Home » Blog » 11 Manfaat Alpukat Mentega Organik, Konsumsi Agar Terhindar Dari Penyakit Berikut

11 Manfaat Alpukat Mentega Organik, Konsumsi Agar Terhindar Dari Penyakit Berikut

MANFAAT ALPUKAT MENTEGA

Mengenal Manfaat Alpukat Mentega Organik

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Buah alpukat banyak kita jumpai di pasar baik tradisional maupun swalayan/modern. Sebagian orang mungkin sudah tahu buah tropis ini, namun tahukah sahabat sehat manfaat alpukat mentega yang mampu mencegah osteoporosis  dan tidak itu saja khasiatnya.

Selain rasanya yang lezat, alpukat juga bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk seperti dikonsumsi langsung, dibuat menjadi jus, di jadikan campusan salad/es buah, dll. Salah satu jenis alpukat yang terkenal dan banyak dikonsumsi adalah alpukat mentega.

Buah ini dikenal sebagai alpukat mentega karena memiliki tekstur yang lembut dan manis serta daging buah yang lebih tebal dibandingkan alpukat biasa. Tren menunjukkan popularitas pangan organik semakin meningkat dan banyak orang beralih ke produk-produk organik. Pangan organic semakin diminati karena dinilai lebih sehat.

Pangan organik ditanam dengan cara yang alami tanpa ada tambahan bahan kimia sedangkan non-organik biasanya menggunakan pestisida untuk mencegah hama. Produk organic memiliki keunggulan karena bebas dari bahan berbahaya serta diproduksi dengan cara yang sehat dan ramah lingkungan.

Kandungan Gizi Alpukat Mentega Organik

Alpukat mentega merupakan salah satu buah dengan kandungan gizi yang beragam. Buah ini terkenal memiliki kandungan lemak baik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Alpukat merupakan sumber dari vitamin C, E, K, dan B6, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Dalam alpukaat mentega juga terkandung  lutein, beta karoten, dan asam lemak omega-3.

Alpukat mengandung lemak sehat tinggi manfaat yang dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama di antara waktu makan. Mengonsumsi lemak baik dari alpukat mentega dapat memperlambat pemecahan karbohidrat sehingga  membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Mengutip dari panganku.org, dalam 100 gram alpukat mengandung

  • 85 kkal Energi
  • 6.5 gram Lemak
  • 7.7 gram Karbohidrat
  • 6.7 gram Serat

Lemak memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Mengonsumsi pangan sumber lemak  sehat seperti alpukat mentega dapat mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan vitamin, mineral, dan zat gizi lain yang larut dalam lemak, bahkan dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dengan kandungan gizi yang beranekaragam tersebut, tentunya dapat membantu sahabat sehat untuk mejaga kesehatan tubuh lebih optimal. Untuk itu, mari kita kenali berbagai manfaat buah alpukat mentega berikut ini.

Kandungan gizi alpukat mentega super

Kandungan Gizi Alpukat Mentega

Manfaat Alpukat Mentega Organik

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan lemak baik yang terdapat pada alpukat mentega dapat mencegah berbagai kondisi peradangan yang bisa terjadi di dalam tubuh sahabat sehat semua. Tidak hanya itu, kandungan lemak baik atau yang dikenal sebagai asam lemak tak jenuh membuat sahabat sehat dapat terhindar dari beragam gangguan jantung.

Melansir dari USDA, dalam 100 gram alpukat mengandung 76 miligram sterol tumbuhan alami yang disebut beta sitosterol. Mengkonsumsi beta sitosterol dan sterol tumbuhan lainnya secara teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dan berperan  penting untuk kesehatan jantung.

2. Manfaat Alpukat Mentega Mengontrol Kadar Kolesterol

Selain kandungan lemak baik, mengonsumsi alpukat mentega dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh. Kandungan beta sitosterol yang terdapat dalam alpukat mentega dapat membantu mengontrol kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.  Tidak hanya kolesterol, alpukat mentega mampu menurunkan trigliserida dalam darah dan kolesterol LDL, serta meningkatkan kolesterol HDL.

3. Menyehatkan Pencernaan

Dalam 100 gram alpukat mentega mengandung sekitar 6-7 gram serat. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah alpukat mentega dapat membuat pencernaan kamu menjadi lebih sehat.

Mengonsumsi makanan dengan serat alami dapat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan menurunkan risiko kanker usus besar. Konsumsi serat yang cukup juga dapat meningkatkan perkembangan mikrobiota usus yang sehat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa serat pangan dapat meminimalisir terhadap risiko gangguan pencernaan.

Memenuhi kandungan serat dalam tubuh juga dapat membantu sahabat sehat dalam mengontrol dan menurunkan berat badan. Berbagai penelitian telah menunjukkan konsumsi serat yang cukup dapat menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan dari berbagai jenis penyakit.

4. Detosifikasi Alami

Kaya akan kandungan serat, alpukat mentega mampu memperlancar sistem pencernaan serta mengoptimalkan gerakan dari peristaltik. Serat yang cukup dapat mendorong pergerakan usus yang teratur sehingga dapat berperan  penting pada proses ekskresi racun melalui empedu dan tinja.

Usus yang dapat bergerak dengan baik akan memudahkan organ pencernaan untuk menjalankan fungsinya. Berbagai studi menunjukkan bahwa serat pangan juga dapat meningkatkan kesehatan usus dan keragaman microbiota dalam usus. Hal ini dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan bakteri yang sehat sehingga dapat mencegah terjadinya inflamasi dan peradangan pada saluran cerna.

CEK ALPUKAT MENTEGA DI SESA.ID

5. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau disebut juga sebagai kondisi pengeroposan tulang merupakan salah satu keadaan yang perlu menjadi perhatian dan harus dihindari. Perlu sahabat sehat ketahui bahwa dalam setengah butir alpukat mengandung kurang lebih 18% kecukupan vitamin K harian kita.

Zat gizi ini sering kita abaikan namun memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

Jika sahabat sehat mengonsumsi alpukat mentega secara rutin, risiko terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang akan jauh berkurang.

6. Menurunkan berat badan

Sedang dalam proses diet? Jika iya, sahabat sehat perlu mencoba mengkonsumsi alpukat mentega ini sebagai salah satu alternatif pangan dalam menu harian. Meskipun terdapat banyak faktor yang mempengaruhi berat badan.

Melakukan diet dengan gizi seimbang mungkin menjadi hal yang paling penting dalam mencapai dan mempertahankan berat badan ideal sebagai upaya untuk pencegahan berbagai macam penyakit. Alpukat mentega memang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, namun juga memiliki kandungan gizi lain yang bermanfaat seperti tinggi serat dan banyak kandungan lemak sehat sehingga membantu meningkatkan rasa kenyang.

Penelitian menunjukkan bahwa pola konsumsi yang kaya akan makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu mendukung penurunan berat badan. Orang yang makan lebih banyak serat cenderung dapat mempertahankan berat badan yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet rendah serat.

Asupan serat menjadi salah satu prediktor paling berpengaruh terhadap berat badan, terlepas dari asupan kalori dan makronutrien lainnya. Sejumlah penelitian juga telah dilakukan dengan hasil terdapat hubungan antara konsumsi alpukat dengan penurunan berat badan, peningkatan rasa kenyang, dan penurunan lemak perut.

Meningkatkan konsumsi pangan yang kaya serat pangan dapat membantu proses penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang yang lebih lama. Mengonsumsi pangan yang memiliki kandungan tinggi serat, seperti alpukat, bisa menjadi pilihan yang baik bagi sahabat sehat yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal.

7. Menjaga Kesehatan mata

Alpukat mentega mengandung lutein dan zeaxanthin, dua fitokimia yang ada di jaringan mata. Zat tersebut dapat membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar UV. Asam lemak tak jenuh dalam alpukat mentega juga mendukung penyerapan antioksidan larut lemak bermanfaat lainnya, seperti beta karoten.

Oleh karena itu, dengan  menambahkan alpukat mentega ke dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari  dapat membantu mengurangi risiko pengembangan kerusakan mata terkait usia.

8. Mengurangi risiko Depresi

Alpukat merupakan salah satu makanan sumber folat yang baik. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang relatif sedikit, tetapi folat memiliki peran penting dalam tubuh kita. Sebuah penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kadar folat yang rendah dengan kejadian depresi.

Di dalam tubuh kita, folat dapat membantu mencegah penumpukan homosistein, zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan pengiriman zat gizi ke otak. Penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kelebihan homosistein dengan disfungsi kognitif, depresi, dan produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.manfaat alpukat mentega

Alpukat Mentega

9. Manfaat Alpukat Mentega Mampu Mencegah Risiko Kanker

Belum ada penelitian yang menilai secara langsung hubungan antara konsumsi alpukat dan pengurangan risiko kanker. Namun, alpukat memang mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah timbulnya beberapa jenis kanker.

Penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara asupan folat yang optimal dengan penurunan risiko terkena kanker usus besar, lambung, pankreas, dan serviks. Namun, mekanisme di balik hubungan ini masih diteliti lebih lanjut.

Alpukat juga mengandung fitokimia dan karotenoid tinggi yang diduga memiliki sifat antikanker. Studi telah menunjukkan bahwa karotenoid dapat melindungi terhadap perkembangan kanker.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Asam lemak tak jenuh yang terkandung di dalam alpukat mentega dapat bermanfaat dalam mencegah kondisi kronis, seperti penyakit kardiovaskular. Berbagai penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa asupan serat yang optimal dapat mengurangi beberapa risiko penyakit.

Diantaranya risiko stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit gastrointestinal tertentu, dan perlu diketahui bahwa alpukat mentega kaya akan kandungan serat. Asupan serat yang tepat juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, serta meningkatkan penurunan berat badan bagi penderita obesitas.

11. Mencukupi Kebutuhan Gizi selama Masa Kehamilan dan Menyusui

Selama kehamilan dan menyusui, kebutuhan zat gizi meningkat secara signifikan. Perlu sahabat sehat ketahui bahwa kebutuhan folat juga meningkat secara signifikan selama kehamilan.

Sayangnya, masih banyak ibu hamil di seluruh dunia belum memenuhi asupan folat yang direkomendasikan sehingga dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

Satu buah alpukat mentega berkontribusi pada 27% dari asupan folat yang direkomendasikan selama kehamilan. Mengonsumsi alpukat juga dapat membantu memenuhi tingkat kecukupan zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah lebih besar selama kehamilan dan menyusui, seperti vitamin C, kalium, dan B6.

Selain itu, kandungan serat alpukat yang tinggi dapat membantu mencegah sembelit, yang sangat umum terjadi selama kehamilan. Selama kehamilan dan menyusui, kebutuhan akan zat gizi meningkat secara signifikan.

Menikmati alpukat mentega selama masa kehamilan merupakan salah satu cara cerdas untuk mendapatkan cukup vitamin dan mineral tertentu seperti folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6.

12. Menjaga Kesehatan Otak

Untuk beberapa buah memiki manfaat untuk menjaga kesehatan otak seperti buah bery begitu juga halnya dengan alpukat. Dalam sebuah penelitian menyatakan buah alpukat sama dengan buah bery untuk menjaga kesehatan otak.

Meskipun alpukat kaya akan zat gizi, namun perlu sahabat sehat ketahui bahwa tidak ada satu jenis makananpun yag memiliki kandungan gizi sempurna. Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian, sahabat sehat tetap perlu untuk mengonsumsi anekaragam makanan ya.

Manfaat alpukat mentega untuk otak

Kini, Sahabat sehat telah paham betul berbagai manfaat alpukat mentega untuk menunjang kesehatan tubuh. Mulai sekarang, tidak ada kata menunda untuk tubuh yang sehat optimal, investasikan kesehatan dengan memilih anekaragam buah-buahan dengan kualitas dan kebersihan terjaga di SESA.ID!

https://www.halodoc.com/artikel/alpukat-mentega-lebih-baik-dari-alpukat-biasa-benarkah

https://health.kompas.com/read/2020/07/05/133300668/10-manfaat-alpukat-untuk-kesehatan?page=all

https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406#tips

https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/171705/nutrients

https://academic.oup.com/nutritionreviews/article/67/4/188/1901012

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6315720/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6567160/