Home » Blog » Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Sarang Madu!

Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Sarang Madu!

manfaat sarang madu

Sarang madu atau honeycomb merupakan bagian dari sarang lebah yang berbentuk seperti penampang dengan pola segi enam. Bagian yang satu ini terbuat dari getah madu yang dicampur dengan sedikit air. Sama seperti madu, manfaat sarang madu bagi kesehatan tubuh juga sangat melimpah.

Manfaat Honeycomb

Kebanyakan orang masih berpikir bahwa madu dan sarang madu adalah dua hal yang sama atau mirip. Nyatanya, keduanya jelas sangat berbeda. Dilihat dari bentuknya saja, madu dan sarang madu memiliki banyak perbedaan.

Namun, secara keseluruhan, sarang madu memang mengandung nutrisi yang hampir sama dengan madu atau beeswax. Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, tak heran jika sarang madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut daftar manfaatnya:

banner belanja madu

  • Menjaga Kesehatan Hati

Pertama, sarang madu bermanfaat untuk menjaga kesehatan liver. Hal ini sudah dibuktikan oleh peneliti dan dimuat dalam jurnal kesehatan. Menurut jurnal tersebut, sebanyak 48% pasien liver mengalami penurunan gejala, seperti kembung, sakit perut, dan mual.

Selain itu, 28% fungsi liver juga dapat kembali seperti semula. Meskipun begitu, belum ada kejelasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Hingga kini, peneliti masih mengadakan studi lebih lanjut.

  • Meringankan Nyeri

Manfaat sarang madu untuk mengurangi rasa sakit sudah digunakan sejak dahulu kala. Hal ini dikarenakan adanya kandungan lilin lebah atau beeswax di dalamnya.

Menurut beberapa penelitian, sarang madu mampu meredakan peradangan akibat osteoarthritis. Diketahui, penyakit ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang hebat dan tidak tertahankan. Selain itu, gejala osteoarthritis lainnya, seperti fisik kaku dan nyeri pinggang juga dapat teratasi dengan baik.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit ini dapat membuat seseorang meregang nyawa dalam waktu yang sangat singkat. Sarang madu diketahui dapat menekan resiko penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Kebanyakan penyakit jantung berasal dari penyumbatan pembuluh darah arteri. Antioksidan akan berperan dalam melebarkan arteri, sehingga aliran darah menuju jantung lebih lancar.

  • Menjaga Kesehatan Mulut

Masalah mulut pasti pernah dialami setiap orang setidaknya satu kali dalam hidup. Rasa manis dari sarang madu nyatanya sangat aman untuk mulut dan gigi. Bahkan, sarang madu menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan mulut dan gigi.

Adanya kandungan zat antibakteri dalam sarang madu membuatnya mampu menyembuhkan infeksi. Apalagi, tekstur sarang madu dapat memperkuat gusi dan menghilangkan karang gigi.

  • Meredakan Batuk

Batuk merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Kelompok yang paling rentan terserang penyakit batuk adalah anak-anak. Tak perlu khawatir, manfaat sarang madu berikutnya adalah membantu meredakan batuk membandel.

Sahabat Sehat bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi 2,5 mililiter madu sebelum tidur. Cara ini diyakini lebih efektif daripada mengonsumsi sirup atau obat batuk. Tidak hanya mengatasi batuk, sarang madu juga dapat memperkuat saluran pernapasan dan mencegah infeksi di sekitar area hidung.

banner belanja madu

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Terakhir, sarang madu memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol. Sarang madu adalah salah satu sumber lemak tidak jenuh yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Sambil meningkatkan kadar HDL, sarang madu juga akan bekerja keras dalam menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Dengan begitu, kandungan kolesterol yang terdapat pada tubuh Sahabat Sehat akan lebih seimbang dan tetap terkendali.

Dengan banyaknya manfaat sarang madu di atas, Anda bisa menjaga kesehatan dengan harga yang murah. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, gunakan madu uray dari Sesa. Madu yang satu ini sudah terbukti bebas bahan kimia dan diproduksi langsung oleh lebah liar.

 

Referensi: Hellosehat