mentega tersebut.

ciri ciri alpukat mentega

Alpukat Mentaga

2. Ciri Ciri yang Kedua Pada Ukuran

Sahabat sehat juga dapat mengamati alpukat mentega melalui ukuran dari buah alpukat. Alpukat mentega memiliki ukuran buah yang lebih besar dibanding dengan ukuran alpukat biasa. Perbedaan ukuran ini juga dapat membantu sahabat sehat untuk membedakan alpukat mentega dengan alpukat biasa.

3. Yang Ketiga Warna Ketika Sudah Matang

Sahabat sehat juga dapat menemukan perbedaan antara alpukat mentega yang sudah matang dengan alpukat biasa yang sudah matang atau sudah siap untuk dikonsumsi. Warna kulit buah alpukat mentega saat sudah matang atau siap dikonsumsi memiliki warna kecokelatan.

Berbeda dengan alpukat biasa dimana alpukat biasa saat berada di kondisi matang atau siap untuk dikonsumsi memiliki warna kulit buah hijau. Perbedaan kedua alpukat ini memang terlihat jelas melalui warna kulit buah saat keduanya telah masak.

Akan tetapi, ketika alpukat mentega belum masak, warna alpukat mentega dengan alpukat biasa sama-sama memiliki warna hijau sehingga sulit untuk dibedakan jika hanya berdasarkan warna kulit buah. Alpukat mentega saat masih mentah atau belum siap untuk dikonsumsi memiliki warna hijau dan akan berubah warna menjadi kecokelatan disaat kondisi buah sudah masak (siap untuk dikonsumsi).

Berbada dengan alpukat biasa, alpukat biasa tetap berwarna hijau baik ketika alpukat tersebut masih mentah (belum siap dikonsumsi) atau saat alpukat sudah masak (siap untuk dikonsumsi).

alpukat-mentega super

Alpukat Mentega Super

4. Ciri Ciri Selanjutnya Pada Tangkai

Sahabat sehat juga dapat memilih alpukat mentega yang sudah masak melalui tangkai alpukat. Alpukat mentega yang sudah matang mempunyai tangkai buah yang berwarna hijau. Apabila alpukat mentega masih memiliki tangkai buah, sahabat sehat cukup petik tangkai buah tersebut secara perlahan dan hati-hati.

Apabila lubang yang ditinggalkan oleh tangkai buah tadi berwarna hijau, maka alpukat mentega telah matang secara sempurna. Akan tetapi, jika ternyata berwarna cokelat muda, maka alpukat mentega tersebut masih belum matang.

Dan jika lubang yang ditinggalkan oleh tengkai buah berwarna cokelat tua ataupun hitam, maka alpukat mentega tersebut sedah terlalu matang atau bahkan busuk.

5. Ciri Selanjutnya Warna Pada Daging Alpukat Atau Isinya

Alpukat mentega juga memiliki perbedaan warna buah dibandingkan dengan alpukat biasa. Daging buah alpukat mentega berwarna kuning seperti mentega dan tekstur daging buahnya lebih lembut.

Tekstur daging buah dari alpukat mentega ini juga dapat digunakan untuk menentukan apakah alpukat mentega masih dalam kondisi mentah atau sudah siap untuk dikonsumsi. Semakin keras daging buah maka semakin muda umur dari alpukat mentega tersebut.

Sedangkan semakin lunak tekstur buah maka semakin lama umur alpukat mentega. Sahabat sehat dapat menggunakan seluruh tangan untuk mengecek tingkat kematangan alpukat mentega. Sahabat sehat cukup menggunakan seluruh telapak tangan untuk menekan permukaan alpukat mentega untuk mengetahui tekstur dari buah tersebut.

Perlu sahabat sehat ketahui, hindari untuk menekan permukaan alpukat mentega menggunakan 1 jari karena dapat beresiko merusak buah.

alpukat mentega beku

Alpukat Mentega Beku

6. Kulit Mudah Dikupas

Sahabat sehat juga dapat mengetahui apakah alpukat mentega yang dimiliki sudah siap untuk dikonsumsi dengan mengupas buah alpukat mentega tersebut. Saat mengupas alpukat mentega, apabila buah tersebut mudah dikupas dari kulitnya, maka alpukat tersebut memang benar sudah matang.

Apabila ternyata daging buah alpukat mentega sulit terkelupas dari kulitnya, maka alpukat mentega tersebut masih dalam kondisi mentah dan belum siap untuk dikonsumsi.

Sedikit tips mengupas alpukat yang benar untuk sahabat sehat. Saat mengupas alpukat mentega, hendaknya dilakukan dari tengah secara horizontal, bukan dari tangkai secara vertikal.

7. Daging Mudah Terkelupas

Selain daging yang mudah terkelupas dari kulitnya, alpukat mentega yang sudah matang atau sudah siap untuk dikonsumsi juga dapat dilihat dari biji alpukatnya. Biji alpukat mentega yang sudah matang akan mudah terlepas dari buahnya.

Sahabat sehat dapat mencoba untuk menggoangkan buah alpukat mentega yang telah dibelah menjadi dua. Jika saat digoyangkan biji alpukat mentega bergerak ataupun jatuh, maka alpukat mentega tersebut sudah matang dan siap untuk dikonsumsi oleh sahabat sehat.

Alpukat Mentega

Daging Alpukat Mentega

8. Rasa Alpukat Mentega

Langkah terakhir yang dapat dilakukan oleh sahabat sehat untuk mengetahui apakah alpukat yang akan dibeli atau dikonsumsi adalah alpukat mentega yaitu dengan mencoba mengonsumsi langsung alpukat tersebut.

Saat yang dikonsumsi adalah alpukat mentega, sahabat sehat akan menemukan perbedaan rasa antara alpukat mentega dengan alpukat biasa. Alpukat mentega ini memiliki rasa yang lebih manis dan juga lebih gurih jika dibandingkan saat sahabat sehat mengonsumsi alpukat biasa.

Kandungan dan Manfaat Alpukat Mentega

Ada fakta lain yang harus sahabat sehat ketahui tentang alpukat mentega. Selain memiliki citarasa yang lebih enak dibanding dengan alpukat biasa, alpukat mentega juga memiliki kandungan yang bermafaat untuk tubuh diantaranya.

  • Mengandung serat
  • Asam lemak baik
  • Vitamin
  • Mineral yang tinggi.

Hal ini menjadikan alpukat mentega sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang dapat sahabat sehat peroleh saat mengonsumsi alukat mentega antara lain.

  • Membantu menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Menjaga keseimbangan bakteri dalam usus
  • Mencegah terjadinya aterosklerosis
  • Kaya antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kanker
  • Dan berbagai jenis penyakit kronis
  • Serta masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat alpukat mentega

Manfaat Alpukat Mentega

Apakah sahabat sehat tertarik untuk membeli alpukat mentega setelah membaca ulasan ini? Jika tertarik, sahabat sehat dapat langsung membeli alpukat mentega dengan mudah di sesa.id

Banner alpukat

Referensi

Asmorowati, H., & Lindawati, N. Y. (2019). Penetapan kadar flavonoid total alpukat (Persea americana Mill.) dengan metode spektrofotometri. Ilmiah Farmasi15(2), 51-63.

Britannica. Avocado. https://www.britannica.com/plant/avocado [7 Januari 2022]

Dinas Pertanian Yogyakarta. 2000. Alpukat. Yogyakarta: Dinas Pertanian Yogyakarta.

Kubala J. 2021. 7 Potential Health Benefits of Avocado. https://www.healthline.com/nutrition/avocado-nutrition. [7 Januari 2022]

Sadwiyanti, L., Sudarso, J., Budiyanti, T. 2009. Budidaya Alpukat. Solok: Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika.