Home » Blog » 5 Manfaat Madu Hutan Asli untuk Menjaga Kesehatan

5 Manfaat Madu Hutan Asli untuk Menjaga Kesehatan

manfaat madu hutan asli

Dalam dunia kesehatan manfaat madu hutan asli digunakan sebagai pengobatan tradisional sejak zaman dahulu. Madu memiliki berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan dalam penggunaannya, madu bisa dimanfaatkan juga untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, madu hutan memiliki kandungan bee pollen, propolis, dan antioksidan yang lebih banyak dibandingkan madu biasa. Sebagian orang juga percaya, bahwa dalam proses pengolahan dan pasteurisasi madu ini dapat mengurangi manfaat pada madu tersebut.

Selain memiliki rasa yang nikmat, madu hutan asli juga memiliki berbagai macam manfaat pada tubuh. Berikut ini beberapa manfaat madu hutan yang perlu Sahabat Sehat ketahui, agar tubuh tetap sehat dengan mengkonsumsi madu.

Memiliki Efek Antioksidan

Salah satu kandungan utama madu hutan asli yang bermanfaat untuk tubuh adalah kandungan antioksidan. Di dalam madu hutan ini memiliki senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, seperti flavonoid, asam askorbat, dan fitokimia. 

Kandungan antioksidan pada madu mampu mengurangi stres oksidatif dan mampu mencegah radikal bebas. Apabila Sahabat Sehat rutin mengkonsumsi madu yang kaya antioksidan, maka hal ini dapat mengurangi resiko penyakit kronis. 

Supaya Sahabat Sehat bisa merasakan manfaat madu hutan asli maka sebaiknya konsumsi madu setiap hari, sesuai anjuran dokter. Jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi madu, sebab hal tersebut dapat mengakibatkan efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Mampu Meredakan Batuk

Berdasarkan beberapa penelitian yang sudah dilakukan, madu memiliki manfaat atau khasiat untuk meredakan batuk. Apabila Sahabat Sehat menginginkan pengobatan herbal saat batuk, maka mengkonsumsi madu bisa menyembuhkan batuk.

Mampu Menyembuhkan Luka

Selain kaya akan nutrisi, madu juga memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan juga anti inflamasi, sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka. Kemudian sifat asam pada madu juga akan membantu pelepasan oksigen pada luka dan mempercepat penyembuhan luka tersebut.

Misalnya saja ketika Sahabat Sehat terjatuh dan menyebabkan luka goresan pada tangan. Maka Sahabat Sehat bisa membersihkan luka tersebut dahulu, lalu oleskan madu pada luka sebagai obat herbal. Jika dilakukan secara rutin luka akan segera pulih dan membaik.

Madu Memiliki Sifat Antibakteri

Madu merupakan bahan alami yang memiliki sifat antimikroba alami dan memiliki kandungan hidrogen peroksida, glukosa oksidase, serta memiliki pH yang rendah. Kandungan madu tersebut tidak akan membiarkan bakteri berkembang dan membasminya di dalam tubuh.

Mencegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Kandungan antioksidan yang tinggi pada madu bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel jahat yang berada di dalam tubuh. Seperti halnya sel kanker, dengan mengkonsumsi madu pertumbuhan sel kanker dapat dicegah. 

Kemudian kandungan antioksidan dan flavonoid pada madu hutan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan khasiat madu ini juga dapat mencegah adanya gumpalan darah pada tubuh, sehingga dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit jantung maupun stroke.

Perlu Sahabat Sehat ketahui madu ini memiliki kandungan atau nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh, diantaranya yaitu Fosfor, Asam pantotenat, Magnesium, Kalium, Niacin, Zinc, Kalsium, dan Riboflavin. Kandungan tersebut sangat bermanfaat dan bisa digunakan untuk pengobatan penyakit.

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat madu hutan asli dengan maksimal, maka sebaiknya Sahabat Sehat mengkonsumsi madu murni dan asli. Bagi Sahabat Sehat yang ingin mendapatkan madu hutan asli dengan kualitas terbaik, maka bisa diorder melalui Sesa.

Sesa.id menjamin bahwa madu ini berasal dari lebah hutan asli, tanpa campuran bahan kimia lainnya.

Referensi: Halodoc

Photo by Ekaterina Belinskaya from Pexels