Home » Blog » Beragam Manfaat Hidup Organik dan 4 Langkah Mudah Untuk Memulai

Beragam Manfaat Hidup Organik dan 4 Langkah Mudah Untuk Memulai

hidup organik

Hidup organik – Menerapkan gaya hidup organik di zaman yang serba modern dan instan ini tentu sangat sulit. Setiap harinya kita selalu bersentuhan dengan bahan kimia baik dari makanan, kosmetik maupun peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Padahal manfaat gaya hidup organik sangat banyak sekali dan bisa mendatangkan kebaikan bagi tubuh kita.

Apa Manfaat Hidup Organik?

Secara singkat bisa menonton dari Channel Sesa berikut ini, atau bisa juga membaca penjelasan di bawah.

Manfaat untuk diri sendiri

Manfaat hidup organik adalah memiliki tubuh yang lebih sehat dan awet muda. Ini karena dengan menerapkan gaya hidup sehat maka kita akan terbebas dari zat-zat berbahaya. Dimulai dengan mengkonsumsi makanan organik saja bisa membantu tubuh kita jauh lebih sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa orang melakukan diet organik pada makanannya berangsur-angsur memiliki hasil urine yang bebas dari pestisida. Karena terbebas dari zat berbahaya maka organ tubuh tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendetox racun yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat untuk lingkungan

Selain baik bagi kesehatan tubuh, hidup organik juga memberikan dampak yang positif bagi lingkungan. Jika sahabat saya terbiasa mengkonsumsi makanan organik seperti sayur dan buah-buahan serta biji-bijian maka sahabat sehat turut membantu perekonomian para petani organik.

Perlu diketahui bahwa petani organik menggunakan pupuk kompos dibandingkan dengan pupuk kimia. Dengan begitu maka limbah dari para petani tersebut tidak akan mencemari lingkungan. Selain sehat bagi tubuh dan membantu perekonomian para petani secara tidak langsung sahabat sehat terjadi juga membantu menyelamatkan bumi. 

Langkah Memulai Gaya Hidup Organik

Bermula dari apa yang kita makan. Makanan organik selain sehat karena terbebas dari pestisida tentunya juga segar dan lebih tahan lama. Ibu hamil dan anak-anak disarankan untuk mengkonsumsi sayuran serta makanan organik lainnya karena baik bagi kesehatan.

Selain dari makanan, sahabat sehat juga bisa memulai gaya hidup organik dengan menggunakan peralatan makan atau masa yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Selain itu sebaiknya pilih kosmetik yang mengandung bahan alami. Berikut ini adalah 4 langkah mudah untuk memulai gaya hidup organik di tengah hiruk pikuk dunia yang modern.

Menanam sayuran atau membeli bahan pangan organik

Cara paling mudah untuk memulai gaya hidup organik bisa dimulai dari dapur. Usahakan untuk memakan makanan organik mulai dari sayur, buah-buahan serta biji-bijian. Kurangi konsumsi daging dan perbanyak makan sayuran serta buah-buahan.

Sahabat sehat bisa mulai mengunjungi toko bahan pangan organik untuk memulai gaya hidup sehat. Jika memiliki banyak waktu dan memungkinkan cobalah juga untuk berkebun sayuran sendiri di rumah. Selain sehat sahabat sehat juga bisa menghemat pengeluaran dan sedikit berolahraga. 

Mengganti peralatan makan dengan bahan alam

Menggunakan peralatan memasak serta makan dari bahan yang berbahaya juga dapat merusak kesehatan tubuh dan lingkungan. Untuk memulai hidup organik sahabat sehat juga bisa mulai mengganti peralatan makan dan masak dengan bahan yang lebih alami.

Mulailah dengan mengganti sendok dan garpu stainless menjadi sendok dan garpu kayu. Sahabat sehat juga bisa mengurangi penggunaan sedotan dan menggantinya dengan sedotan bambu atau bahan lain yang lebih organik. 

Membuat sendiri produk perawatan kecantikan

Tanpa disadari kita selalu bersentuhan dengan bahan kimia melalui produk-produk perawatan tubuh yang kita gunakan. Sahabat sehat bisa mencoba mengganti sabun mandi dengan sabun organik yang lebih ramah lingkungan dan tentunya baik bagi tubuh. Menggunakan sabun mandi organik juga mampu mengurangi sampah plastik dari sabun cair kemasan.

Bila perlu buatlah sendiri produk perawatan kulit baik Sabun Mandi maupun skincare. Saat ini banyak tutorial untuk membuat skin care alami dari bahan yang ada di sekitar kita. 

Mencoba gaya hidup minimalis

Menerapkan gaya hidup minimalis (less is more) juga merupakan salah satu cara untuk memulai gaya hidup organik. Hidup minimalis bukan hanya sekedar bicara tentang menghemat tetapi lebih kepada menyelamatkan lingkungan dan hidup dengan memaksimalkan barang yang ada. Dengan menerapkan gaya hidup ini maka sahabat sehat akan mendapatkan manfaat gaya hidup sehat

Referensi : Kumparan

Photo by mentatdgt from Pexels