Home » Blog » Kenali Perbedaannya! Ini 8 Ciri-Ciri Madu Asli yang Baik bagi Kesehatan Tubuh!

Kenali Perbedaannya! Ini 8 Ciri-Ciri Madu Asli yang Baik bagi Kesehatan Tubuh!

ciri ciri madu asli

Madu memang dikenal bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi yang melimpah. Tak heran jika kini banyak orang mengonsumsi madu untuk menjaga imunitas atau menambah energi. Sayangnya, tak semua madu yang dijual murni, lho. Lantas, apa ciri-ciri madu asli?

Tak sedikit madu palsu yang beredar di pasaran. Madu palsu ini biasanya dicampur dengan bahan lain, seperti glukosa, molasses, dekstrosa, sirup gula, invert sugar, tepung pati, dan masih banyak lagi. Biasanya, hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Sebuah madu dikatakan murni atau asli ketika tak ada campur tangan manusia dalam proses pembuatannya. Madu asli berasal dari lebah yang mengambil nektar pada bunga, lalu mengumpulkannya. Namun, bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu? Berikut ciri-ciri madu asli yang bisa diperhatikan:

Teksturnya Kental

gambar madu asli kental

Madu Hutan UD Madu 500 g

Madu asli memiliki tekstur yang sangat kental dan tidak cair. Sahabat Sehat bisa mengetahuinya dengan cara menggoyangkan botol yang berisi madu.

Baca Selengkapnya  5 Cara Mengkonsumsi Madu yang Benar dan Sehat

Madu yang kental tentu akan bergerak sangat lambat ketika digoyangkan. Namun, jika madu ringan dan mudah untuk bergerak, kemungkinan itu madu palsu.

Tidak Lengket

Madu Asli Tidak Lengket

Madu Hutan Honey Life 500 ML

Selain kental, madu asli tidak lengket ketika diletakkan pada dua jari. Madu juga akan meresap ke kulit dengan mudah.

Sementara, madu palsu biasanya sedikit lengket karena terdapat berbagai bahan campuran. Madu palsu juga akan meninggalkan butiran-butiran kecil pada jari setelah diusapkan.

Warna dan Rasa

warna dan rasa madu asli

Madu Uray Trigona 300 g

Ciri-ciri madu yang asli selanjutnya dapat dilihat dari warna dan rasanya. Madu asli biasanya memiliki warna yang lebih gelap karena adanya pH dan kandungan mineral, seperti potassium, klorin, zat besi, magnesium, sodium, dan sulfur yang lebih tinggi.

Sementara itu, rasa madu asli tidak akan meninggalkan bekas di lidah, berbeda dengan madu palsu yang menyisakan rasa manis di lidah.

Tekstur Berubah Ketika Dimasak

Tekstur madu asli

Madu Watu Bangka Multifloral 400 g

Salah satu cara yang bisa Sahabat Sehat lakukan untuk mengetahui ciri-ciri madu asli adalah dengan memanaskannya. Ambilah madu, lalu panaskan seperti sedang merebus air.

Baca Selengkapnya  8 Khasiat Madu Hutan Penyembuh Berbagai Penyakit

Jika tekstur madu berubah menjadi karamel dan tidak berbusa, maka madu tersebut dapat dikatakan asli. Sebaliknya, jika madu memanas seperti air, kemungkinan madu tersebut palsu.

Mudah Terbakar

Madu Uray 450 G

Madu asli akan lebih mudah terbakar daripada madu palsu. Jika ingin membuktikan dengan cara ini, Sahabat Sehat perlu mempersiapkan berbagai hal.

Masukkan korek api kayu ke dalam madu, lalu jika api menyala saat korek dinyalakan, itu berarti madu asli. Namun, jika api tidak menyala, madu tersebut palsu dan mengandung beberapa zat tambahan.

Mudah Mengalir

Madu Hutan Honey Life 250 ml

Madu asli atau madu yang berkualitas memiliki kandungan air kurang dari 18 persen bahkan 14 persen. Hal tersebut membuat madu akan mengalir tanpa putus dan membentuk gumpalan ketika sampai di ujung permukaan datar dan menyerap dengan cepat.

Sementara, madu palsu atau kurang berkualitas mengandung air lebih dari 20 persen, sehingga ketika dituang ke permukaan datar, madu akan mengalir putus-putus.

Lebih Keruh

Uray Madu 875G

Dibanding madu palsu yang terlihat bersih, madu asli justru tampak lebih keruh. Pasalnya, madu asli mengandung pollen.

Madu palsu kerap disaring dan dipanaskan berulang kali agar tampak lebih bersih dan tahan lama. Sayangnya, hal tersebut membuat kita tak bisa merasakan manfaat propolis atau zat alami lainnya dari madu yang murni.

Baca Selengkapnya  9 Fakta Kesehatan Madu Uray Adalah Pengganti Gula yang Baik

Kristalisasi Madu

Banyak orang mengira bahwa madu yang mengkristal itu madu palsu atau madu yang kadaluarsa, padahal tidak demikian. Menurut Beeraw.com kristalisasi madu adalah hal yang natural. Madu asli yang tidak dipanaskan bisa mengkristal secara alami seiring berjalannya waktu. Kristalisasi ini menjaga rasa dan kualitas madu.

Madu yang mudah mengkristal memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Untuk penjelasan lebih mendetail mengapa madu mengkristal, silahkan tonton video dari channel Clean Slate Farm di bawah ini.

 

Cara Tes Madu Asli atau Palsu di Rumah

Apakah ada tes yang kita bisa lakukan untuk memastikan madu yang kita beli itu asli? Berikut ini infografis yang menjelaskan tentang tes madu asli atau palsu di rumah.

Infografis madu asli

Proses membedakan madu asli dan madu palsu tampak mudah tapi seringkali membuat bingung juga. Jika setelah tahu ciri-ciri madu asli di atas tapi masih tidak yakin juga, Sahabat Sehat selalu bisa berbelanja di toko yang menjamin keaslian madu. Belanja madu asli berkualitas di Sesa.id. Cek juga promo-promo menarik yang tersedia setiap hari.

 

Referensi: Kompas

Photo by Three-shots

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *