Home » Blog » Kanker: Penyebab, Gejala, Macam – Macamnya dan Cara Mencegah Kanker

Kanker: Penyebab, Gejala, Macam – Macamnya dan Cara Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang dapat menyerang seluruh organ tubuh. Ditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal dan tidak terkendali. Sel tersebut dapat merusak sel yang normal lainnya. Penyakit ini adalah penyebab kematian kedua di dunia.

Penyakit ini pada awalnya tidak menampakkan gejala sehingga baru terdeteksi dan diobati setelah menuju ke stadium lanjut. Sahabat sehat dapat melakukan medical check up secara rutin supaya segala penyakit dapat terdetekasi sejak dini.

sel kanker

Penyebab Kanker

Disebabkan oleh perubahan (mutasi) pada DNA di dalam sel. DNA di dalam sel dikemas ke dalam sejumlah besar gen individu, yang masing-masing berisi satu set instruksi yang memberi tahu sel.

Fungsi apa yang harus dilakukan, serta bagaimana tumbuh dan membelah. Kesalahan dalam instruksi dapat menyebabkan sel menghentikan fungsi normalnya dan memungkinkan sel menjadi kanker.

BACA JUGA: Beras Organik: Kelebihan, Manfaat, Prinsip dan Bedanya Dengan Non Organik

Penyakit ini muncul dari transformasi sel normal menjadi sel tumor dalam proses multi-tahap, yang umumnya berkembang dari lesi pra-kanker menjadi tumor ganas. Perubahan tersebut merupakan hasil interaksi antara faktor genetik seseorang dengan tiga kategori agen eksternal, antara lain:

  1. karsinogen fisik, seperti ultraviolet dan radiasi ion;
  2. karsinogen kimia, seperti asbes, komponen asap tembakau, alkohol, aflatoksin (kontaminasi makanan), dan arsenik (kontaminasi air minum); dan
  3. karsinogen biologis, seperti infeksi dari virus, bakteri, atau parasit tertentu.

Faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko kanker adalah :

  • Usia

Gejala penyakit ini bisa memakan waktu puluhan tahun untuk berkembang. Itu sebabnya kebanyakan orang yang didiagnosis menderita kanker berusia 65 tahun atau lebih.

Meskipun lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, bukan hanya penyakit orang dewasa — namun dapat didiagnosis pada usia berapa pun.

  • Kebiasaan

Pilihan gaya hidup tertentu diketahui meningkatkan risiko. Merokok, minum alcohol,  paparan sinar matahari yang berlebihan, gemuk, dan berhubungan seks yang tidak aman dapat menyebabkan penyakit ini.

  • Riwayat keluarga 

Hanya sebagian kecil dari kasus ini yang disebabkan oleh kondisi yang diturunkan. Jika penyakit ini umum di keluarga Sahabat sehat, ada kemungkinan mutasi diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Ingatlah bahwa memiliki mutasi genetik yang diturunkan tidak selalu berarti Sahabat sehat akan terkenanya.

  • Kondisi kesehatan Sahabat sehat

Beberapa kondisi kesehatan kronis, seperti kolitis ulserativa, dapat secara nyata meningkatkan risiko Sahabat sehat terkena penyakit ini. Obesitas Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki diabetes dapat sedikit meningkatkan risiko.

Diantaranya jenisnya berikut: Kanker kandung kemih, payudara pada wanita, kolorektal, endometrium, hati, paru-paru, mulut, orofaring, ovarium, hingga Kanker pankreas.

  • Lingkungan

Lingkungan di sekitar Sahabat sehat mungkin mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat meningkatkan risiko. Bahkan jika Sahabat sehat tidak merokok, Sahabat sehat mungkin menghirup asap rokok jika Sahabat sehat pergi ke tempat orang merokok atau jika Sahabat sehat tinggal dengan seseorang yang merokok.

Bahan kimia di rumah atau tempat kerja Sahabat sehat, seperti asbes dan benzena, juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Tanda dan Gejala Kanker

Tanda dan gejala yang disebabkan akan bervariasi tergantung pada bagian tubuh mana yang terkena. Beberapa tanda dan gejala umum yang terkait dengan kanker, tetapi tidak spesifik, meliputi:

  1. Kelelahan
  2. Benjolan atau area penebalan yang dapat dirasakan di bawah kulit
  3. Berat badan berubah, termasuk kehilangan atau penambahan yang tidak diinginkan
  4. Perubahan kulit, seperti menguning, menggelap atau kemerahan pada kulit, luka yang tidak kunjung sembuh, atau perubahan pada tahi lalat yang ada
  5. Perubahan kebiasaan buang air besar atau kandung kemih
  6. Batuk terus-menerus atau kesulitan bernapas
  7. Kesulitan menelan
  8. Suara serak
  9. Gangguan pencernaan atau ketidaknyamanan yang terus-menerus setelah makan
  10. Nyeri otot atau sendi yang persisten dan tidak dapat dijelaskan
  11. Demam atau keringat malam yang terus-menerus tanpa sebab yang jelas
  12. Pendarahan atau memar yang tidak dapat dijelaskan

Macam-Macam Kanker

Ada lebih dari 200 jenis kanker; terlalu banyak untuk dimasukkan dalam artikel pengantar ini. Namun, The National Cancer Institute (NCI) mencantumkan beberapa kategori umum.

1. Karsinoma

Jenis ini dimulai di kulit atau jaringan yang melapisi atau menutupi organ dalam — “kulit, paru-paru, usus besar, pankreas, kanker ovarium,” karsinoma sel epitel, skuamosa dan sel basal, melanoma, papiloma, dan adenoma

2. Sarkoma

Untuk yang jenis ini yang dimulai pada tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau jaringan ikat atau pendukung lainnya — “tulang, kanker jaringan lunak,” osteosarcoma, sarkoma sinovial, liposarcoma, angiosarcoma, rhabdosarcoma, dan fibrosarcoma

3. Leukemia

Leukemia dimulai di jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan sejumlah besar sel darah abnormal diproduksi dan masuk ke dalam darah — “leukemia”, leukemia limfoblastik, leukemia myelogenous, leukemia sel T, dan leukemia sel berbulu

4. Limfoma dan mieloma

Sedangkan jenis ini dimulai di sel-sel sistem kekebalan – “limfoma,” limfoma sel T, limfoma sel B, limfoma Hodgkin, limfoma non-Hodgkin, dan limfoma limfoproliferatif

5. Kanker sistem saraf pusat

Dimulai di jaringan otak dan sumsum tulang belakang – “tumor otak dan sumsum tulang belakang”, glioma, meningioma, adenoma hipofisis, schwannomas vestibular, limfoma SSP primer, dan tumor neuroektodermal primitif

6. Tidak termasuk dalam jenis yang tercantum di atas adalah kanker metastatik

Ini karena sel-sel kanker metastatik biasanya muncul dari jenis sel yang tercantum di atas dan perbedaan utama dari jenis-jenis di atas adalah bahwa sel-sel ini sekarang hadir dalam jaringan dari mana sel-sel kanker pada awalnya tidak berkembang.

Akibatnya, jika istilah “kanker metastatik” digunakan, untuk akurasi, jaringan dari mana sel-sel kanker muncul harus dimasukkan.

Misalnya, seorang pasien mungkin mengatakan bahwa mereka telah atau didiagnosis dengan “kanker metastatik” tetapi pernyataan yang lebih akurat adalah “kanker metastatik (payudara, paru-paru, usus besar, atau jenis lainnya) dengan penyebaran ke organ di mana ia ditemukan.”

Contoh lain adalah sebagai berikut: Seorang dokter yang menggambarkan seorang pria yang kanker prostatnya telah menyebar ke tulangnya harus mengatakan bahwa pria itu menderita kanker prostat metastatik ke tulang.

Ini bukan “kanker tulang”, yang akan menjadi kanker yang dimulai di sel-sel tulang. Kanker prostat metastatik ke tulang diperlakukan secara berbeda dari kanker paru-paru ke tulang.

Pencegahan

Pencegahan akan penyakit ini, dengan menghindari penyebab potensialnya, adalah metode paling sederhana. Dokter telah mengidentifikasi beberapa cara untuk mengurangi risiko, seperti:

kanker karena merokok

Berhenti merokok

Jika Sahabat sehat merokok, berhentilah. Jika Sahabat sehat tidak merokok, jangan mulai. Merokok dikaitkan dengan beberapa jenis kanker – bukan hanya menyerang paru-paru. Berhenti sekarang akan mengurangi risiko di masa depan.

Merokok sigaret adalah penyebab utama dari jenis kanker berikut: Leukemia myelogenous akut (AML), Kanker kandung kemih, Kanker serviks, Kanker kerongkongan, Kanker ginjal, Kanker paru-paru, Kanker rongga mulut, Kanker pankreas, Kanker perut.

Sinar ultraviolet (UV)

Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan.  yang berbahaya dari matahari dapat meningkatkan risiko menyerang kulit. Batasi paparan sinar matahari Sahabat sehat dengan tetap berada di tempat teduh, mengenakan pakaian pelindung atau mengoleskan tabir surya.

Makan makanan yang sehat

Pilih makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran. Pilih biji-bijian dan protein tanpa lemak. Batasi asupan daging olahan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak, protein, kalori, dan daging merah meningkatkan risiko kanker kolorektal.

anggur saphire

Anggur Black Saphire

Berolahraga

Lakukan hampir setiap hari dalam seminggu. Olahraga teratur dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah. Bertujuan untuk setidaknya 30 menit latihan hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Sahabat sehat belum berolahraga secara teratur, mulailah dengan perlahan dan lanjutkan hingga 30 menit atau lebih.

Pertahankan berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko juga. Bekerja untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat melalui kombinasi diet sehat dan olahraga teratur.

Studi menunjukkan bahwa obesitas terkait dengan risiko yang lebih tinggi dari jenis kanker berikut: Kanker payudara pascamenopause, kolorektal, endometrium, kerongkongan, ginjal, dan pankreas.

Minum alkohol

Jika Sahabat sehat memilih untuk minum. Jika Sahabat sehat memilih untuk minum alkohol, lakukan dalam jumlah sedang. Untuk orang dewasa yang sehat, itu berarti hingga satu gelas sehari untuk wanita dan hingga dua gelas sehari untuk pria.

Jadwalkan skrining kanker

Bicaralah dengan dokter Sahabat sehat tentang jenis pemeriksaan skrining kanker yang terbaik untuk Sahabat sehat berdasarkan faktor risiko Sahabat sehat.

Imunisasi

Tanyakan kepada dokter Sahabat sehat tentang imunisasi, virus tertentu meningkatkan risiko penyakit ini. Imunisasi dapat membantu mencegah virus tersebut, termasuk hepatitis B, yang meningkatkan risiko kanker hati, dan human papillomavirus (HPV).

Yang meningkatkan risiko kanker serviks dan kanker lainnya. Tanyakan kepada dokter Sahabat sehat apakah imunisasi terhadap virus ini sesuai untuk Sahabat sehat.

Meskipun FDA dan CDC menunjukkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang secara definitif mengatakan ponsel menyebabkan kanker, lembaga lain menyerukan penelitian lebih lanjut atau menunjukkan risikonya sangat rendah. Sahabat sehat dapat membatasi paparan ponsel dengan menggunakan earphone dan hanya membuat panggilan ponsel sejarang mungkin.

banner bluberry

  1. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/cancer
  2. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cancer/symptoms-causes/syc-20370588
  3. https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/patient-prevention-overview-pdq
  4. https://www.medicinenet.com/cancer/article.htm
Sumber gambar
  1. https://www.medkes.com/2018/11/kanker-jenis-stadium-dan-perawatan.html
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3544340/penyakit-mematikan-yang-dipicu-oleh-rokok
  3. freepik.com
  4. sesa.id