Home » Blog » Menerapkan Gaya Hidup Organik untuk Kebaikan Tubuh dan Lingkungan

Menerapkan Gaya Hidup Organik untuk Kebaikan Tubuh dan Lingkungan

manfaat hidup organik

manfaat hidup organik – Semakin banyak orang yang menyadari pentingnya hidup organik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Mungkin biaya hidup menjadi lebih tinggi tetapi bukanlah suatu halangan jika kesehatan menjadi pertimbangan. Menjalaninya semakin mudah karena semakin banyak petani yang menyediakan produk organik.

Keuntungan Menerapkan Gaya Hidup Organik

Sahabat Sehat akan mendapatkan berbagai keuntungan dengan mengkonsumsi berbagai makanan organik.

1. Ramah terhadap lingkungan

Menggunakan pestisida dan pupuk tentu akan memperburuk kualitas tanah dan lingkungan. Air juga akan tercemar karena kemungkinan berbagai bahan kimia masuk ke dalam tanah tempat air berada. Limbah plastik dapat berkurang jika semakin banyak orang menjalani hidup secara organik.

2. Mendapatkan nutrisi lebih banyak

Vitamin dan antioksidan pada tanaman tanpa bahan kimia akan lebih tinggi. Jika menggunakan pestisida kemungkinan akan memberikan efek sakit kepala, cacat, hingga kanker serta penyakit lain. Hal ini karena tidak semua orang cermat dalam mengolah makanan.

3. Lebih baik bagi tubuh

Hal ini terutama bagi ibu hamil dan bayi. Ibu hamil yang hidup organik akan melahirkan bayi yang sehat. Ibu dan bayi akan tetap mendapatkan manfaat ketika pemberian ASI dan masa MPASI tetap menjalani kehidupan organik.

4. Rendah Nitrat

Makanan organik setidaknya memiliki nitrat lebih rendah daripada makanan yang tidak organik. Senyawa nitrat berbahaya karena memiliki resiko penyakit kanker. Selain itu nitrat juga bisa membuat tubuh kesulitan dalam mengikat oksigen. 

5. Memiliki asam lemak yang tinggi

Tidak hanya sayuran saja, daging dan susu dari hewan dengan cara ternak organik memberikan keuntungan bagi tubuh. Kandungan asam lemak omega-3 yang mendukung perkembangan otak anak dan janin lebih tinggi. Asam lemak omega-3 juga baik bagi orang dewasa dalam menurunkan resiko penyakit jantung.

Cara Memulai Gaya Hidup Organik

Kata kehidupan organik bukan hanya mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan badan saja. Tetapi harus mampu menjaga kesehatan atau kelestarian lingkungan. Sahabat Sehat bisa memulai menjalankan pola organik dengan cara yang mudah.

1. Mengawali dengan hal kecil

Sahabat Sehat bisa memulai kebiasaan organik dari kehidupan di rumah terlebih dahulu. Seperti menghemat air maupun listrik. Gunakan seperlunya saja karena dengan demikian maka bisa menjaga ketersediaannya untuk kehidupan.

2. Membedakan kebutuhan dan keinginan

Hindari membeli barang hanya karena tampilannya saja yang bagus namun tidak benar-benar membutuhkannya. Bisa jadi barang hanya akan tersimpan dan menjadi rusak, akhirnya hanya membuangnya. Selain itu bisa menghemat penggunaan plastik belanja karena tidak sering membeli barang. 

3. Gunakan produk organik

Sahabat Sehat bisa membeli berbagai kebutuhan kepada petani lokal yang biasanya berskala kecil namun tidak menggunakan pestisida. Tidak hanya mendapatkan produk organik tetapi turut mensejahterakan petani kecil.

4. Mengolah makanan sendiri

Jika membeli makanan di luar rumah pasti Sahabat Sehat tidak mengetahui apakah bahannya organik atau tidak. Dengan mengolah sendiri makanan setiap hari maka akan lebih bisa mengontrol bahan-bahan yang pastinya lebih sehat.

5. Membawa kantong belanja sendiri

Bukan hal yang asing lagi jika plastik semakin mencemari lingkungan baik di darat maupun di laut. Selalu siapkan kantong belanjaan yang tidak sekali pakai dan tentu kuat untuk membawa belanjaan. Selain itu jika hanya membeli sedikit barang sebaiknya tidak meminta kantong plastik.

6. Menanam sayur sendiri

Apabila Sahabat Sehat merasa kesulitan mendapatkan berbagai produk organik maka bisa menanam sayuran sendiri. Sekarang ini berbagai macam cara menanam seperti hidroponik memudahkan penerapan hidup organik. Sahabat Sehat bisa mencari ilmu dari buku, internet maupun seminar. 

Referensi: Kompas

Photo by Sharon McCutcheon from Pexels