Home » Blog » Apakah Olive Oil Bisa Untuk Menggoreng?

Apakah Olive Oil Bisa Untuk Menggoreng?

apakah olive oil bisa untuk menggoreng

Pro dan kontra seputar penggunaan minyak zaitun atau olive oil selama ini adalah apakah olive oil bisa untuk menggoreng? Ada yang bilang bahwa olive oil tidak cocok untuk menggoreng.

Ada yang bilang olive oil aman-aman saja digunakan untuk menggoreng. Sahabat sehat, wajar jika bingung dan ikut bertanya, apakah olive oil bisa untuk menggoreng?

Olive oil atau minyak zaitun sangat kaya manfaat untuk kesehatan. Sayang sekali jika Sahabat sehat melewatkan nutrisi yang ada di dalamnya. Supaya tidak keliru untuk menjawab apakah olive oil bisa untuk menggoreng, mari simak penjelasan berikut ini!

1. Titik Asap Olive oil Relatif Rendah

Apakah olive oil bisa untuk menggoreng? Menjawab ‘tidak bisa’, tidak sepenuhnya salah. Sebab, sebagian besar jenis olive oil punya titik asap rendah. Terutama minyak zaitun jenis extra virgin olive oil. Menggoreng biasanya membutuhkan suhu tinggi dan banyak minyak, dikhawatirkan merusak nutrisi pada extra virgin olive oil. 

Selain itu, harga extra virgin olive oil cenderung mahal dibanding jenis minyak zaitun lain. Jika digunakan untuk menggoreng yang butuh banyak minyak, tentu menjadi kurang ekonomis. 

2. Teksturnya Terlalu Kental

Tekstur minyak zaitun relatif lebih kental dari minyak goreng pada umumnya. Minyak goreng biasanya terbuat dari bahan dasar kelapa sawit atau kelapa. Tekstur minyak yang kental tidak akan maksimal digunakan untuk menggoreng. Masakan akan sulit untuk matang merata. 

Terutama minyak zaitun jenis extra virgin olive oil, sangat tidak disarankan untuk menggoreng. Extra virgin olive oil punya tekstur lebih pekat dan warnanya kehijauan. Jika digunakan untuk menggoreng, bisa merusak warna, tekstur dan aroma khas minyak zaitun ini. 

3. Khawatir Nutrisi pada Minyak Zaitun Rusak

Dikutip dari media Lifestyle Kompas dalam wawancara bersama Chef Gourmet Kemang, Chef Akbar, Minyak zaitun lebih cocok untuk proses memasak yang ringan dan sebentar. Ketika suhu minyak terlalu panas, maka minyak akan mulai berasap, saat itulah minyak bisa pecah. Inilah yang dikhawatirkan merusak nutrisi pada minyak zaitun. 

Minyak zaitun tetap bisa digunakan untuk memasak, hanya saja metode memasak yang perlu lebih diperhatikan. Minyak zaitun lebih cocok untuk metode memasak pan-fry, yaitu metode memasak dengan sedikit minyak dan waktu singkat. 

4. Metode Memasak dengan Minyak Zaitun

Apakah olive oil bisa untuk menggoreng? Sebagian besar alasan menjawab tidak cocok, tetapi bukan berarti tidak bisa. Kini, ada beberap produsen minyak zaitun yang menciptakan jenis olive oil yang cocok untuk memasak. Metode memasak yang digunakan bisa lebih beragam termasuk menggoreng. 

Extra light olive oil adalah jenis minyak zaitun paling cocok dan aman untuk deep fry. Extra light olive oil punya tekstur yang lebih bening dan tidak terlalu kental.

Titik asap extra light olive oil hingga 220 derajat celcius. Sahabat sehat bisa menggoreng kerupuk yang renyah dengan Extra light olive oil.

Jika Sahabat sehat ingin menumis dengan api besar, seperti menggoreng bawang, maka minyak zaitun jenis pure, classic, pomace cocok digunakan. Titik didihnya bisa sampai 200 derajat celcius. Extra virgin olive oil lebih cocok untuk dressing salad, pelengkap jus dan sup.

 

Sahabat sehat, apakah olive oil bisa untuk menggoreng? Jawabannya bisa saja ya’, dengan catatan kita memperhatikan jenis minyak zaitun yang akan digunakan.

Kita juga perlu tahu metode masak apa yang cocok berdasarkan jenis minyak zaitun yang dipakai. Pilih olive oil yang bisa untuk memasak ya, Sahabat sehat. Sempatkan mengecek label kemasan olive oil, untuk dapat informasi tepat sebelum menggunakannya.

Gambar oleh Marina Pershina dari Pixabay

Referensi: Detik, Kompas