Home » Blog » 15 Menu Makanan Kaya Gizi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Anda

15 Menu Makanan Kaya Gizi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Anda

MAKANAN KAYA GIZI

Makanan kaya gizi adalah makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, dimasak dengan cara yang tepat, dan disajikan dalam keadaan bersih tanpa ada kontaminan. Masyarakat kita semakin sadar untuk mengonsumsi makanan kaya gizi.

Makanan sehat yang kaya akan gizi dapat memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh dan juga menurunkan risiko terkena penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas, penyakit jantung, hingga kanker.

Rekomendasi Menu Makanan Kaya Gizi

Berikut adalah beberapa rekomendasi menu makanan kaya gizi yang baik untuk kesehatan tubuh Sahabat Sehat:

1.    Oatmeal

Oatmeal adalah sumber pangan karbohidrat yang juga mengandung serat yang tinggi. Mengandung karbohidrat kompleks yang membuat Sahabat Sehat merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

2.    Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung zat gizi penting seperti serat, berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, berbagai mineral seperti Magnesium, kalsium, zat besi, asam folat, dan kalium yang berfungsi untu membantu metabolisme tubuh. Kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Sayuran hijau juga rendah lemak.

sayur hijau makanan kaya gizi

Sayur Hijau Makanan Kaya Gizi

3.    Buah-buahan

Buah-buahan juga sangat penting dikonsumsi karena banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buahan berwarna juga kaya antioksidan seperti jeruk, anggota berries, dan buah naga.

4.    Telur

Telur adalah salah satu makanan paling bergizi di planet ini. Mereka sebelumnya dianggap jahat karena kolesterolnya tinggi, tetapi studi baru menunjukkan bahwa mereka sangat aman dan sehat.

Telur merupakan sumber protein hewani dengan kandungan protein yang baik, selain itu telur juga mudah dan murah didapatkan. Telur dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan baik makan utama, maupun dicampurkan menjadi kudapan.

5.    Daging Sapi

Daging sapi mengandung tinggi protein dan zat besi. Protein dibutuhkan untuk mengganti sel yang rusak. Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan haemoglobin yang nantinya akan mengangkut ogsigen ke setiap sel dalam tubuh.

Daging Sapi Cincang organik

Daging Sapi Makanan Kaya Gizi

6.      Daging Ayam

Ayam adalah daging yang terjangkau dan menyehatkan. Ayam kampung berfungsi sebagai sumber protein yang sangat baik. Namun, penting untuk diingat bahwa persiapan dan metode memasak mempengaruhi seberapa sehat ayam itu.

Artinya, orang harus membatasi asupan ayam goreng dan selalu membuang kulitnya sebelum dikonsumsi. Kulit ayam memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Daging ayam terutama bagian dada mengandung sedikit lemak dan kalori namun tinggi protein.

ayam organik lebih bergizi

Daging Ayam Makanan Kaya Gizi

7.    Ikan dan Makanan Laut Lainnya

Makanan laut kaya akan asam lemak omega 3, iodium, dan vitamin D. Ikan dan hasil laut kaya akan kalsium dan fosfor dan merupakan sumber mineral yang baik. Ikan juga mengandunf zat besi, zink, magnesium, dan kalium.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung. The American Heart Association merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali per minggu sebagai bagian dari diet sehat.

Kepala Salmon

Kepala Salmon

8.    Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang tinggi protein rendah lemak, mengandung serat dan mengandung sejumlah zat gizi dan fitonutrien, kombinasi yang dapat membantu menjaga terhadap diabetes, penyakit kardiovaskular, dan beberapa jenis kanker sambil juga membangun dan memperbaiki otot.

Makanan ini renyah, mengenyangkan, dan sarat dengan gizi penting yang banyak orang tidak mendapatkan dengan cukup, termasuk magnesium dan vitamin E. kacang-kacangan dan biji-bijian juga hampir tidak memerlukan persiapan, sehingga mudah ditambahkan ke rutinitas Sahabat Sehat.

Kacang almond

Kacang Almond Sliced

9.    Greek Yogurt

Halus, lembut, dan ekstra kental, Greek yogurt adalah sumber protein, potasium, dan kalsium yang baik dan juga merupakan sumber probiotik yang penting. Zat gizi dalam yogurt membantu membangun tulang yang kuat, membantu pencernaan, dan menjaga sistem kekebalan Sahabat Sehat tetap kuat.

Selain memiliki lebih sedikit kandungan air daripada yogurt biasa – yang membuat varietas Greek yogurt super kental, Greek yogurt juga memiliki lebih sedikit natrium dan lebih sedikit karbohidrat daripada yogurt biasa dan mengandung protein dua kali lebih banyak.

Gunakan Greek yogurt tanpa lemak sebagai dasar untuk saus salad, saus, dan smoothie, Jika Sahabat Sehat menyukai yogurt yang manis, tambahkan satu sendok teh selai dan taburi beberapa kacang atau biji-bijian dan Sahabat Sehat akan mendapatkan sarapan cepat dan sehat saat bepergian.

10.     Ubi Jalar

Salah satu sumber karbohidrat yang bergizi yang dapat Sahabat Sehat makan, terutama jika Sahabat Sehat mengonsumsi bersama dengan kulitnya. Kaya akan kalium yang menyehatkan jantung dan vitamin A yang meningkatkan penglihatan. Mempunyai rasa yang manis namun tetap rendah kalori.

ubi ungu

Ubi Jalar

11.     Susu

Susu banyak mengandung vitamin, mineral, dan protein. Juga mengandung kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang. Zat gizi pada susu bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi secara langsung atau mengonsumsi produk olahannya seperti keju dan yogurt.

12.     Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang biasanya dibuat dengan susu sapi, kambing, atau domba, meskipun bisa juga dibuat dari beras, kelapa, atau susu kedelai. Dijelaskan oleh beberapa orang sebagai yogurt cair berkarbonasi ringan.

Kaya akan kalsium dan protein dan juga sumber magnesium, riboflavin, folat, dan B12 yang baik. Seperti yogurt, mengandung probiotik, yang tidak hanya membantu pencernaan tetapi juga membantu mengelola gejala IBS atau penyakit Crohn.

Probiotik ini juga dapat mengobati atau mencegah infeksi vagina atau saluran kemih pada wanita. Bisa menjadi sarapan bergizi yang bisa diminum atau camilan cepat saji yang mengenyangkan, tetapi Sahabat Sehat juga bisa mencampurnya dengan smoothie dan shake atau menambahkannya ke sup, roti, dan makanan panggang lainnya.

13.     Jamur

Jamur tidak hanya menambah rasa pada tumisan, juga rendah kalori dan merupakan sumber mineral pelawan kanker yang sangat baik, yaitu selenium. Selain itu, tanaman sederhana ini adalah sumber vegetarian tertinggi mengandung vitamin D dan jamur juga tinggi tembaga dan kalium.

Zat gizi yang dibutuhkan untuk irama jantung normal, fungsi saraf, dan produksi sel darah merah. Jamur dimasak dengan cepat dan cocok dipadukan dengan makanan vegetarian, vegan, atau daging.

Jamur

Jamur

14.     Hati

Hati merupakan sumber protein hewani yang mempunyai kandungan gizi lengkap. Mengandung vitamin B12, vitamin A, zat besi, vitamin B2, vitamin B5, asam folat, fosfor, zink, dan selenium.

15.  Cokelat hitam (coklat)

Cokelat hitam dengan kandungan kakao tinggi adalah salah satu makanan paling bergizi yang bisa Sahabat Sehat makan. Hitam sarat dengan serat, zat besi, magnesium, tembaga, dan mangan. Tetapi manfaat terbesarnya adalah rangkaian antioksidannya yang luar biasa.

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kakao dan cokelat hitam menghasilkan  antioksidan lebih tinggi daripada makanan lain yang diuji, termasuk blueberry dan acai berry .

Berbagai penelitian pada manusia menunjukkan bahwa cokelat hitam memiliki manfaat kesehatan yang kuat, termasuk meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol LDL teroksidasi, dan meningkatkan fungsi otak.

Beli Ikan Salmon di SESA

https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/features/healthy-foods

https://www.healthline.com/nutrition/11-most-nutrient-dense-foods-on-the-planet

https://www.medicalnewstoday.com/articles/245259#Fish,-meat,-and-eggs

Gambar: Freepik.com