Home » Blog » 30 Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

30 Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

makanan sehat untuk ibu hamil muda

Berikut ada 30 rekomendasi daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda. Dalam memenuhi asupan nutrisi selama masa kehamilan, seorang ibu hamil perlu untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat sehari – hari. Tujuan dari pemenuhan nutrisi ini yakni untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari risiko masalah keguguran saat trimester awal kehamilan.

Terlepas dari hal itu, tahukah Sahabat Sehat mengenai apa saja kira – kira makanan sehat untuk ibu hamil muda yang disarankan untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan?

DAPATKAN MAKANAN SEHAT IBU HAMIL DI SESA.ID

Tips memilih makanan sehat untuk ibu hamil

Ketika Sahabat Sehat memasukki awal kehamilan, maka sebaiknya penting untuk memperhatikan pola makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Dalam hal ini, ada baberapa tips dan trik memilih makanan sehat yang cocok dikonsumsi ibu hamil muda agar janin dalam kandungan tetap sehat. Beberapa tips dan trik tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Hindari makanan yang meningkatkan risiko keracunan

Sangat penting bagi Sahabat Sehat untuk menghindari makanan yang meningkatkan risiko keracunan seperti misalnya produk susu mentah, telur mentah, kerang dan makanan laut mentah serta berbagai makanan lainnya.

Ini dikarenakan, makanan – makanan ini menyimpan bakteri berbahaya yang dapat membahayakan kondisi kesehatan janin dalam kandungan.

BACA JUGA: Inilah 5 Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Ibu Hamil

  1. Hindari makanan yang mengandung banyak merkuri

Tidak hanya makanan yang meningkatkan risiko keracunan karena adanya bakteri yang tersembunyi di dalamnya, Sahabat Sehat juga penting untuk menghindari makanan yang mengandung banyak merkuri seperti ikan hiu, ikan tuna, ikan pedang, marlin dan lain sebagainya.

  1. Jangan mengonsumsi makanan yang meningkatkan risiko mual / muntah

Sebagai upaya untuk mencegah mual saat hamil muda, sebaiknya Sahabat Sehat menghindari makanan dengan bau yang menyengat seperti bawang bombay atau bawang putih. Di samping itu, Sahabat Sehat juga penting untuk menghindari makanan pedas dan berminyak.

Sumber makanan sehat yang perlu dikonsumsi ibu hamil muda

Secara umum, ada beragam nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil selama kehamilan berlangsung. Beberapa jenis makanan sehat yang perlu dikonsumsi bagi Sahabat Sehat yang memasuki awal kehamilan muda yakni sebagai berikut :

1. Makanan sumber asam folat

Merupakan vitamin B kompleks yang larut dalam air, asam folat ini memiliki peranan penting dalam proses pembentukan DNA dan sel darah merah.

Tidak hanya itu saja, asam folat juga diklaim mampu mencegah risiko bayi lahir dengan cacat tabung saraf seperti spina bifida dan anensefali. Untuk itu, pastikan Sahabat Sehat selalu penuhi asupan makanan sumber asam folat berikut ini.

2. Makanan sumber zat besi

Rata – rata hampir sebagian besar ibu hamil sering kali mengalami masalah kelelahan saat hamil muda berlangsung. Apabila Sahabat Sehat di rumah juga sering mengalaminya, maka sebaiknya mencoba untuk cek kadar hemoglobin ke dokter untuk mengantisipasi risiko terjadinya anemia.

Kondisi ini bisanya terjadi pada ibu hamil karena kekurangan asupan makanan yang mengandung zat besi. Maka dari itu, pastikan selalu penuhi asupan makanan yang mengandung zat besi.

3. Makanan sumber serat

Sangat disarankan bagi Sahabat Sehat yang sedang hamil muda untuk mengonsumsi makanan berserat sebanyak 25 – 30 gram setiap harinya. Makanan berserat ini bisa diperoleh dari buah – buahan, sayuran, biji – bijian dan kacang – kacangan.

Mengonsumsi makanan dengan sumber serat yang tinggi dapat mencegah konstipasi dan wasir selama masa kehamilan.

4. Makanan sumber protein

Menjadi salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan oleh ibu hamil, Sahabat Sehat penting untuk memenuhi asupan makanan dengan protein yang cukup.

Jangan sampai makanan dengan sumber protein ini dilewatkan lantaran sangat berperan penting dalam proses pembentukan sel dan jaringan tubuh janin. Selain itu, makanan dengan sumber protein yang baik juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh selama masa kehamilan.

5. Makanan sumber kalsium

Pada dasarnya, produk olahan susu mengandung kalsium yang baik untuk ibu hamil dan pertumbuhan tulang janin. Dalam hal ini, produk susu bisa menjadi salah satu rekomendasi makanan sehat bagi Sahabat Sehat saat awal kehamilan.

Tidak hanya terdapat pada produk olahan susu saja, kandungan kalsium juga bisa ditemukan pada sayuran hijau, ikan, biji – bijian dan lain – lain.

6. Makanan sumber DHA

Pilihan makanan selanjutnya yakni makanan dengan sumber DHA yang biasanya diperoleh dari ikan dan makanan laut. Selain itu, kebutuhan asupan DHA ini juga bisa bersumber dari suplemen DHA yang banyak dijual di pasaran.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sumber DHA lantaran sangat bermanfaat untuk perkembangan otak, mata dan saraf bayi serta dapat mencegah kelahiran prematur dan depresi pasca melahirkan.

Daftar pilihan makanan sehat untuk ibu hamil muda

Setelah mengetahui mengenai tips pemilihan makanan dan berbagai sumber makanan yang perlu dikonsumsi selama masa kehamilan berlangsung, Sahabat Sehat tentunya penasaran dan ingin tahu mengenai daftar makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi untuk ibu hamil muda, bukan? Beberapa daftar makanan yang bisa Sahabat Sehat konsumsi antara lain sebagai berikut :

  1. Pisang
  2. Mangga
  3. Alpukat
  4. Jeruk
  5. Melon
  6. Semangka
  7. Apel
  8. Pepaya
  9. Pir
  10. Bayam
  11. Brokoli
  12. Tomat
  13. Paprika
  14. Daun katuk
  15. Kentang
  16. Buncis
  17. Kacang – kacangan
  18. Wortel
  19. buncis
  20. Daging sapi
  21. Salmon segar
  22. Sereal
  23. Keju
  24. Nasi beras merah
  25. Roti
  26. Umbi – umbian
  27. Susu sapi
  28. Oatmeal
  29. Telur
  30. Gandum

Dari beberapa daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda di atas, Sahabat Sehat bisa membeli makanan sehat ibu hamil tersebut di sesa.id.

Cukup dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store / App Store, Sahabat Sehat bisa membeli kebutuhan makanan sehat ibu hamil secara mudah.

https://www.alodokter.com/Makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-muda-wajib-dicatat-yah-bunda

https://www.bola.com/ragam/read/4093888/45-makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-demi-tumbuh-kembang-janin

https://www.orami.co.id/magazine/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil

https://www.alodokter.com/kebutuhan-nutrisi-gizi-ibu-hamil-yang-harus-dipenuhi#:~:text=Asupan%20nutrisi%20merupakan%20hal%20yang,ibu%20hamil%20harus%20selalu%20diperhatikan.