Home » Blog » 8 Khasiat Madu Hutan Penyembuh Berbagai Penyakit

8 Khasiat Madu Hutan Penyembuh Berbagai Penyakit

khasiat madu hutan

Di masa pandemi seperti saat ini, imunitas tubuh yang tinggi sangat dibutuhkan. Madu hutan menjadi salah satu bahan makanan yang dipercaya dapat menjaga imunitas tubuh. Selain itu, madu hutan juga memiliki banyak khasiat lain. Ingin tahu khasiat madu hutan bagi kesehatan? Simak pembahasan berikut.

Zat yang Terkandung dalam Madu Hutan

Madu hutan sudah dipercaya sejak lama untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam madu hutan terkandung beberapa senyawa yang baik bagi kesehatan. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam madu hutan.

  • Riboflavin
  • Kalium
  • Zink
  • Fosfor
  • Mangan
  • Magnesium
  • Asam pantotenat
  • Niacin
  • Kalsium

Dalam madu hutan juga terdapat kandungan gula berupa sukrosa. Madu bisa dijadikan pengganti bahan pemanis yang lebih sehat.

Khasiat Madu Hutan

Selain dimanfaatkan sebagai bahan pemanis, madu juga biasa dikonsumsi sebagai ‘suplemen’ harian. Berikut ini akan disajikan beberapa manfaat madu hutan yang dapat Sahabat Sehat peroleh.

Zat Antioksidan

Dalam madu terkandung beberapa senyawa yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa tersebut di antaranya adalah flavonoid, askorbat, dan fitokimia.

Antioksidan bermanfaat untuk memangkas stres oksidatif pada tubuh, caranya adalah dengan membersihkan zat radikal bebas yang bersarang. Makanan yang kaya akan antioksidan mampu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, misalnya kanker.

Penyembuh Luka

Berdasarkan penelitian, madu diketahui mengandung zat-zat antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan. Penyembuhan luka ini bisa diperoleh dari proses pelepasan oksigen pada luka, hal ini membuat laju penyembuhan menjadi lebih cepat.

Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengoleskannya langsung pada luka bakar atau luka kecil. Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu area sekitar luka.

Meredakan Diare

Madu hutan memiliki sifat menenangkan bagi pencernaan. Madu hutan dapat dikonsumsi langsung atau dicampur terlebih dahulu dengan air minum. Konsumsi sebanyak 1 sendok teh saja, mengkonsumsi banyak gula yang juga terkandung dalam madu hutan dapat memperburuk diare.

Meredakan Batuk

Beberapa zat yang terkandung dalam obat batuk yang dijual di pasaran tidak aman jika dikonsumsi oleh anak kecil. Madu hutan bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat Sahabat Sehat berikan untuk si kecil. Zat yang terkandung dalam madu hutan diketahui lebih baik dari pada obat batuk.

Menurunkan Tensi Darah

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, madu hutan mengandung senyawa antioksidan. Senyawa ini juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada penderita kanker, stroke, dan penyakit jantung. Tanyakan terlebih dahulu kepada dokter untuk informasi lebih lanjut.

Menambah Nafsu Makan

Dalam madu hutan terkandung senyawa glukosa dan fruktosa. Kedua senyawa ini berperan sebagai stimulan dalam meningkatkan nafsu makan. Madu hutan cocok diberikan pada anak yang sedang sulit makan. Madu boleh diberikan pada anak usia di atas 1,5 tahun.

Meredakan Tukak Lambung

Tukak lambung dapat menyebabkan peradangan dan luka pada dinding lambung. Madu hutan yang mengandung senyawa antioksidan dan antibakteri dipercaya mampu meredakan peradangan yang terjadi. Hal ini dapat mempercepat penyembuhan luka pada dinding lambung dan usus.

Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

National Institute of Health melakukan penelitian pada madu. Hasilnya madu dipercaya dapat menambah kolesterol baik dalam tubuh dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Madu juga bisa digunakan sebagai bahan pengganti gula pada penderita obesitas.

 

Khasiat madu hutan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Konsumsi madu hutan asli agar kesehatan Sahabat Sehat selalu terjaga. Untuk mendapatkan madu hutan yang terjamin keasliannya, Sahabat Sehat bisa mendapatkannya di Sesa.id.

 

Referensi: The Asian Parent

Photo by Daniela from Pexels