Home » Blog » Inilah 5 Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Ibu Hamil

Inilah 5 Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Ibu Hamil

Vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil

Vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil sebaiknya dapat terpenuhi bagi sahabat sehat yang sedang hamil menanti buah hati. Memiliki buah hati menjadi sebuah anugerah yang luar biasa bagi setiap kaum perempuan. Dalam hal ini, Sahabat Sehat yang sedang berada dalam masa kehamilan, maka perlu untuk memperhatikan asupan makanan dan nutrisi yang baik untuk janin.

Salah satunya yakni dengan mencukupi kebutuhan vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil. Meski demikian, tahukah Sahabat Sehat apa saja vitamin yang bisa menunjang daya tahan tubuh bagi ibu hamil? Untuk info lengkapnya, simak ulasan di artikel berikut ini.

DAPATKAN VITAMIN UNTUK IBU HAMIL DI SESA.ID

Pentingnya pemberian asupan nutrisi dan vitamin untuk ibu hamil

Pada dasarnya, berada di masa kehamilan menjadi salah satu kondisi yang sangat penting untuk diperhatikan bagi setiap ibu hamil mengenai asupan nutrisi dan vitamin yang dikonsumsinya.

Apalagi selama masa kehamilan, tak sedikit ibu hamil yang sering kali merasakan kondisi khusus seperti misalnya mual / muntah di pagi hari, sakit punggung, bengkak di kaki dan sering kali mudah lelah.

Kondisi inilah yang sering kali menyebabkan kinerja daya tahan tubuhnya menurun, sehingga rentan terserang penyakit.

BACA JUGA: Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil yang Tepat Menurut Ahli Gizi

Dalam hal ini, asupan nutrisi dan vitamin sangat penting dalam kehamilan. Apabila gizi ibu hamil tidak tercukupi, maka besar kemungkinan berat badan ibu dan janin susah bertambah. Bahkan, hal ini bisa saja menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan ibu maupun janin.

Oleh karena itu, gizi ibu hamil perlu diperhatikan baik – baik agar tidak mengganggu kesehatan ibu maupun janin dalam kandungan.

Meskipun dokter biasanya akan memberikan suplemen untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral selama masa kehamilan.

Sahabat Sehat juga perlu untuk memenuhi kebutuhan gizi dari makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Selain itu, jangan lupa untuk selalu periksa kandungan secara rutin agar kesehatan Sahabat Sehat dan janin bisa selalu terpantau dengan baik.

Aneka macam asupan vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil

Dalam mendukung kesehatan ibu hamil dan bayi di kandungannya, maka Sahabat Sehat perlu untuk memenuhi beberapa asupan vitamin penunjang daya tahan tubuh selama masa kehamilan.

Adapun beberapa asupan nutrisi dan vitamin penunjang daya tahan tubuh yang perlu dipenuhi selama masa kehamilan di antaranya yakni sebagai berikut :

1. Vitamin D

Vitamin D ini sangat diperlukan untuk ibu hamil dalam membantu mengatur kadar kalsium dan fosfat di dalam tubuh serta membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi bayi. Maka dari itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi asupan vitamin D setiap hari dari makanan seperti telur, ikan salmon, susu dan lain sebagainya.

2. Vitamin C

Untuk menunjang daya tahan tubuh, Sahabat Sehat juga penting untuk memenuhi asupan vitamin C saat masa kehamilan berlangsung. Fungsi dari vitamin C ini yakni untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan janin dan melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dalam hal ini, ibu hamil sangat penting meningkatkan asupan vitamin C di trimester 2 dengan mengonsumsi brokoli, jeruk, kol, tomat dan lain – lain.

3. Vitamin A

Berfungsi untuk mendukung perkembangan penglihatan janin dan meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Sahabat Sehat penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin A yang satu ini, khususnya di trimester 3. Beberapa sumber alami vitamin A yang bisa Sahabat Sehat peroleh yakni di bayam, wortel, mangga, brokoli dan aneka makanan lainnya.

4. Vitamin B12

Vitamin B12 di sini merupakan vitamin esensial yang mana memiliki peranan penting dalam pembentukan sel darah merah. Di sini, Sahabat Sehat bisa memperoleh asupan vitamin B12 dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Adapun beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin B12 di antaranya yakni seperti daging sapi, ayam, ikan, produk susu dan juga telur.

5. Vitamin B6

Memiliki peranan penting dalam pembentukan sel darah merah dan membantu dalam efektivitas manfaat protein. Serta lemak dan karbohidrat, menjadikan vitamin B6 ini sangat penting untuk dikonsumsi setiap ibu hamil.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6 ini, Sahabat Sehat bisa mengonsumsi makanan seperti sereal, biji – bijian utuh seperti gandum dan pisang.

Apa dampak jika kekurangan vitamin bagi ibu hamil?

Pentingnya mengonsumsi vitamin penunjang daya tahan tubuh selama masa kehamilan. Menjadikan kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan tetap terjaga dengan baik. Namun, di sini Sahabat Sehat juga perlu memastikan bahwa asupan vitamin tersebut benar – benar terpenuhi.

Sebab, jika beberapa vitamin tersebut tidak terpenuhi dengan baik, maka hal ini akan mengakibatkan ibu hamil lebih rentan terkena berbagai penyakit.

Tidak hanya itu saja, ibu hamil yang kekurangan vitamin C juga rentan mengalami masalah serius pada otak janin. Bahkan yang lebih parahnya lagi, bayi juga bisa berisiko terlahir dengan kondisi memori yang kurang berkembang.

Sehingga, hal ini akan membuat perkembangan dan pertumbuhan anak – anak nantinya akan mengalami masalah ketika belajar.

Tentu saja, hal ini tidak boleh diabaikan begitu saja lantaran jika Sahabat Sehat terlambat menyadari hal ini dan kerusakan sudah terjadi pada otak bayi, maka kondisi tersebut tidak dapat diperbaiki lagi.

Maka dari itu, penting sekali bagi Sahabat Sehat untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi dan vitamin setiap hari selama masa kehamilan berlangsung.

Itulah beberapa asupan vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil yang bisa Sahabat Sehat penuhi selama masa kehamilan berlangsung. Untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan vitamin penunjang daya tahan tubuh ibu hamil.

Sahabat Sehat bisa membeli aneka makanan penunjang vitamin tersebut di sesa.id

Cukup dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store / App Store, semua kebutuhan nutrisi dan vitamin ibu hamil bisa dibeli dengan mudah.

https://www.redoxon.co.id/solusi-untuk-daya-tahan-tubuh/jangan-lewatkan-vitamin-daya-tahan-tubuh-untuk-ibu-hamil/

https://www.halodoc.com/artikel/inilah-4-vitamin-penting-yang-dibutuhkan-ibu-hamil

5 Vitamin Ibu Hamil Trimester 3 yang Harus Dipenuhi

Sumber Gambar: pexels.com