Home » Blog » Madu Hutan Merupakan Obat Tradisional Bagi Tubuh

Madu Hutan Merupakan Obat Tradisional Bagi Tubuh

madu hutan merupakan
Photo by mostafa eissa from Pexels

 

Para wanita menggunakan madu hutan sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat sekaligus melembapkan kulit. Ada juga yang menambahkannya pada makanan supaya tercipta rasa manis. Tapi, tahukah kalau madu hutan merupakan obat juga bagi manusia? Sudah sejak lama madu dijadikan bahan pengobatan herbal. Hingga kini, masih banyak orang yang mengonsumsinya juga karena memang khasiatnya terbukti.

Tapi, perlu diingat, hanya madu hutan asli yang memberikan manfaat kesehatan, ya. Kalau madu hutan palsu atau oplosan sudah mengandung bahan campuran lainnya. Madu seperti ini tinggi akan kadar gula. Efek yang dirasakan oleh tubuh bukan menyehatkan, justru sebaliknya. Seseorang akan beresiko diabetes, penumpukan lemak, hingga obesitas.

Sebagai salah satu obat tradisional, madu hutan merupakan bahan yang mudah ditemui. Kini, banyak pengusaha yang menjual madu hutan asli. Bagi yang penasaran sehebat apa khasiatnya, baca poin-poin di bawah ini:

Meredakan Batuk dan Pilek

Si kecil di rumah sering batuk dan pilek? Atau sehabis kehujanan merasa kurang enak di tenggorokan? Lekas konsumsi madu hutan untuk meredakannya. Di dalam madu hutan terdapat senyawa anti bakteri. Salah satu senyawa tersebut bernama dekstrometorfan yang bermanfaat untuk menekan batuk. Jadi, tidur malam lebih nyaman dan tidak terus-terusan terbangun karena batuk.

Meningkatkan Nafsu Makan

Kalau sedang sakit memang rasanya malas sekali makan. Hal ini tidak boleh dibiarkan berlama-lama, maka dari itu cobalah minum satu sendok madu. Madu hutan merupakan stimulus alami bagi tubuh untuk merangsang nafsu makan. Reaksi ini ditumbulkan dari kandungan fruktosa dan glukosa yang tinggi dari dalam madu.

Menurunkan Resiko Stroke dan Penyakit Jantung

Kandungan lain pada madu yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah anti oksidan. Kadar anti oksidan dalam madu terhitung cukup tinggi sehingga efektif untuk menurunkan tekanan darah seseorang. Dengan begitu, resiko penyakit stroke dan jantung dapat diminimalisir. Bahkan beberapa jenis kanker pun bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi madu hutan.

Menyembuhkan Luka

Madu hutan merupakan alternatif dari obat merah. Sebab, di dalamnya juga mengandung anti infalamasi. Artinya, madu mampu menyembuhkan luka seseorang, termasuk luka bakar. Orang-orang kuno bahkan menggunakan madu untuk mengobati luka pasca operasi. Selain anti inflamasi, madu juga mengandung anti septic dan anti jamur.

Mengendalikan Kolesterol

Orang yang kelebihan berat badan biasanya mengalami gangguan kolesterol. Maka dari itu, pastikan madu yang dikonsumsinya adalah madu hutan asli karena madu tersebut mampu menurunkan kolesterol jahat. Di saat yang bersamaan, madu akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Jadi, selain kolesterol terkendali, berat badan pun perlahan bisa turun.

Mengobati Asma

Buat yang memiliki penyakit asma, sudah coba madu sebagai obatnya? Madu hutan merupakan obat asma alami yang berasal dari alam. Madu dianggap cukup efektif mengatasi sesak napas atau batuk apalagi disebabkan oleh polusi, suhu dingin, atau alergi. Madu dapat melancarkan pernapasan dan mengurangi lendir sehingga penderita asma bisa lebih ringan dalam bernapas.

Mengetahui banyaknya manfaat madu di atas, tampaknya sudah saatnya kini memiliki madu di rumah. Sangat direkomendasikan untuk memesan madu hutan asli di SESA Indonesia agar Anda dapat memastikan Madu Hutan UD yang Anda pesan murni tanpa campuran bahan lainnya. Rasanya pas sehingga dapat dikonsumsi siapa pun. Selain itu, madu hutan merupakan bahan alami yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, tak perlu menunggu sakit untuk mengonsumsinya. Jaga kesehatan mulai dari sekarang.

 

Referensi:

Asianparent, Lifestyle Kompas, Halodoc

________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.