fbpx
Skip to content
Home » Blog » Beras Organik: Kelebihan, Manfaat, Prinsip dan Bedanya Dengan Non Organik

Beras Organik: Kelebihan, Manfaat, Prinsip dan Bedanya Dengan Non Organik

beras organik

Beras organik Adalah

Halo Sahabat Sehat! Dalam kehidupan sehari-hari, pada umumnya makanan pokok masyarakat Indonesia tidak terlepas dari beras. Terdapat berbagai jenis beras yang dapat dijadikan pilihan untuk dikonsumsi. Beras organik adalah beras yang dihasilkan berdasarkan proses budidaya prinsip beras organik.

Dilihat dari segi proses budidayanya, terdapat dua jenis beras yaitu beras organik dan beras non organik. Saat ini, beras organik mulai tren dikalangan masyarakat dan permintaannya kian meningkat. 

Namun, apakah Sahabat Sehat sudah mengenal betul beras organik? Apa saja kelebihan, manfaat dan cara membedakan beras organik dengan beras non organik? Simak pembahasannya sampai tuntas ya!

Prinsip Beras Organik

Terdapat beberapa kekhususan dari beras organik yang perlu Sahabat Sehat ketahui, diantaranya:

  1. Dibudidayakan Secara Organik

Beras organik adalah beras yang dibudidayakan secara organik atau tanpa menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Pupuk yang digunakan dalam proses budidaya beras organik yaitu pupuk organik, seperti kompos, pupuk hijau maupun pupuk hayati lainnya.

Adapun pestisida yang digunakan untuk memberantas hama selama proses budidaya organik yaitu berupa pestisida yang dihasilkan dari fermentasi daun-daunan dan buah-buahan secara alami.

Proses organik ini lebih ramah terhadap lingkungan karena dapat menjaga keseimbangan ekosistem di dalam tanah dan memperbaiki struktur serta kesuburan tanah. Proses organik juga dapat mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Prinsip Beras Organik

Cek Produk Beras Organik di SESA.ID

  1. Membudidayakan Padi Jenis Lokal (Non Transgenik)

Beras organik yang beredar di pasaran merupakan padi jenis lokal. Hal ini didukung karena selain Indonesia merupakan negara penghasil beras terbesar ketiga di dunia. 

Juga padi jenis lokal secara alami juga lebih responsif terhadap pupuk organik sehingga beras yang cocok dibudidayakan secara organik adalah beras lokal. Selain itu, beras organik dari padi jenis lokal ini juga bukan hasil dari rekayasa genetika.

  1. Menggunakan Air yang Tidak Tercemar

Pupuk dan pestisida kimia dalam kegiatan pertanian dapat menghasilkan limbah yang dapat menjadi penyebab pencemaran air. Pencemaran air dari sektor pertanian ini tidak hanya pada air permukaan, tetapi juga air tanah.

Dikarenakan beras organik menggunakan pupuk organik dan pestisida alami, maka air yang digunakan dalam proses budidaya beras organik tidak akan mengganggu ekosistem lingkungan dan tetap menjaga kesuburan tanah.

  1. Pada Pasca Panen Tidak Menggunakan Bahan Kimia

Beras organik djaga kualitasnya dari bahan-bahan kimia sampai akhir pemrosesan menjadi beras putih. Pada penanganan pasca panennya, proses pemolesan dilakukan dengan tidak menggunakan bahan pengawet, pemutih, pengharum, atau lainnya sehingga didapatkan beras dengan kontaminan yang minimal.

  1. Pelabelan Organik Telah Melalui Proses Sertifikasi

Pelabelan produk organik ternyata tidak bisa sembarangan lho Sahabat Sehat. Terdapat peraturan pemerintah yaitu Peraturan Menteri Pertanian No. 64/Permentan/OT.140/5/2013 tentang Sistem Pertanian Organik.

Selain itu, terdapat lembaga sertifikasi yang akan menentukan kelayakan suatu produk dikatakan organik. Oleh karena itu, label organik pada beras menyatakan bahwa beras tersebut telah diproduksi sesuai dengan standar produksi organik dan disertifikasi oleh lembaga sertifikasi resmi.

Kelebihan Beras Organik

Beras organik memiliki beberapa kelebihan dan manfaat jika dibandingkan dengan beras non organik, di antaranya:

1. Memiliki Nilai Sensori yang Lebih Baik

Dari segi rasa, beras organik terasa lebih enak dibandingkan dengan beras non-organik. Hal ini dapat berkaitan dengan tekstur beras organik yang lebih pulen dan aroma yang terasa lebih khas yaitu aroma beras alami tanpa penambahan zat pewangi.

Adapun dari segi warna, beras organik tidak tampak mengkilap seperti pada beras umumnya. Hal ini dikarenakan beras organik tidak menghilangkan lapisan kulit ari secara menyeluruh dan tidak memakai pewarna. Selain itu, nasi dari beras organik juga tidak cepat basi dan dapat bertahan hingga 24 jam.

beras organik

Berash Putih Organik Z.Go

2. Memiliki Kandungan Gizi yang Lebih Tinggi

Terdapat dua alasan yang membuat kandungan gizi beras organik lebih tinggi dan lebih sehat dibandingkan dengan beras non organik. Pertama akibat penambahan pupuk organik yang pada umumnya mengandung urea yang lebih rendah dibanding pupuk anorganik dan tidak mengandung logam berat dari penggunaan insektisida kimiawi.

Pupuk organik juga mengandung zat gizi mikro (vitamin dan mineral) dalam jumlah cukup yang dapat diserap oleh tanaman padi untuk meningkatkan pertumbuhan dan zat gizi hasil padi. Selain itu, budidaya organik juga membuat kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai.

Kedua, pada proses pasca panen, lapisan kulit ari beras organik tidak dihilangkan secara menyeluruh, hal inilah yang menjadikannya memiliki kandungan gizi (khususnya vitamin, mineral, dan serat) yang lebih tinggi.

3. Sistem Produksi Ramah Lingkungan

Budidaya beras organik tidak menghasilkan cemaran dari bahan kimia sintetik sehingga tidak mencemari lingkungan dan meningkatkan produktivitas ekosistem pertanian secara alami, serta menciptakan keseimbangan ekosistem yang berkelanjutan.

4. Lebih Berpotensi Menyejahterakan Petani Lokal

Dikarenakan beras organik yang beredar di pasaran merupakan padi jenis lokal, maka apabila Sahabat Sehat ikut mengonsumsi beras organik lokal, maka secara tidak langsung Sahabat Sehat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan para petani beras lokal meskipun harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan beras non organik.

Manfaat Beras Organik Secara Umum

Selain memiliki beberapa keunggulan di atas, mengkonsumsi beras organik akan memberi manfaat kesehatan bagi tubuh.

  • Jadi Sumber Energi

Untuk manfaat yang satu ini mungkin bisa dikatakan manfaat umum dari beras. Karna organik maupun organik beras yang dikonsumsi tetap memberikan energi. Hal ini karna kandungan beras sebagai sumber karbohidrat untuk tubuh.

  • Baik Untuk Penderita Diabetes

Disamping menjadi sumber energi, beras organik juga dapat menjadi alternatif pilihan yang lebih baik bagi penderita diabetes. Konsumsi beras organik dipercaya baik untuk penderita diabetes dan bisa jadi pilihan tepat untuk sahabat sehat.

  • Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat yang mungkin jadi nilai plus dari konsumsi beras organik adalah dapat menurunkan badan. Jadi bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan atau sedang diet bisa pertimbangkan konsumsi beras organik.

Hal ini dikarenakan kandungan glukosa, karbohidrat dan protein  beras organik yang lebih mudah terurai serta kandungan seratnya yang lebih tinggi.

Manfaat Beras Merah Organik

  • Mampu Mencegah Alzheimer

Untuk jenis beras organik seperti beras merah organik bermanfaat untuk mencegah Alzheimer. Penyakit yang menchancurkan fungsi mental penting serta memori. Dikarenakan koneksi sel otak dan sel-sel sendiri merosot dan mati akhirnya menghancurkan memori dan fungis mental penting lainnya.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berikut ini merupakan salah satu alasan terbesar seseorang memutuskan untuk rutin konsumsi beras merah organik. Dikarenakan mampu meningkatkan kesehatan jantung.

  • Mampu Kontrol Kadar Kolestrol

Dengan konsumsi beras merah organik diyakini juga mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolestrol yang tinggi dapat memicu penyakit yang berbahaya, pilihan yang tepat jika sahabat sehat yang mau kontrol kolestrol dengan konsumsi beras organik.

Beras Merah Organik

Beras Merah Organik Z.Go 

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat lain dari konsumsi beras merah organik mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh mampu membantu agar tetap terlindungi dari ancaman penyakit atau sejenisnya.

  • Menurunkan Stres Pada Ibu Menyusui

Beras merah organik dipercaya mampu menurunkan tingkat stres pada ibu menyusui. Untuk diketahui stres pada ibu menyusui dapat menurunkan berat badan sang bayi karna tidak mampu menyerap nutrisi ASI yang diberikan.

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Sistem pencernaan adalah salah satu bagian yang harus dijaga kesehatannya, sistem pencernaan dipercaya dapat menjadi sumber penyakit jika tidak terjaga dengan baik. Konsumsi beras merah organik diyakini mampu meningkatkan kesehatan pencernaan.

  • Mencegah Kanker

Salah satu alasan pentingnya mengkonsumsi makanan organik ialah karna produk yang dihasilkan dengan metode organik aman dari radikal bebas. Dimana radikal bebas adalah salah satu penyebab dapat menyebabkan kanker kanker.

Manfaat Beras Coklat

  • Beras coklat bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan kardiovaskular
  • Menurunkan resiko kanker usus besar
  • Menjaga kolesterol

Beras Coklat

Beras Coklat Organik Z.Go

Manfaat Beras Ketan Putih

  • Bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang
  • Mencegah peradangan
  • meningkatkan kesehatan jantung
  • meningkatkan metabolisme tubuh
  • dan mencegah penyakit yang diakibatkan dari penumpukan radikal bebas.

Beras Ketan Putih

Beras Ketan Putih Lingkar Organik

Perbedaan Beras Organik dengan Beras Non Organik

Secara fisik, perbedaan antara beras organik dengan beras biasa dapat mudah dilihat penampilan fisik beras. Beras putih organik memiliki warna yang lebih kusam dan lebih kasar karena tidak menghilangkan lapisan kulit ari secara menyeluruh dan tidak menggunakan pemutih.

Berbeda dengan beras non organik yang seringkali memiliki tampilan warna yang lebih mengkilap dan licin. akibat pelepasan kulit ari dan penggunaan pemutih.

Selain itu, seringkali kandungan serat dan zat gizi  dari beras non organik sengaja dihilangkan untuk meningkatkan daya simpannya. Perbedaan beras organik dan beras non organik lainnya dapat dilihat pada tabel berikut:

Beras OrganikBeras Anorganik
Ketika dimasak teksturnya lebih pulenKetika dimasak kurang pulen
Memasak lebih cepatMemasak lebih lama
Air untuk memasak lebih sedikitAir untuk memasak lebih banyak
Nasi lebih tahan lamaNasi kurnag tahan lama
Kandungan zat gizi lebih banyakKandungan zat gizi lebih sedikit
Glukosa, karbohidrat, dan protein lebih mudah teruraiGlukosa, karbohidrat, dan protein lebih sulit terurai
Bebas zat kimiaTerdapat zat kimia dari pupuk, pestisida, dan pemrosesan pasca panen

 

Itulah beberapa informasi terkait beras organik. Setelah mengetahui prinsip, kelebihan dan manfaat beras organik, serta cara membedakan beras organik dan non organik, apakah Sahabat Sehat tertarik untuk mencoba beras organik?

Promo Z. Go Beras

 

  1. https://www.upacaya.com/mengenal-beras-organik-keunggulan-dan-manfaatnya/
  2. https://interrainternational.com/2018/11/organic-rice-the-healthy-option/

Sumber gambar : https://www.freepik.com/