Home » Blog » Wajib Dikonsumsi, Berikut 8 Sumber Makanan Dengan Manfaat Superfood-nya

Wajib Dikonsumsi, Berikut 8 Sumber Makanan Dengan Manfaat Superfood-nya

Kesadaran manusia akan kesehatan kian meningkat akhir-akhir ini, menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga hingga mengonsumsi superfood sebagai penunjang. Istilah superfood menjadi populer bagi sebagian orang yang menjalani hidup sehat dan program diet.

Superfood digadang menjadi makanan dengan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Sudahkah Sahabat sehat mengonsumsinya? Mari, ketahui informasi lengkap mengenai superfood si penunjang hidup sehat.

Seperti Apa Superfood?

Superfood merupakan kelompok makanan yang mengandung banyak nutrisi bagi tubuh. Pada dasarnya superfood hanyalah istilah untuk mengelompokkan suatu makanan. Superfood terdiri dari ikan-ikanan, produk susu, buah blueberry, spirulina, dan masih banyak lagi makanan yang dinobatkan superfood.

Tidak ada kriteria khusus untuk menempatkan suatu jenis makanan dalam daftar superfood. Namun, para akademisi terus melakukan penelitian terhadap klaim beberapa makanan untuk memastikan kandungan dan efeknya bagi tubuh manusia.

Apa Saja Manfaat Superfood?

Penelitian telah berhasil membuktikan bahwa beberapa makanan yang diklaim superfood mengandung antioksidan tinggi dan flavonoid untuk membantu pencegahan berbagai macam penyakit, seperti jantung koroner hingga kanker. Beberapa jenis superfood bahkan memiliki manfaat mencegah penuaan dini, loh.

Jauh sebelum istilah superfood menjadi booming, manfaat dari beberapa jenisnya memang pada dasarnya telah memberikan efektifitas baik bagi tubuh.

Lantas Apa Saja Jenis Superfood?

Berikut beberapa jenis makanan super dengan manfaat dibaliknya, wajib disimak, ya!

1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau cenderung kaya akan folat, zinc, vitamin C, kalsium, zat besi dan serat. Kandungan yang beragam menjadikan sayuran hijau masuk dalam daftar superfood, khasiat mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes menjadi alasan selanjutnya.

2. Berries

Buah beri menjadi superfood yang sering digaungkan. Bagaimana tidak, buah beri sangat kaya akan antioksidan. Khasiatnya mampu mencegah resiko kanker, kasus peradangan, hingga memelihara kesehatan pencernaan. Beberapa jenis buah beri diantaranya strawberry, blueberry, raspberry, blackberry dan cranberry.

3. Teh Hijau

Teh asal china ini mengandung catechin, epigallacatechin gallate (EGCG) sebagai antioksidan terbaik untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Bahkan kandungan catechin efektif sebagai bahan penurun berat badan.

4. Telur

Kontroversi telur karena kandungan kolesterolnya tidak menghentikan manfaat yang diberikan. Telur utuh mengandung vitamin B, vitamin A, selenium, zat besi, fosfor dan tinggi protein. Faktanya telur meningkatkan kadar lemak baik atau HDL dalam tubuh jika dikonsumsi dengan bijak.

5. Biji-bijian dan Kacang

Biji-bijian dan kacang memiliki kandungan lemak baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Serat dan protein nabati juga membantu melindungi tubuh dari stress oksidatif. Dalam suatu penelitian emnyebutkan bahwa kacang dan biji-bijian menurunkan resiko penyakit jantung.

6. Jamur

Beberapa jamur yang dapat dikonsumsi seperti jamur kancing, shiitake, jamur kuping dan jamur tiram mengandung vitamin A, potassium dan serat sebagai antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

7. Salmon

Salmon menjadi ikan bergizi tinggi dikarenakan kandungan lemak sehat, vitamin B, protein hewani, kalium, selenium dan omega 3.

8. Spirulina

Makanan rendah kalori ini berhak masuk daftar superfood karena kelengkapan nutrisi serta tingginya kandungan protein. Spirulina banyak digunakan dalam bentuk powder dengan khasiat meningkatkan sistem imun Sahabat sehat.

Jika Sahabat sehat tertarik dengan segudang manfaat superfood, SESA menghadirkan beragam produk berbahan utama superfood yang bisa menunjang pola hidup Sahabat sehat! Cek di sini sekarang.

Referensi : idntimes.com